Cerita naratif bahasa Inggris

Contoh Cerita Naratif Bahasa Inggris

Mar 28, 2022 | Bahasa Inggris

Cerita naratif Bahasa Inggris biasanya akan kamu temui dalam pelajara bahasa inggris pada pembahasan berbagai jenis teks. Materi ini juga sering ada dalam ujian untuk menguji kemapuan Bahasa Inggris, terutama reading dan writing.

Sangat penting mempelajari cerita naratif dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya muncul pada tes SMA saja, tetapi juga pada tes TOEFL. Supaya kamu lebih paham tentang materi cerita naratif Bahasa Inggris, ICAN English akan menjelaskan tentang pengertian hingga contohnya.

Baca Juga: CONTOH STORY TELLING BAHASA INGGRIS

Pengertian dan Jenis Cerita Naratif

Certa naratif mempunyai ciri khas, yaitu rangkaian peristiwa kronologis selalu saling terhubung. Jenis teks tersebut juga bersifat imajinatif atau fiktif atau karangan. Tujuannya tak lain adalah menghibur para pembaca.

Berikut adalah beberapa jenis cerita naratif yang wajib kamu tahu;

1. Fable

Adalah cerita yang mengisahkan binatang. Beberapa contoh cerita naratif fabel adalah The Ugly Ducking, The Cat and The Rat, The Country of the Mice, dan lainnya.

2. Myth

Myth atau mitos merupakan cerita yang berkembang dalam masyarakat. Seringkali disebut sebagai cerita yang memang benar-benar ada atau faktual. Contohnya: Aji Saka and Dewata Cengkar.

3. Legend

Berikuktnya, cerita naratif Bahasa Inggris juga bisa berupa cerita yang ada dan turun menurun. Kemudian, menjadi bagian dari budaya masyarakat, contoh: Golden Eggs dan Malin Kundang.

4. Fairy Tales

Cerita rakyat atau juga disebut sebagai cerita kanak-kanak, mempunyai keajaiban pada kisah yang dikarang oleh penulisnya. Misalnya: Timun Mas, Tumbelina, dan Tinker Bell.

5. Love Story

Merupakan cerita yang menceritakan secara umum tentang perjuangan tokoh utama dalam hal cinta. Atau, bisa juga tentang kisah cinta para tokoh dalam cerita tersebut. Contoh love story Bahasa Inggris yaitu Rome and Juliet.

Seluruh jenis cerita naratif dalam Bahasa Inggris pasti mempunyai tiga unsur utama, sebagaimana berikut:

  • Orientation – Paragraf awal tentang perkenalan tokoh dalam sebuah kejadian cerita. Menceritakan tempat kejadian dan waktu.
  • Complication – Paragraf yang menggambarkan awal mula kejadian atau peristiwa. Awal mula tersebut adalah rangkaian alur cerita, berlanjut pada konflik, klimaks, juga anti klimaks.
  • Resolution – Bagian dari akhir cerita dan berisikan penyelesaian.

Selain semua unsur tersebut, kamu juga bisa menambahkan reorientation dan evaluation. Apa itu evaluation adalah evaluasi jalan cerita. Reorientation adalah kesimpulan pada akhir cerita.

Baca Juga: PENTINGNYA KURSUS BAHASA INGGRIS

Contoh Cerita Naratif Bahasa Inggris

Secara umum, teks naratif bersifat imajinatif, jadi bentuknya adalah karangan semata oleh si penulis. Tujuan cerita naratif yaitu menghibur para pembacanya, sehingga merupakan cerita fiksi. Selain fable, jenis cerita naratif yaitu cerita rakyat atau dongeng. Berikut adalah beberapa contoh cerita naratif bahasa inggris:

1. Fox and A Cat

Cerita naratif ini mengisahkan seekor rubah dan kucing. Karakter rubah adalah makhluk sombong, suka membual, dan memberitahu kucing bahwa ia mampu melawan anjing-anjing liar dan berjanji akan mengajari trik untuk menjauh dari anjing-anjing tersebut.

Dalam cerita tersebut, moral yang dapat diambil adalah tidak perlu menyombongkan diri. Pada akhir cerita tersebut, rubah tidak dapat menghindari serangan anjing sampai terkoyak tubuhnya.

2. Snow White

Cerita naratif selanjutnya adalah Putri Salju atau Snow White. Dalam kisah tersebut, diceritakan seorang putri yang tinggal bersama bibi dan pamannya memilih melarikan diri dan bertemu dengan tujuh kurcaci.

Cerita Snow White juga menceritakan bagaimana ia hidup bersama kurcaci, memakan apel yang telah diracun oleh Nenek Sihir yang iri dengan kecantikannya, dan diselamatkan oleh seorang pangeran. Cerita Snow White adalah salah satu cerita fairy tale.

3. The Story of Sura and Baya

Contoh selanjutnya adalah cerita legenda yang cukup terkenal yaitu awal mula kota Surabaya. Nama kota tersebut didapat dari dua hewan, Sura dan Baya.

Sura adalah nama seekor hiu, sedangkan Baya adalah nama seekor Buaya. Mereka hidup di laut yang sama. Saat keduanya mencari makanan, mereka sering berebut sampai akhirnya tinggal di tempat berbeda.

Sura tinggal di air, dan Baya tinggal di darat. Suatu hari, Sura pergi ke darat untuk mencari makanan, karena makanan di laut yang tidak begitu banyak. Namun, Baya akhirnya marah dan mereka kembali bertengkar. Sura menggigit ekor Baya, begitu pula sebaliknya hingga akhirnya Sura menyerah lalu kembali ke laut dan Baya pun senang.

Ciri-Ciri Cerita Naratif

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu bisa belajar dari materi apapun, termasuk juga cerita naratif. Dalam cerita naratif Bahasa Inggris, kamu juga bisa mengenalinya dengan melihat apa saja ciri-ciri teks sebagaimana berikut:

1. Teks naratif menceritakan kisah di masa lalu

2. Terdapat penggunaan noun atau kata benda untuk mengganti kata hewan, kata benda, dan kata orang dalam cerita. Contohnya adalah carriage, the dwarfs, dan lainnya.

3. Cerita naratif biasanya memakai berbagai cerita yang sudah diketahui banyak orang dan berkembang di masyarakat, seperti contoh berikut: The Rabbit and The tutrtle, Malin Kundang, dan lainnya.

4. Unsur cerita dalam teks naratif terdiri atas tempat, setting waktu, tema cerita, tokoh, konflik, suasana, dan penyelesaian.

5. Cerita naratif tersusun pada sebuah sekuel atau beberapa sekuel.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari apa saja unsur kebahasaan dalam teks naratif sebagaimana berikut:

1. Memakai past tense, yaitu kata kerja bentuk ketiga seperti contoh: Killed, sent, received, dan lainnya.

2. Memakai adverb of time, atau keterangan waktu seperti contoh: when, suddenly, soon, until, before

3. Memakai konjungsi waktu atau disebut sebagai time conjunction seperti: after, as soon as, dan then.

4. Memakai specific character atau karakter spesifik sebagai contoh: Cinderella, Aladin, dan Rapunzel.

5. Menggunakan kalimat langsung atau direct speech untuk present tense, seperti contoh: The prince called her name, “Rapunzel! Rapunzel!”

6. Memakai kata kerja aksi atau action verbs seperti: talked, wrote, bought, walked

7. Memakai saying and thinking verb, yaitu kata kerja untuk menunjukkan ujaran seperti contoh: Thought, said, dan told.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH