Mengenal penggunaan verb 3 serta aturan menggunakannya

Mengenal Penggunaan Verb 3 dan Contohnya

Des 10, 2021 | Bahasa Inggris

Penggunaan Verb 3 dalam bahasa inggris terdapat aturannya. Bahasa inggris mempunyai tiga kelompok utama, mulai dari verb atau kata kerja untuk menunjukkan berbagai kegiatan atau gerakan, kata benda atau noun yang mempunyai wujud, serta kata sifat atau adjective tentang sifat, keadaan, juga warna kata benda.

Kata kerja terbagi dalam dua jenis, yaitu beraturan atau dikenal dengan sebutan regular verb, atau kata kerja tidak beraturan disebut dengan irregular verb.

Baca Juga: BELAJAR BAHASA INGGRIS VERB 1 2 3

Aturan Penggunaan Verb 3

Bersama ICAN English, kamu bisa belajar bagaimana formula dalam menggunakan verb 3 pada suatu kalimat. Agar kamu bisa mengetahui bagaimana penggunaan verb 3 dalam Bahasa Inggris, maka berikut adalah peraturan yang wajib kamu ketahui:

1. Ada beberapa aturan imbuhan –ed pada kata kerja, ataupun kata sifat sesuai fungsinya. Kata kerja apabila berakhir dengan konsonan, dan memiliki akhiran –e, maka kamu bisa menambahkan –d. Berikut adalah contoh kata kerja dengan akhiran –e+ imbuhan –d:

  • Hope – Hoped
  • Injure – Injured
  • Date – Dated

2. Kata kerja dengan akhiran konsonan atau vokal jika memiliki 1 vokal, digandakan konsonan terakhirnya. Kemudian, kamu bisa menambahkan –ed. Jika terdapat 2 vokal, maka tidak perlu menggandakan konsonan terakhirnya. Contoh aturan dalam verb 3 tersebut adalah berikut:

  • Stop – Stopped
  • Rob – Robbed
  • Beg – Begged

3. Sedangkan contoh kata kerja yang berakhiran dengan dua konsonan bisa ditambah dengan –ed, yaitu:

  • Start – started
  • Help – helped
  • Demand – Demanded

4. Kata kerja dengan akhiran –y, bisa ditambah dengan adanya akhiran –ed.

Contohnya ada pada kata kerja berikut:

  • Pray – Prayed
  • Enjoy – Enjoyed

5. Penggunaan verb 3 juga muncul pada kata kerja dengan akhiran –ie, dengan hanya menambah –d, contoh kata sebagaimana berikut:

  • Die – Died
  • Lie – Lied

Baca Juga: PERBEDAAN VERB 1 2 3

Fungsi Penggunaan Verb-3 Pada Bahasa Inggris

Setelah mengetahui seperti apa aturan dalam menggunakan verb 3, maka berikutnya adalah mempelajari apa saja fungsi dalam penggunaannya sebagaimana berikut:

1. Hanya berlaku untuk kalimat berbentuk past tense, yaitu menandakan aktivitas atau kegiatan dalam kalimat terjadi pada waktu lampau juga telah berakhir. Berikut adalah contoh menggunakan Verb 3 untuk simple past tense:

Connor waited John at the library for three hours.

Dalam kalimat tersebut, Connor melakukan sebuah aktivitas, yaitu menunggu John di perpustakaan selama tiga jam.

2. Digunakan untuk kalimat past perfect tense, menyatakan perbuatan telah selesai pada waktu lampau, dengan contoh kalimat berikut:

John arrived here before Connor left

Kalimat ini berarti bahwa John sudah datang sebelum Conner akhirnya pergi.

3. Penggunaan verb 3 juga bisa kamu gunakan pada bentuk future perfect tense, tujuannya menyatakan kegiatan yang telah dimulai di masa lampau, tetapi akan segera selesai pada waktu mendatang dengan contoh berikut:

He will have started to his new job by next month

Makna kalimat tersebut adalah bahwa ia akan memulai pekerjaan barunya pada bulan depan.

4. Untuk kalimat past future perfect tense, menyatakan tindakan yang bisa terjadi saat masa lampau dengan contoh berikut:

She would have done the project before Sunday morning

Contoh kalimat tersebut dapat kamu artikan bahwa dia akan menyelesaikan proyek tersebut sebelum hari Minggu pagi.

5. Digunakan dalam kalimat present perfect tense, guna menyatakan peristiwa terjadi pada waktu lampau juga masih berhubungan dengan waktu saat ini. Contoh penggunaan Verb 3 tersebut adalah berikut: They have checked there twice.

Dalam kata tersebut, dikatakan bahwa mereka telah memeriksa kesana sebanyak dua kali.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana menggunakan verb 3 dan seperti apa contoh penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH