mengenal penggunaan verb 3 dan contohnya

Mengenal Penggunaan Verb 3 dan Contohnya

Penggunaan Verb 3 dalam bahasa inggris terdapat aturannya. Bahasa inggris mempunyai tiga kelompok utama, mulai dari verb atau kata kerja untuk menunjukkan berbagai kegiatan atau gerakan, kata benda atau noun yang mempunyai wujud, serta kata sifat atau adjective tentang sifat, keadaan, juga warna kata benda.

Kata kerja terbagi dalam dua jenis, yaitu beraturan atau dikenal dengan sebutan regular verb, atau kata kerja tidak beraturan disebut dengan irregular verb.

Aturan Penggunaan Verb 3

Bersama ICAN English, kamu bisa belajar bagaimana formula dalam menggunakan verb 3 pada suatu kalimat. Agar kamu bisa mengetahui bagaimana penggunaan verb 3 dalam Bahasa Inggris, maka berikut adalah peraturan yang wajib kamu ketahui:

1. Ada beberapa aturan imbuhan ed pada kata kerja, ataupun kata sifat sesuai fungsinya. Kata kerja apabila berakhir dengan konsonan, dan memiliki akhiran e, maka kamu bisa menambahkan d. Berikut adalah contoh kata kerja dengan akhiran e+ imbuhan d:

  • Hope – Hoped
  • Injure – Injured
  • Date – Dated

2. Kata kerja dengan akhiran konsonan atau vokal jika memiliki 1 vokal, digandakan konsonan terakhirnya. Kemudian, kamu bisa menambahkan ed. Jika terdapat 2 vokal, maka tidak perlu menggandakan konsonan terakhirnya. Contoh aturan dalam verb 3 tersebut adalah berikut:

  • Stop – Stopped
  • Rob – Robbed
  • Beg – Begged

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Verb 1 2 3

3. Sedangkan contoh kata kerja yang berakhiran dengan dua konsonan bisa ditambah dengan ed, yaitu:

  • Start – started
  • Help – helped
  • Demand – Demanded

4. Kata kerja dengan akhiran y, bisa ditambah dengan adanya akhiran ed.

Contohnya ada pada kata kerja berikut:

  • Pray – Prayed
  • Enjoy – Enjoyed

5. Penggunaan verb 3 juga muncul pada kata kerja dengan akhiran ie, dengan hanya menambah d, contoh kata sebagaimana berikut:

  • Die – Died
  • Lie – Lied

Baca Juga:
Perbedaan Verb 1 2 3

Fungsi Penggunaan Verb-3 Pada Bahasa Inggris

Setelah mengetahui seperti apa aturan dalam menggunakan verb 3, maka berikutnya adalah mempelajari apa saja fungsi dalam penggunaannya sebagaimana berikut:

1. Hanya berlaku untuk kalimat berbentuk past tense, yaitu menandakan aktivitas atau kegiatan dalam kalimat terjadi pada waktu lampau juga telah berakhir. Berikut adalah contoh menggunakan Verb 3 untuk simple past tense:

Connor waited John at the library for three hours.

Dalam kalimat tersebut, Connor melakukan sebuah aktivitas, yaitu menunggu John di perpustakaan selama tiga jam.

2. Digunakan untuk kalimat past perfect tense, menyatakan perbuatan telah selesai pada waktu lampau, dengan contoh kalimat berikut:

John arrived here before Connor left

Kalimat ini berarti bahwa John sudah datang sebelum Conner akhirnya pergi.

3. Penggunaan verb 3 juga bisa kamu gunakan pada bentuk future perfect tense, tujuannya menyatakan kegiatan yang telah dimulai di masa lampau, tetapi akan segera selesai pada waktu mendatang dengan contoh berikut:

He will have started to his new job by next month

Makna kalimat tersebut adalah bahwa ia akan memulai pekerjaan barunya pada bulan depan.

4. Untuk kalimat past future perfect tense, menyatakan tindakan yang bisa terjadi saat masa lampau dengan contoh berikut:

She would have done the project before Sunday morning

Contoh kalimat tersebut dapat kamu artikan bahwa dia akan menyelesaikan proyek tersebut sebelum hari Minggu pagi.

5. Digunakan dalam kalimat present perfect tense, guna menyatakan peristiwa terjadi pada waktu lampau juga masih berhubungan dengan waktu saat ini. Contoh penggunaan Verb 3 tersebut adalah berikut: They have checked there twice.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Future Tense

Dalam kata tersebut, dikatakan bahwa mereka telah memeriksa kesana sebanyak dua kali.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana menggunakan verb 3 dan seperti apa contoh penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi