contoh interrogative sentence bahasa inggris

Contoh Interrogative Sentence Bahasa Inggris

Contoh interrogative sentence atau kalimat tanya merupakan cara terbaik untuk memulai belajar Bahasa Inggris untuk komunikasi lisan maupun tulisan sehari-hari. Setiap harinya, kamu berkomunikasi dengan siapapun, secara dua arah, sehingga selalu ada proses tanya jawab ketika mengobrol.

Interrogative sentence adalah kalimat ketika kamu mengajukan pertanyaan secara langsung. Sehingga, selalu disertai dengan tanda tanya. Dalam kata interrogative, maknanya selalu sebuah pertanyaan. Fungsinya adalah untuk memperoleh informasi, konfirmasi juga penolakan pada pertanyaan.

Jika dalam Bahasa Indonesia, maka kalimat tanya selalu diawali dengan kata tanya, seperti apa, siapa, mengapa, bagaimana, atau kapan. Selain itu, kalimat tanya juga dapat diawali menggunakan kata kerja bantu seperti akankah, dapatkah, maukah, dan lainnya.

Macam-Macam Interrogative Sentence

Belajar bahasa Inggris bersama ICAN English kali ini lebih dari sekedar contoh interrogative sentence, tetapi juga pola dan macam-macam kata tanya, sebagaimana berikut:

Yes-no Question

Cara membuat kalimat ini adalah dengan menukar peletakan subject dan auxiliary yaitu will, may, must, can, shall, do juga linking verb be yaitu is, am, are. Apabila ada main verb saja, maka pada awal kalimat bisa menggunakan do, does, ataupun did. Perhatikan contoh berikut:

May I borrow your sandal?

Must we follow the latest standard of operation?

Are you an architect?

Do you like tea ice?

Does Joanna like a spinach juice?

Untuk menjawab pertanyaan yes-no question, maka kamu bisa menggunakan kata ya atau tidak. Contoh jenis kalimat pertanyaan tersebut dapat kamu lihat pada kuisioner.

Baca juga : Definisi Declarative Sentence Lengkap Dengan Contoh

Alternative Questions

Alternative questions melalui coordinate conjunction or, berfungsi menghubungkan antar pilihan jawaban. Agar lebih paham tentang alternative questions, maka kamu bisa memperhatikan contoh berikut:

Would you like some tea or some smoothie?

Are you going to Jakarta or Bandung?

Which is better for my study – University of Oxford or Cambridge University?

Wh-Question

Penggunaan interrogative sentence dapat kamu awali dengan wh-questions yaitu where, why, which, when, whom, who, whose, dan how. Kalau dalam Bahasa Indonesia, kamu bisa menyebutnya sebagai 5W+1H. Untuk belajar wh-question, perhatikan contoh kalimat berikut:

Where did you go during your weekend?

Who is the main actor in this movie?

Why do you laugh?

What is the name of Joannas dog?

Which one is your favorite president?

Wh-question berfungsi supaya kamu bisa memperoleh informasi. Penggunaannya sangat penting dalam menggali informasi, seperti menulis berita, membuat artikel, dan lainnya agar informasi yang disampaikan lengkap.

Baca juga : Interrogative Sentence: Pengertian Dan Contoh Kalimat

Tag Question

Tag question adalah pertanyaan pendek, menggunakan linking verb be atau bisa juga auxiliary +/- not + pronoun pada akhir kalimat. Untuk memisahkan kalimat utama dan taq question, kamu bisa menggunakan koma. Perhatikan contoh penggunaan taq question berikut:

She likes broccolli, doesnt she?

It is Joannas dog, isnt it?

You forget us, dont you?

You have organized everything, havent you?

You dont miss her, dont you?

Apabila kalimat awal merupakan kalimat positif, maka kalimat tanya harus kalimat negatif. Jika kalimat awal adalah kalimat negatif, maka kalimat tanya harus kalimat positif.

Baca Juga : Kata Perintah Dalam Bahasa Inggris

Aturan Penggunaan Interrogative Sentence

Sekarang, kamu sudah mempelajari seperti apa contoh interrogative sentence dan pembahasan lengkapnya. Dalam penggunaan interrogative sentence, maka terdapat beberapa peraturan penting, sebagaimana berikut:

1. Harus menggunakan do, does, did jika tidak terdapat  auxiliary verb.

2. Letakkan preposition atau kata depan di bagian akhir wh-questions.

3. Letakkan auxiliary verb tepat setelah subjek dalam indirect question atau kalimat tanya tidak langsung.

4. Hindari menggunakan do berdampingan dengan auxiliary verb lainnya.

5. Hanya gunakan auxiliary verb dengan meletakkannya sebelum subyek.

6. Pakai Bare Infinitive pada kata tanya dengan auxiliary do, does, dan did.

7. Apabila who, what, whose, dan which merupakan bagian dari subyek atau subyeknya, maka do tidak perlu kamu gunakan.

Dari informasi ini, kamu jadi tahu lebih banyak tentang aturan dalam penggunaan interrogative sentence. Jadi, tidak boleh sembarangan lagi ketika membuat kalimat tanya bahasa inggris, ya! Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English dan bisa langsung konsultasi dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi