contoh kalimat congratulation bahasa inggris

Contoh Kalimat Congratulation Bahasa Inggris

Contoh kalimat congratulation mempelajari kalimat untuk mengucapkan keberhasilan. Dalam Bahasa Indonesia, kata congratulation adalah ucapan selamat, fungsinya untuk mengucapkan momen bahagia terhadap orang lain.

Apa yang Dimaksud Kalimat Congratulation?

Kalimat congratulation adalah kalimat yang mengungkapkan atau memberikan pujian, persetujuan, atau kesenangan, sering kali karena seseorang telah melakukan atau mencapai sesuatu yang istimewa.

Congratulations adalah ekspresi untuk mengucapkan momen baik yang terjadi pada orang lain. Dari kata congrat atau noun (kata benda), bisa berupa countable atau uncountable noun. Untuk tahu lebih banyak tentang contoh kalimat congratulation dan penggunaanya.

Contoh Kalimat Ucapan Selamat

Congratulation pada umumnya mempunyai tiga macam makna. Pertama adalah simple congratulation, kamu bisa mengucapkannya ketika seseorang memperoleh pencapaian. Kedua adalah compliment atau pujian, bisa kamu gunakan ketika bangga terhadap pencapaian orang lain, sehingga nada ucapan selamat tersebut berupa pujian. Atau, kamu juga bisa memberikan ucapan congratulation untuk pencapaian selanjutnya. Berikut adalah contoh kalimat congratulation:

Congratulation untuk Keluarga

Ada banyak momen yang terjadi dalam keluarga, sehingga bisa menjadi pondasi membentuk karakter diri. Kamu bisa mengucapkan contoh congratulation untuk menunjukkan rasa peduli supaya oranglain juga ikut senang atas pencapaian tersebut, sebagaimana contoh berikut:

I hear that you were elected as a chief editor in your school. So, congratulation my son, I am so proud of you.

Aku dengar kamu telah dipilih sebagai pemimpin redaksi di sekolah. Selamat nak, aku bangga padamu.

Congratulation Joanna for passing the English test, you have been study hard.

Selamat Joanna, kamu sudah lolos tes Bahasa Inggris, kamu sudah bekerja keras.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interjection

Congratulation Dalam Hubungan

Ucapan selamat juga bisa diberikan karena kamu ikut bahagia atas hubungan seseorang. Misalnya, kamu tahu bahwa akhirnya teman kamu menikah dengan seseorang yang disayanginya. Berikut adalah contoh congratulation dalam hubungan:

You and Sam are dating now? Wow, finally! I am happy for you!

Kamu dan Sam berkencan sekarang? Wow, akhirnya! Aku sangat bahagia untukmu!

Congratulation on your wedding. After all the hard days passed, I hope everything is a happy ending.

Selamat atas pernikahanmu. Setelah semua hal sulit terlewati, semoga semuanya berakhir bahagia.

Congratulation Dalam Bisnis

Pencapaian pada dunia profesional juga memberikan kepuasan pada seseorang. Apalagi jika kamu adalah rekan kerja yang ingin menunjukkan dukungan. Hal ini sekaligus membuat mereka merasa diperhatikan oleh teman yang baik.

Congratulation Mr. Sam for your new position as a Marketing Specialist, this company really needs a good hand like you.

Selamat Pak Sam untuk posisi pekerjaan kamu yang terbaru sebagai ahli marketing, perusahaan ini sangat membutuhkan pimpinan yang tepat seperti kamu.

Sincere congratulations for chosen to be the new Manager Marketing, Mr. Sam

Selamat atas terpilih sebagai Manajer Marketing baru, Pak Sam.

Jika kamu berada pada posisi serupa kejadian di atas, kamu bisa mencoba mengungkapkan beberapa kalimat congratulation yang bermanfaat untuk kerabat.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Instruction Bahasa Inggris

Kapan Harus Mengungkapkan Congratulation?

Gunakan congratulation untuk mengucapkan selamat atas keberhasilan atau momen bahagia orang lain. Dengan ucapan ini, maka kamu juga ikut senang dengan keberhasilan atau pencapaiannya. Kamu bisa mengawalinya dengan verb send atau offer.

Tidak hanya itu, kata ini juga berarti sesuatu yang kamu katakan saat ingin memberi selamat pada orang lain. Congratulations sering ditutup dengan tanda seru atau exclamation mark disertai dengan prepositional phrase on+noun(phrase)/gerund phrase.

Penulisan congratulations harus dalam bentuk formal jika diperuntukkan pada lingkungan bisnis atau kerja. Misalnya ketika seorang teman memperoleh promosi jabatan, mengucapkan keberhasilan atas pencapaian atasan, dan lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi