Cek kemampuan bahasa Inggris

Begini Cara Cek Kemampuan Bahasa Inggris

Apr 19, 2022 | Bahasa Inggris

Cek kemampuan Bahasa Inggris cukup penting dilakukan untuk mengetes sejauh mana kemampuan kamu dalam menguasai bahasa inggris. seperti yang diketahui, bahwa bahasa inggris merupakan bahasa resmi internasional. Sehingga, bahasa ini penting untuk dapat dikuasai oleh setiap orang.

Adapun, untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris, terdapat berbagai jenis tes yang dapat diikuti. Beragam tes tersebut merupakan tes resmi yang telah diakui secara internasional. Di bawah ini merupakan informasi terkait berbagai macam tes yang dapat diikuti untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris, serta cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

Baca Juga: CARA IMPROVE KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Beberapa Cara Untuk Cek Kemampuan Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa terdapat beragam tes yang bisa dipilih untuk mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam berbahasa inggris. berikut, merupakan jenis-jenis tes untuk cek kemampuan bahasa inggris yang bisa kamu pilih.

1. Melalui TOEFL

Jenis tes pertama yang bisa kamu pilih untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa inggris yang pertama yakni, TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language. Tes ini merupakan jenis tes yang paling umum dan sering kali dipilih oleh banyak orang. Adapun, selain untuk mengukur kemampuan bahasa inggris tes ini juga bisa diperuntukan sebagai kepentingan pendidikan.

Dalam mengikuti tes ini kamu akan diuji dengan 4 macam tes terkait bahasa inggris. tes tersebut diantaranya listening (mendengarkan), writing (menulis), reading (membaca), dan speaking (berbicara). Keseluruhan soal tersebut berbahasa inggris dengan audio yang diucapkan oleh native speaker untuk bagian listening.

2. Melalui tes IELTS

Tes berikutnya yang bisa kamu pilih untuk cek kemampuan bahasa inggris yakni, tes IELTS atau International English Language Testing System. Jenis tes ini memiliki tingkat kesulitan diatas TOEFL. Adapun, bahasa yang digunakan dalam tes ini yakni bahasa inggris British. Selain untuk mengukur kemampuan bahasa inggris, tes ini juga bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan.

Layaknya TOEFL, dalam IELTS juga akan diuji mengenai 4 kemampuan dalam bahasa inggris. untuk mengikuti tes ini, kamu dapat memilih lembaga resmi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

3. Melalui TOEIC

Selanjutnya, selain dari dua macam tes di atas kamu juga bisa memilih tes TOEIC atau Test Of English International Communication untuk mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa inggris. tes ini cenderung memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kedua jenis tes yang sebelumnya.

Baca Juga: TIPS MENGASAH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Setelah mengetahui berbagai jenis tes yang bisa dipilih untuk mengukur kemampuan bahasa inggris, kamu juga perlu tahu tentang cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris di lembaga profesional. Selain itu, berikut merupakan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuan dalam menguasai bahasa inggris.

1. Latihan minimal 2 jam setiap hari

Cara pertama agar kemampuan bahasa inggris kamu dapat meningkat yakni dengan melakukan latihan secara rutin, setidaknya selama 2 jam setiap hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam tes bahasa inggris berisikan tes kemampuan dalam 4 aspek. Sehingga, kamu perlu melatih setiap hal tersebut secara matang.

Kamu bisa membuat jadwal seperti 2 hari belajar listening, 2 hari belajar speaking, 2 hari belajar reading, dan 1 hari belajar writing. Selain itu, selalu tentukan target yang harus dicapai setiap minggunya, agar proses pembelajaran dapat lebih terarah. Kemudian, jangan lupa untuk rutin latihan.

2. Gunakan media yang menyenangkan untuk belajar

Cara selanjutnya yaitu, gunakan media menyenangkan untuk proses belajar agar tidak membosankan. Misalnya, kamu bisa menggunakan media film berbahasa inggris untuk melatih kemampuan listening dan speaking. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan media buku cerita berbahasa inggris untuk melatih kemampuan reading dan writing.

Untuk cek kemampuan bahasa inggris dapat dilakukan lewat beberapa tes. Adapun, untuk melatih kemampuan bahasa inggris agar lebih baik diperlukan latihan secara rutin setiap hari. Untuk kamu yang sedang melatih kemampuan bahasa inggris, dapat mengikuti kursus agar dilatih oleh tenaga ahli yang profesional seperti di ICAN English.

Website Cek Kemampuan Bahasa Inggris

Gunakan beberapa website untuk cek kemampuan bahasa Inggris kamu dan gunakan hasil tes tersebut sebagai tambahan pada CV. Tidak sedikit juga website yang justru memberikan sertifikat bagi siapa saja yang mampu mengikuti tes bahasa Inggrisnya, sebagaimana berikut;

1. Tracktest

pilihan website untuk cek kemampuan bahasa Inggris selanjutnya adalah tracktest. Tes online gratis tersebut akan memberikan sertifikat gratis yang sudah mendapatkan pengakuan CEFR.

Sertifikat tersebut sangat berguna apabila kamu ingin menambahkan bukti kemampuan berbahasa Inggris pada CV dan lamaran kerja.

Website tersebut memberikan hasil nilai yaitu A1 atau beginner hingga C2 atau Advanced mastery. Kamu bisa mengulang mengikuti tes untuk mengecek kemampuan bahasa Inggris kamu setiap bulannya untuk melihat peningkatan kemampuan.

2. Duolingo English Test

Jika saat ini kamu beranggapan bahwa duolingo adalah sebuah aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, kamu wajib tahu bahwa Duolingo juga memiliki English test atau disebut dengan DET. Terdapat 4 materi tes yang akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Tes bahasa Inggris pada websitenya berbentuk adaptive test, sehingga pertanyaan muncul sesuai hasil jawaban sebelumnya.

Contohnya, ketika kamu membuka duolingo English test dan menjawab soal dengan jawaban yang salah, maka secara otomatis sistem akan memberikan soal yang lebih mudah. Akan tetapi, jika kamu bisa menjawab sebuah soal dengan jawaban yang tepat, maka pada pertanyaan selanjutnya mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH