Belajar spelling bahasa Inggris

Tips Belajar Spelling Bahasa Inggris

Apr 13, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar spelling Bahasa Inggris merupakan materi yang paling sering diabaikan. Padahal, spelling punya fungsi penting dalam penulisan. Contoh, ketika membentuk kalimat maupuan paragraf yang benar. Kesalahan dalam penulisan bisa mengakibatkan adanya kesalahan pengucapan. Semua hal tersebut saling berhubungan dan wajib kamu pelajari.

Penting sekali belajar spelling karena dalam materi tersebut tidak hanya untuk dipelajari saja. Tetapi, juga untuk memudahkan komunikasi. Beberapa fungsinya sangat penting, termasuk untuk menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang punya literasi baik. Kedua, spelling juga berhubungan dengan pekerjaan, terutama jika kamu adalah seorang resepsionis, editor, atau bidang lainnya yang melibatkan kemampuan komunikasi.

Baca Juga: KEGUNAAN SPELLING DAN GRAMMAR

Peraturan Dalam Belajar Spelling

Ketika ingin mempelajari spelling, materi ini mempunyai banyak aturan. Beberapa peraturan masih erat kaitannya dengan grammar. Pastikan untuk materi ini sebelum memutuskan menghafal rumus-rumus grammar.

1. Prefiks

Prefiks atau awalan adalah bagian dari materi spelling yang harus kamu kuasai. Materi dasar ini berkaitan dengan pengejaan dengan aturan tidak mengubah atau mengganti kata dasar. Contoh pada kata Disobey yang artinya “Tidak patuh”, adalah kata yang terdiri dari prefiks “dis” + verb “obey.”

Contoh lainnya yaitu dissatisfied yang artinya “Tidak puas”, merupakan sebuah kata yang terdiri dari prefiks “dis” + satisfy. Dari dua contoh tersebut, menunjukkan bahwa tidak ada perubahan pada kata yang memperoleh awalan “dis”.

2. Plurals

Spelling plurals merupakan yaitu kata benda reguler dengan tambahan +s pada bagian akhir kata. Contoh, kata “Bring” menjadi “Brings”, kata “Smile” menjadi “Smiles”, dan “Speak” menjadi “Speaks”. Akan tetapi, pada kata dengan akhiran huruf mati, akan memperoleh penambahan +es, contohnya adalah “Bus” menjadi “Buses” dan “Cross” menjadi “Crosses”.

3. Doubling Consonant

Belajar spelling Bahasa Inggris berikutnya yaitu memperhatikan spelling double consonant dengan penambahan –ed, -est, -ing, dan –er jika huruf akhirannya yaitu konsonan. Perhatikan contoh seperti “Hop” menjadi “Hopped”, “Rub” menjadi “Rubbed”, dan “Travel” menjadi “Traveller”.

4. Verb Forms

Untuk kata kerja lampau atau verb past tense, terdapat penambahan –ed. Apabila huruf akhirnya mempunyai akhiran –e, maka tinggal menambahkan –d saja. Contoh spelling pada aturan tersebut yaitu “Clean” menjadi “Cleaned”, “Agree” menjadi “Agreed”, dan “Apply” menjadi “Applied”.

5. Penggunaan –Us, dan –Ous

Akhiran –us bisa kamu gunakan untuk nouns atau kata benda. Sedangkan pada akhiran –ous bisa kamu gunakan untuk kata sifat. Contoh dalam noun yaitu genius, virus, focus, sedangkan pada contoh kata sifat yaitu generous, religious, humorous, dan lainnya.

Masih ada begitu banyak peraturan spelling yang bisa kamu pelajari ketika belajar bahasa Inggris. Materi ini berguna dalam pekerjaan seperti editor atau penulis untuk menunjukkan kemampuan literasinya. Sedangkan bagi seorang resepsionis, ia tidak boleh salah dalam spelling karena bisa menyebabkan kesalahan informasi.

Baca Juga: 5 CARA CEPAT BELAJAR GRAMMAR

Tips Menguasai Spelling Dalam Bahasa Inggris

Belajar spelling Bahasa Inggris dimulai dengan memahami aturan yang berlaku, karena aturan dalam pengejaan tidak teratur. Beberapa materi spelling bisa kamu pelajari karena memang terdapat pola penggunaan. Untuk native speaker, mereka bisa belajar spelling sejak kecil, sehingga mereka mahir dalam hal tersebut.

Dalam belajar spelling, kamu dapat mempraktekkan dua hal. Pertama, cobalah untuk meningkatkan intensitas membaca dan perhatikan penulisan yang tepat. Lalu, mulai eja secara rutin dan koreksi tulisan yang telah kamu buat. Pada saat belajar berbahasa Inggris, kamu bisa membuat buku harian. Kemudian, tulis semua kosakata yang kamu temukan dan gunakan aplikasi spelling check. Tulis buku harian memakai komputer, laptop atau juga HP, lalu cek spelling abjad apakah benar atau masih keliru.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH