Definisi Declarative Sentence Lengkap dengan Contoh

Definisi Declarative Sentence Lengkap dengan Contoh

Declarative sentence atau kalimat declarative merupakan sebuah kalimat yang berfungsi dalam membuat suatu pernyataan. Kalimat tersebut merupakan kalimat umum yang mencakup tentang opini atau fakta sebagai isi pernyataan.

Informasi Tentang Declarative Sentence

Declarative sentence adalah informasi berupa opini atau fakta yang ditujukan untuk memberitahu kepada orang lain. Kalimat tersebut mempunyai akhiran tanda titik, dan berbentuk pernyataan, tidak digunakan untuk memberikan perintah kepada orang lain.

Selain untuk menyampaikan informasi sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga dapat menggunakan kalimat deklaratif untuk menjelaskan sesuatu, menjelaskan fakta ilmiah, dan memberikan informasi pada orang lain suatu hal yang sifatnya spesifik.

5 Ciri Declarative Sentence

Berikut adalah ciri-ciri kalimat declarative:

1. Tanda Titik di Akhir Kalimat

Ciri paling utama pada kalimat declarative yaitu terdapat tanda titik di bagian akhir. Intonasi atau tanda baca yang ada pada suatu kalimat dapat menentukan jenis kalimat tersebut.

Baca Juga:
Announcement Text: Pengertian dan Contoh Lengkap

2.  Mengandung Informasi dan Pernyataan

Walaupun ciri umum dari kalimat declarative adalah tanda titik, bukan berarti semua kalimat yang berakhir dengan tanda titik adalah kalimat declarative saja. Misalnya, “Don’t touch my hand.” menunjukkan imperative sentence karena merupakan kalimat perintah.

Tidak semua kalimat perintah menggunakan tanda seru. Tanda titik dalam kalimat perintah tersebut menandakan untuk memperhalus perintah itu sendiri. Tetapi, konteks kalimat berisikan perintah, bukan pernyataan.

3. Letakkan Subjek Sebelum Verb

Ciri lainnya pada kalimat declarative yaitu subjek selalu ada di awal sebelum verb. Inilah yang membuat kalimat declarative berbeda dengan interrogative sentence atau kalimat tanya.

4. Terdiri dari Subject dan Predikat

Kalimat declarative terdiri dari subjek dan predikat sebagai bentuk paling sederhana. Subjek merupakan kalimat pernyataan untuk menunjukkan pelaku atau apa yang diceritakan pada kalimat. Subjek bisa berupa noun, frasa, atau pronoun. Kalimat pernyataan mempunyai subjek yang ada di bagian awal klausa utama.

Sedangkan predikat declarative yaitu kalimat dengan kata kerja dan informasi lainnya pada klausa atau kalimat. Fungsi predikat yaitu untuk memperjelas subjek. Contohnya, the class was full of fun today. Subjek dari kalimat tersebut adalah the class.

5. Mempunyai Conjunction

Kalimat declarative juga mempunyai kata penghubung seperti although, instead, moreover, and, but, even though, therefore, on the other hand, dan nevertheless. Contoh declarative sentence dengan conjunction, yaitu:“Ani cannot cook even though she has taken the cooking class.”

Baca Juga:
Contoh Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Contoh Declarative Sentence dalam Kalimat Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh kalimat declarative sentence dalam bahasa Inggris:

1. I am going to the store.

   (Saya pergi ke toko.)

2. The sun rises in the east.

   (Matahari terbit di timur.)

3. She is a talented singer.

   (Dia adalah seorang penyanyi berbakat.)

4. The Earth orbits the Sun.

   (Bumi mengorbit Matahari.)

5. My favorite color is blue.

   (Warna favorit saya adalah biru.)

6. They have a beautiful garden.

   (Mereka memiliki taman yang indah.)

7. The meeting is scheduled for 3 PM.

   (Pertemuan tersebut dijadwalkan pukul 3 sore.)

8. The cat is sleeping on the couch.

   (Kucing itu sedang tidur di sofa.)

9. Water boils at 100 degrees Celsius.

   (Air mendidih pada suhu 100 derajat Celsius.)

10. My brother and I are planning a trip.

    (Saudara laki-laki saya dan saya merencanakan perjalanan.)

Jadi, declarative sentence adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau fakta. Jenis kalimat tersebut biasanya diakhiri dengan tanda titik (.) dan tidak digunakan untuk mengajukan pertanyaan atau menyatakan perintah. 

Baca Juga:
Memahami Compound Sentence dan Complex Sentence, Serta Perbedaannya

Belajar Bahasa Inggris di ICAN English

Untuk kamu yang mau belajar bahasa Inggris secara efektif dan dipandu oleh tutor berpengalaman, ICAN English bisa jadi pilihan terbaik. Kami memiliki kelas-kelas online ataupun offline yang dapat dipilih sesuai gaya belajar kamu.

Berbagai program unggulan juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran setiap siswa. Tersedia kelas-kelas umum yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dalam berbagai aspek, terdapat juga kelas persiapan untuk ujian-ujian bahasa Inggris luar negeri, seperti IELTS, TOEFL, SAT, Duolingo, dan PTE. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan, ya.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi kantor kami di kota kamu, atau juga menghubungi tim kami di sini!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web