contoh kalimat cause and effect

Contoh Kalimat Cause and Effect

Contoh kalimat cause and effect adalah sebab-akibat dalam bahasa Indonesia. Induk kalimat biasanya menyatakan sebab dan anak kalimat tentu menyatakan akibat. Keduanya akan dihubungkan oleh conjunction atau kata sambung.

Materi yang satu ini biasanya akan kamu temukan jika bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Ini juga akan dibahas lebih mendalam ketika di tempat kursus pilihan kamu.

Seperti Apa Kalimat Cause and Effect?

Kata cause dalam bahasa Inggris biasanya masuk ke dalam kategori noun atau verb. Pada noun berarti seseorang atau sesuatu yang menjadi sebab sesuatu lain terjadi. Sedangkan, verb, berarti Tindakan yang membuat sesuatu terjadi.

Sedangkan, effect bisa ditemukan dalam kalimat noun atau verb. Pada noun berarti perubahan yang menjadi akibat dari suatu tindakan atau sebab. Sedangkan, pada verb, effect ditulis dengan affect yang artinya menghasilkan sebuah efek atau menyebabkan perubahan pada sesuatu.

Penjelasan Lengkap Tentang Kalimat Sebab-Akibat

Bagi para pemula, contoh kalimat cause and effect sebaiknya dipelajari dengan cara dipahami terlebih dahulu masing-masing penjelasan antara cause dan effect, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris di Tangerang Selatan

Cause (Sebab)

Cause dalam bahasa Inggris merupakan noun atau verb. Noun pada konteks cause menandakan seseorang ataupun sesuatu yang bisa menyebabkan sebuah hal terjadi. Sedangkan verb artinya tindakan yang membuat sebuah hal dapat terjadi.

Effect (Akibat)

Effect sama halnya seperti cause, yaitu bisa dalam bentuk noun atau verb. Naon artinya Perubahan akibat sebuah tindakan atau sebab. Sementara akibat dalam bentuk verb, artinya menyebabkan sebuah efek atau menyebabkan sebuah perubahan terjadi pada suatu hal.

Jika ingin mengungkapkan kalimat sebab dan akibat dalam bahasa Inggris maka bisa menggunakan kata maupun frasa tertentu sebagai berikut:

Apabila diikuti oleh noun atau frasa noun, maka menggunakan kata: due to, because of, owing to, as a consequence of, as a result of, dan thanks to.

Apabila diikuti oleh subjek + verb/frasa verb, maka menggunakan kata: Because, since, as, dan for.

Contoh Kalimat Cause and Effect

  • Due to heavy rain (cause), I cant go to the park (effect)
  • He got good grade (effect) because of his study habits (cause)
  • I didn’t attend the practice (effect) owing to the headache (cause)
  • Since we run out of milk (cause), I have to go to the store (effect)
  • The car wouldnt start (effect), because it ran out of gas (cause)

Meski terbilang cukup mudah untuk dipahami, namun banyak orang yang tidak mengenal kalimat ini dengan benar. Untuk itu, memahaminya akan menjadi nilai tambah untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris.

Menggunakan kata transisi yang tepat dalam bahasa Inggris dapat menunjukkan sebab dan akibat dengan baik dalam kalimat. Kata-kata seperti because, since, as, dan due menunjukkan sebab atau alasan.

Untungnya, penulisan sebab-akibat mengikuti pola yang sederhana. Dengan latihan, kamu dapat menguasai kalimat ini. Kamu bahkan dapat merangkai kalimat untuk membuat paragraf sebab-akibat. Keterampilan ini mendukung karir akademis dan meningkatkan prospek professional kamu.

Baca Juga:
Mengenal Penggunaan Verb 3 dan Contohnya

Mengenal Sebab-Akibat dalam Paragraf

Sebenarnya, mudah untuk mengenal cause and effect dalam sebuah paragraph. Kamu bisa melihatnya dengan kata kunci so, atau because. Kata-kata ini adalah sinyal adanya kalimat cause and effect dalam sebuah kalimat.

Tapi kalimat sebab-akibat tidak selalu cocok dengan pola ini. Terkadang, hubungan sebab-akibat tersebar di beberapa kalimat. Kamu mungkin kesulitan menemukan contoh-contoh ini. Dengan membaca ulang paragraf dan membuat catatan, kamu dapat melihat polanya dengan jelas.

Kalimat cause and effect akan selalu kamu temui dalam satu bacaan bahasa Inggris. Mengidentifikasinya dengan baik dapat menjadi nilai tambah dan kamu akan belajar bagaimana menggunakannya dengan baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web