Mengasah bahasa Inggris

Tips Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Apr 8, 2022 | Bahasa Inggris

Jika bahasa Inggris bukan bahasa pertama kamu, maka kamu mungkin perlu mengikuti ujian kecakapan bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL sebagai bagian dari aplikasi untuk belajar ke luar negeri. Untuk mengasah bahasa Inggris, kamu perlu menerapkan berbagai cara.

Belajar menulis dan berbicara dengan cara yang tepat dalam bahasa baru tidak mudah. Untuk itu, diperlukan cara terbaik untuk bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Baca Juga: 3 CARA MUDAH BERBAHASA INGGRIS

3 Cara Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Agar dapat berhasil, kamu harus berusaha keras secara konsisten untuk mempelajari bahasa baru ini. Namun, ada beberapa cara yang sangat tepat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kamu dalam waktu singkat.

1. Tonton Film Berbahasa Inggris

Menonton serial di Netflix mungkin tidak sepenuhnya meningkatkan keterampilan berbicara. Namun, kamu bisa memahami bahasa dengan lebih baik, membiasakan diri dengan bahasa Inggris, bentuk percakapan bahasa Inggris dan secara implisit memahami bahasa tersebut.

Selain itu, kamu bisa mencoba memilih kata yang terdengar sangat informal dan mencari padanannya yang lebih ilmiah. Tentu saja, ada juga beberapa film dokumenter yang bisa ditemukan secara online. Sering menonton film bisa membantu kamu benar-benar memahami dan terbiasa dengan bahasa Inggris.

2. Buat Buku Vocabulary Sendiri

Baik di buku catatan atau komputer, mulailah membuat daftar kata dan frasa yang berguna. Setiap kali kamu mendengar atau melihat kata yang tidak kamu kenal, catatlah. Jangan hanya fokus pada kata itu sendiri, namun cari sinonim dan frasa yang digunakannya.

Lagipula, kamu mungkin mengerti apa arti kata seperti “precedence” atau “tantalizing”, namun mungkin kamu belum mengerti bagaimana cara menggunakannya secara benar.

3. Lakukan Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Meskipun tugas mendengarkan dan membaca mungkin bermanfaat, kamu juga perlu menggunakan bahasa Inggris secara interaktif dan melatih keterampilan berbicara. Jika beruntung, kamu akan berteman dengan beberapa penutur asli yang dapat membantu.

Jika tidak, cobalah untuk bertemu dengan orang lain yang belajar bahasa Inggris. Pilihan lain adalah berbicara dengan diri sendiri di cermin atau merekam diri sendiri. Mendengarkan suara sendiri mungkin sedikit canggung pada awalnya, tetapi kamu akan mengetahui kesalahan yang sebelumnya tidak kamu sadari.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengasah bahasa Inggris adalah dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris intensif di ICAN English. Dengan tutor berpengalaman, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara efektif.

4. Bergabung dalam Komunitas Bahasa Inggris

Bahasa akan lebih mudah kamu kuasai dengan mempraktikannya dengan orang lain. Jadim carilah orang untuk diajak bicara. Jika kamu tidak tinggal di negara berbahasa Inggris atau cobalah bergabung dalam forum online.

Di sana, kamu akan menemukan orang-orang yang juga ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Kamu dapat berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, mencari tips dan tentunya berkomunikasi.

Baca Juga: TIPS CEPAT BERBAHASA INGGRIS, PEMULA WAJIB TAHU!

Cara Menyenangkan untuk Mengasah Bahasa Inggris

Jika mengasah bahasa Inggris menjadi hal yang sulit, maka kamu harus tahu cara menyenangkan untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Inilah mengapa sangat penting untuk tetap termotivasi dan menikmati pengalaman belajar bahasa baru.

Temukan cara untuk tetap terhibur ketika belajar, seperti bermain permainan kata dengan teman yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Jelas, mempelajari bahasa baru adalah proses jangka panjang dan kamu harus memulainya dari awal. Tetapi, ketika mencari cara terbaik, kamu bisa mencapai hasil yang luar biasa dengan cepat.

Kamu bisa menemukan cara menyenangkan dengan menonton siaran bahasa Inggris, mendengarkan podcast, membaca novel atau cara lain yang sesuai dengan gaya belajar kamu.

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Tidak semua orang memiliki banyak waktu luang untuk mempelajari suatu bahasa secara otodidak. Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk mengatur waktu belajar mereka dengan kegiatan sehari-hari.

Jadi, mereka sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari para ahli dalam mempelajari bahasa ini. Kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris untuk mengoptimalkan proses belajar.

Hal pertama yang perlu kamu  perhatikan saat memilih kursus adalah apakah ada tes penempatan untuk siswa baru atau tidak. Sekadar informasi, placement test sangat penting diadakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa baru dalam memahami bahasa Inggris.

Jika kamu adalah tipe orang yang dapat berkonsentrasi dengan baik dalam pembelajaran privat, maka seharusnya mengambil kelas kecil. Jadi, semua pelajaran yang diajarkan oleh tutor akan mudah dipahami dan optimal.

Serial Televisi Menggunakan Bahasa Inggris

Jika sebelumnya kamu tidak pernah melihat serial televisi berbahasa Inggris, mungkin merasa bingung judul apa yang tepat dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan dialog yang sederhana. Nah, berikut ini rekomendasi serial bahasa Inggris yang bisa kamu lihat.

Friends

Siapa yang tidak tahu dengan serial TV bahasa Inggris “ Friends”? Serial komedi televisi Amerika ini diciptakan oleh David Crane dan Marta Kauffman. Jadi sitkom televisi yang sudah berlangsung selama 10 musim mulai dari 22 September 1940 – 6 Mei 2004 ini memiliki cerita tentang kehidupan pribadi dan profesional 6 orang yang memiliki usia 20 sampai 30 tahunan yang tinggal di Manhattan.

Kenapa serial TV yang satu ini cocok dijadikan sumber belajar bahasa Inggris? serial televisi yang satu ini juga memiliki dialog bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bagi para pemula yang baru belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah untuk mengikuti dan mempelajari kalimat percakapan yang akan didengar dalam sitkom satu ini.

Menariknya lagi, sitkom televisi “Friends”  ini kaya akan kosakata dan idiom bahasa Inggris serta memiliki pesan lucu. Jadi, proses belajar bahasa Inggris tidak akan membosankan.

Grace and Frankie

Pencinta serial televisi bahasa Inggris pasti sudah kenal dengan “Grace and Frankie”. Serial televisi yang satu ini memiliki genre komedi televisi Amerika dan diciptakan oleh Marta Kauffman dan Howard J.  Morris. Komedi televisi yang satu ini berlangsung selama 7 musim dan ceritanya tentang dua perempuan yang disatukan dalam pertemanan karena ditinggalkan oleh suaminya.

2 karakter tersebut adalah Proper Grace dan Eccentric Frankie. Kenapa serial televisi komedi yang satu ini cocok untuk dijadikan sumber mengasah bahasa Inggris? Ada banyak alasannya, Pertama Karena sitkom televisi bahasa Inggrisnya memiliki durasi per episode yang singkat, sehingga tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dalam belajar bahasa Inggris. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH