Manfaat Belajar dari Cerita dalam Bahasa Inggris

Manfaat Belajar dari Cerita dalam Bahasa Inggris

Siapapun tidak bisa meremehkan pentingnya cerita dalam bahasa inggris. Cerita panjang dan pendek dapat mengajak kamu menikmati sebuah petualangan, dan mempelajari budaya lain.

Kamu juga dapat mempelajari banyak kosakata baru dengan membaca cerita. Bahkan, membaca cerita adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbicara, menulis, dan pemahaman bahasa Inggris.

Alasan Belajar Bahasa Inggris dari Cerita

Ada banyak alasan mengapa membaca cerita dalam bahasa inggris adalah cara terbaik untuk memfasilitasi proses pembelajaran bahasa dan meningkatkan kemampuan, sebagaimana berikut:

Belajar Struktur Bahasa

Dengan melihat bagaimana kalimat-kalimat disusun dalam sebuah cerita pendek dan bagaimana kosakata digunakan dalam konteksnya, kamu akan mulai merasakan penggunaan bahasa Inggris. Selain itu, ini adalah cara yang lebih menyenangkan untuk membiasakan diri dengan tata bahasa Inggris.

Membaca cerita adalah teknik yang lebih mudah dilakukan daripada harus melakukan latihan tata bahasa yang tak terhitung jumlahnya. Latihan soal-soal grammar belum tentu menjadi pilihan semua pembelajar bahasa Inggris, terutama pemula.

Meningkatkan Pronunciation

Membaca cerita juga dapat membantu kamu meningkatkan pengucapan atau pronunciation. Saat membaca dengan suara keras, kamu akan menjadi lebih akrab dengan bunyi kata-kata bahasa Inggris.

Kamu juga akan belajar bagaimana merangkainya dengan lebih lancar. Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk mengetahui kesalahan apa pun yang mungkin kamu buat saat membaca.

Cara Belajar Menyenangkan

Terakhir, belajar bahasa Inggris melalui cerita adalah cara menyenangkan. Cerita yang bagus selalu menjadi pilihan tepat jika kamu ingin melarikan diri ke dunia lain dan bersantai sambil tetap melatih bahasa kedu

Selain itu, saat kamu asyik membaca cerita, kamu akan lebih memperhatikan dan mengingat apa yang telah kamu baca. Sehingga, pembelajaran dari cerita bisa lebih melekat di memori.

Baca Juga: Website untuk Cerita Singkat Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Bahasa Inggris dari Cerita

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja alasan yang membuat cerita dalam bahasa inggris adalah salah satu teknik efektif. Selanjutnya, kamu harus mengetahui bagaimana memanfaatkan membaca cerita secara maksimal untuk meningkatkan kemampuan bahasa?

Pertama, pilih cerita bahasa Inggris yang levelnya tepat. Jika kamu seorang pemula, carilah cerita yang pendek dan bahasanya sederhana. Gunakan internet untuk mencari daftar buku cerita terbaik untuk pelajar bahasa Inggris pemula. Saat kamu menjadi lebih percaya diri, kamu bisa beralih ke cerita yang lebih panjang dan menantang.

Penting juga untuk membaca dengan tujuan tertentu. Sebelum mulai membaca, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin kamu dapatkan dari cerita tersebut. Apakah kamu ingin mempelajari kata-kata baru? Apakah kamu ingin melatih pemahaman bacaan? Memiliki tujuan tertentu akan membantu kamu fokus saat membaca dan menjadikan pengalaman tersebut lebih bermanfaat.

Jangan mencoba mempercepat cerita. Sebaliknya, luangkan waktu dan bacalah sesuai kecepatan kamu sendiri. Membaca perlahan akan membantu lebih memahami teks dan mempelajari kosakata baru dengan lebih penuh perhatian. Hindari menebak-nebak arti sebuah kata berdasarkan konteksnya. Jika menemukan kata yang tidak kamu ketahui, carilah kata tersebut di kamus atau online.

Mau belajar lebih menyenangkan dengan membaca banyak cerita Bahasa Inggris? Belajar saja di ICAN English! Tempat kursus Bahasa Inggris ini memiliki banyak metode efektif untuk membantu setiap siswa dalam mencapai tujuan belajar berbahasa asing. Selain buku, kelas intensif kami juga menyediakan tutor yang mampu memberi motivasi dan mendukung setiap progress belajar kamu!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi