contoh kalimat auxiliary verb

Contoh Kalimat Auxiliary Verb

Contoh kalimat auxiliary verb merupakan contoh kata kerja yang ada sebelum main verb atau kata kerja utama pada sebuah kalimat, gunanya untuk memodifikasi makna pada kata kerja utama. Berbeda dengan kata kerja utama, auxiliary verb tidak mempunyai makna sendiri.

Sebagai kata kerja pembantu, auxiliary verb terdiri dari primary auxiliary verb dan modal auxiliary verb. Berikut adalah penjelasan lengkap dari ICAN English.

Apa yang Dimaksud Auxiliary Verb

Auxiliary verb disebut juga dengan kata kerja bantu. Ini adalah kata kerja minor yang mendukung kata kerja utama kalimat untuk mengkomunikasikan konsep tata bahasa yang kompleks seperti aspek waktu atau modalitas.

Kata ini juga digunakan terutama untuk membuat tenses tata bahasa yang kompleks, seperti perfect and continuous tenses, yang menunjukkan aspek waktu yang berbeda, atau berapa lama suatu tindakan berlangsung.

Kombinasi Auxiliary Verb Dan Contoh Kalimat

Pada sebuah main verb, juga bisa dilengkapi hingga 3 auxiliary verb dengan susunan 1 modal verb dan 1 ataupun 2 primary auxiliary verb sebagaimana contoh berikut:

  • John and Tom should have slept – John dan Tom seharusnya sudah tidur.

Modal verb dalam contoh tersebut adalah should, primary auxiliary verb adalah have dan main verb dalam kalimat tersebut adalah came.

  • The drawing book has been bought – Buku gambar itu sudah dibeli

Primary auxiliary verb dalam kalimat tersebut adalah has dan been, sedangkan main verb adalah bought.

  • You will have been teaching for an hour when Joanna and Tom arrive-Kamu akan telah mengajar selama satu jam ketika Joanna dan Tom tiba.

Contoh kalimat tersebut mempunyai modal verb yaitu will, have dan been sebagai primary auxiliary verb, dan teaching sebagai main verb.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Linking Verb

Cara Menggunakan Auxiliary Verb dan Contohnya

Berbicara tentang primary auxiliary verb, maka terdapat be, do, serta have. Ketiga kata kerja tersebut berperan sebagai main verb atau kata kerja utama. Sekarang, perhatikan contoh berikut:

  • Joanna is sleeping in her bedroom Joanna sedang tidur di kamarnya. (Present Continuous Tense)
  • Tom and Sam were studying at this time yesterday. Tom dan Sam sedang belajar pada waktu ini kemarin (Past Continuous Tense)
  • The meeting willl be starting at 08.00 tomorrow – Pertemuannya akan berlangsung jam 8 pagi besok (Future Continuous Tense)
  • Tom has been driving for three hours – Tom telah menyetir selama tiga jam (Present Perfect Continuous Tense)
  • We will have teaching long – Kita akan telah mengajar lama (Future Perfect Continuous Tense)
  • She was sick yesterday – Dia sakit kemarin
  • Your house has been painted – Rumah kamu sudah dicat

Semua contoh kalimat di atas adalah auxiliary verb menggunakan Be (am, is, are, was, were, be, being, been). Sedangkan contoh kalimat auxiliary verb berikuttnya adalah:

  • Tom does finish his project – Tom harus menyelesaikan proyeknya.
  • Do close the door – Tutup pintu.
  • Amanda rarely does play outside of her home – Amanda jarang bermain keluar rumahnya.
  • Did you see Joanna yesterday? Apakah kamu melihat Joanna kemarin?

Dari contoh di atas, maka auxiliary verb bisa berupa verb do, does, atau dalam bentuk yes-no questions. Selanjutnya, kamu bisa mengamati contoh berikut:

  • John loves reading and so do I- John suka membaca dan saya juga.
  • Joanna doesnt want to spend her time unwisely, neither does Sam – Joanna tidak suka menghabiskan waktunya dengan tidak bijaksana, begitu juga dengan Sam.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Passive Voice

Auxiliary verb dalam bentuk Have juga penting, membentuk perfect tense. Kamu bisa mengkombinasikan kata tersebut dengan paduan modal verb (would, should, may, might, must, dan cant) serta past participle untuk bentuk perfect modal. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut:

  • Joanna has studied in Indonesia since March. Joanna sudah belajar di Indonesia sejak Maret (Present Perfect Tense)
  • We had already eaten dinner by this time Sam picked us up-Kita sudah makan malam pada waktu ini saat Sam menjemput (Past Perfect Tense)
  • John might have repaired the machine-John mungkin sudah memperbaiki mesinnya.

Itulah informasi lengkap tentang contoh kalimat auxiliary verb dalam Bahasa Inggris. Dari semua contoh tersebut, kamu bisa praktek latihan membuat kalimat atau menggunakannya dalam bentuk percakapan sehari-hari secara bertahap.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web