Contoh kalimat interjection

Contoh Kalimat Interjection

Feb 21, 2022 | Bahasa Inggris

Membicarakan materi bahasa inggris terkesan tidak ada habisnya, dan salah satu yang wajib kamu tahu adalah contoh kalimat interjection, atau disebut juga sebagai kata seru. Penggunaan kata seru pada Bahasa Inggris penting kamu pelajari untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Apa itu interjection adalah unsur dari parts of speech, dan jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah “kata seruan”.

Penggunaan interjection adalah saat orang berbicara, jadi jarang ditulis dalam tulisan formal. Bahkan beberapa interjection tidak punya arti khusus, tetapi bisa menyatakan ekspresi. Interjection secara sederhana juga bisa diartikan sebagai kata pendek, digunakan ketika ingin mengungkapkan emosi supaya membuat kalimat jadi ekspresif. Untuk mempelajari materi tersebut, ICAN English akan menjelaskan secara mendalam pada materi ini.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT PROHIBITION BAHASA INGGRIS

Definisi dan Tanda Baca Interjection

Interjection atau kata seruan tidak hanya untuk ungkapan amarah, tetapi juga untuk mengungkapkan rasa sedih atau rasa senang. Kategori contoh kalimat interjection paling populer adalah berbentuk sound, misalnya:

  • Wow!
  • Ouch!
  • Umm…
  • Hmm…

Selain itu, terdapat interjection berbentuk adjective seperti contoh: sweet, perfect, atau lainnya. Sedangkan noun yang mempunyai kategori interjection adalah: congratulation, greetings, hey, dan lainnya. Kata seru pada bahasa Inggris tidak punya hubungan dengan grammar. Sehingga kata seru adalah kata yang independen, sifatnya berdiri sendiri.

Interjection biasanya diikuti tanda seru (exclamation mark), atau tanda baca koma (comma). Kadang-kadang, interjection diikuti dengan ungkapan seruan lebih kuat, contohnya adalah marah, gembira, terkejut, atau perasaan mendalam lainnya. Kadang, reaksi terkejut juga bisa ditunjukkan dengan tanda tanya pada kalimat.

Fungsi Interjection dan Contohnya

Sesuai pembahasan di atas, kata seru bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan ekspresi. Berikut adalah beberapa ekspresi dan contoh kalimat interjection:

1. Persetujuan

Kata interjection bisa kamu gunakan untuk menyatakan persetujuan. Ada beberapa kata yang dapat kamu gunakan untuk menandakan persetujuan seperti berikut: okay, yes, right, yeah, cool, alright, sure, uh-uh. Untuk penggunaan dalam kalimat, bisa melihat contoh berikut:

Joanna: Amanda, can I have your number?

Amanda: Sure!

Tom: Can you wait me for a minute, Sam?

Sam: Okay

2. Permohonan Maaf

Kata seru juga dapat kamu gunakan ketika ingin mengucapkan maaf. Kata-kata tersebut adalah: whoops, oopsies, oops. Berikut adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:

Whoops! I forgot to bring my pen!

Oops, sorry! It’s my fault.

3. Keterkejutan

Tidak hanya untuk permintaan maaf atau persetujuan, kata seru Bahasa Inggris yang paling sering digunakan adalah untuk keterkejutan, seperti contoh: whoa, really, wow, dan what. Berikut adalah contoh kalimat interjection tentang keterkejutan:

  • Whoa, your work is a masterpiece!
  • Wow, it’s a crazy idea
  • Really? That’s great!

Baca Juga: CONTOH KALIMAT CONGRATULATION BAHASA INGGRIS

Penjelasan Serta Contoh Kalimat Interjection

Interjection lebih banyak digunakan untuk speaking atau berkomunikasi dibandingkan dengan writing atau tertulis. Interjection sangat jarang digunakan untuk situasi formal atau dalam tulisan akademik. Berikut, merupakan penjelasan lebih jauh mengenai interjection serta contoh kalimat interjection yang perlu kamu ketahui.

1. Pengertian Interjection

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai materi interjection, pertama kamu harus paham terkait pengertiannya. Interjection merupakan kata yang digunakan untuk menunjukan suatu ekspresi emosi yang disampaikan secara langsung atau spontan. Dalam bahasa inggris, interjection atau exclamation dapat diartikan sebagai kata seru atau suatu bentuk interupsi.

Umumnya, interjection banyak digunakan dalam situasi interaksi oral atau spoken yakni secara lisan dalam komunikasi, dan jarang digunakan dalam bentuk tulisan. Kegunaan interjection yakni untuk mengekspresikan emosi sedih, senang, terkejut, dan lainnya dari si pembicara atau penulis. Sehingga, interjection tidak digunakan untuk kepentingan akademik.

2. Fungsi Interjection

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa interjection digunakan untuk menyampaikan emosi si pembicara atau penulis. Namun, emosi dari tiap-tiap manusia bermacam-macam , sehingga fungsinya juga menjadi beragam.

Adapun, fungsi-fungsi dari interjection diantaranya; menyatakan seruan, contoh kalimat interjection  untuk menyatakan seruan yakni “wow, this house is amazing” (wow, rumah ini luar biasa). Selanjutnya, memiliki fungsi lain seperti menunjukan kata benda (noun), kata ganti (pronoun), kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), kata hubung (conjunction).

3. Ciri-Ciri Interjection

Selanjutnya, pembahasan mengenai ciri-ciri dari interjection. Interjection sendiri merupakan suatu komponen part of speech yang bisa dikatakan cukup bebas karena letaknya bisa dimana saja bisa di awal kalimat (interjection beginning), di tengah (interjection middle), hingga di akhir kalimat (interjection end).

Untuk lebih mengenali terkait interjection, kamu perlu mengenali ciri-cirinya seperti berikut, kalimatnya cenderung singkat atau pendek. Selanjutnya, kebanyakan diikuti oleh tanda seru atau bisa juga diikuti oleh tanda baca koma dan tanda baca tanda Tanya. Kemudian, interjection juga dapat mengekspresikan sebuah emosi dan digunakan untuk komunikasi secara lisan.

Selain beberapa ciri yang telah dijelaskan sebelumnya. interjection juga memiliki sejumlah fungsi khusus. Adapun, fungsi ini juga menentukan kapan dan dalam konteks apa sebuah interjection digunakan dalam sebuah kalimat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH