Contoh kalimat linking verb

Contoh Kalimat Linking Verb

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Jika kamu sudah memahami verb dalam Bahasa Inggris, maka selanjutnya kamu wajib mempelajari tentang contoh kalimat linking verb dan penggunaannya. Verb yaitu kata yang perannya adalah aksi, kejadian, tindakan, sikap, dan keadaan. Verb dalam bahasa inggris juga dibagi dalam enam jenis, yaitu: Transitive, Intransitive, Auxiliary, Regular, Irregular, dan Linking Verb.

Masing-masing verb pasti mempunyai fungsi berbeda, karena memang penggunannya juga berbeda. Tergabung dalam kursus bahasa Inggris akan membantu kamu memahami materi yang satu ini dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT AUXILIARY VERB

Mengenal Tentang Linking Verb dan Jenisnya

Linking verb yaitu kata kerja, fungsinya adalah penghubung antara kata pada kalimat Bahasa Inggris. Linking verb menghubungkan subjek dengan informasi atau deskripsi, yaitu subject complement. Bentuk subject complement sangat bervariasi, yaitu noun atau kata benda, pronoun atau kata ganti, adjective atau kata sifat, dan konstruksi lainnya sebagai noun atau adjective.

Ada juga linking verb yang diikuti oleh kata keterangan atau adverb, preopositional phrase atau frasa kata depan. Linking verb dibagi dalam tiga jenis, verb of being, verb of be, dan terakhir verb of sensation. Terdapat dua jenis linking verb bahasa inggris dengan berbagai contoh berikut:

Verb of sensation – Berikut adalah contoh dari verb of sensation: Feel, Smell, Look, Sound, dan Taste.

Verb of Being – Act, Appear, Be (Am, Is, Was, Were, Be, Been, Being), Become, Continue, Grow, Prove, Remain, Seem, Turn

Linking verb seperti Be, Is, Am, dan Are dapat digunakan pada simple present tense, sedangkan linking verb pada simple past tense adalah were dan was.

Be bisa digunakan untuk main verb, ditambah modal auxiliary verb dalam subjunctive dan imperative.

Contoh Menggunakan Linking Verb Dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mempelajari pembahasan lengkap tentang linking verb. Berikutnya, kamu bisa belajar contoh linking verb dalam bentuk kalimat, sebagaimana berikut:

  • Joanna became the favorite singer this year
  • Amanda’s rose grows well.
  • Tom and Sam seem happy.
  • Sam remains faithful.
  • Lee gets mad when he is unhappy.
  • The doctor is absolutey sure.

Itu adalah contoh verb of being dalam linking verb. Berikutnya, kamu bisa melihat contoh linking verb dalam bentuk verb of sensation:

  • Joanna feels unhappy in this trip.
  • Amanda looks beautiful.
  • The cupcakes tasted yummy.
  • Sam’s voice sounds really good.
  • Her voice sounds weird since she is sick.
  • Amanda felt sleepy after eating a lot of food.

Verb of be juga termasuk verb of being, serta merupakan salah satu hal menarik dalam verb of be yaitu am, is, are, were, dan was pada sebuah kalimat.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT PASSIVE VOICE

Apabila linking verb menggunakan be (is) kemudian kamu ganti dalam bentuk simple present tense, maka tidak akan merubah arti, sebagaimana contoh berikut:

  • The watermelon smells rotten = The watermelon is rotten.
  • John gets mad when he’s unhappy = John gets mad when he is unhappy.

Itulah contoh kalimat linking verb dan penggunaanya dalam Bahasa Inggris. Sebagai materi dasar, kamu perlu tahu materi tersebut untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH