contoh kalimat connector

Contoh Kalimat Connector

Belajar bahasa Inggris tentang contoh kalimat connector bertujuan supaya kamu dapat memahami kata hubung, kata yang dibutuhkan untuk penghubung kata satu dengan kata lainnya, klausa satu dengan klausa lainnya, dan kalimat satu dengan kalimat lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kalimat connector untuk penghubung paragraf satu dengan paragraf lainnya.

Connector ini berguna untuk berbagai macam hubungan, termasuk hubungan waktu, ataupun hubungan sebab-akibat. Kali ini, ICAN English akan menjelaskan contoh lengkap connector pada hubungan cause-effect dalam kalimat bahasa Inggris.

Connector adalah kata hubung, menghubungkan dua ide yang mempunyai hubungan. Hubungan merupakan hal yang berhubungan dengan waktu, alasan dan juga tujuan, serta semua hal yang berlawanan, pengandaian, juga sebab-akibat. Ada beberapa fungsi kalimat connector yang harus kamu ketahui, sebagaimana berikut:

Connector Indikasi Alasan (Reason)

Kata hubung disertai dengan keterangan yang berfungsi dalam menghungkapkan alasan (reason) terhadap klausa utama, sebagaimana contoh berikut:

EffectCause
Joanna put on her jacket
(Joanna memakai jaketnya)
for she felt cold. (karena dia kedinginan)
Joanna wore her winter pants
(Joanna memakai celana musim dinginnnya)
because it was snowing (karena sedang bersalju)
Joanna likes to walk in the snow
(Joanna suka berjalan di atas salju)
since it is her first winter experience (Karena itu adalah pengalaman musim dingin pertamanya)
Joanna rode her bike to office
(Joanna mengendarai sepedanya ke kantor)
as her car was snowed in (under snow) (Karena mobil Joanna terjebak dalam salju)

Beberapa kata hubung, seperti in as much as, now that, for, since, as, because, dan juga for the reason that, dibutuhkan dalam menghubungkan informasi tambahan tanpa merubah makna terhadap klausa utama.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Caution

Connector Alasan Bertentangan (Contrary Reasoning)

Kata hubung untuk alasan bertentangan harus diikuti keterangan yang menjelaskan alasan bertentangan atau contrary reason pada klausa sebelumnya yang menjadi klausa utama, sebagaimana contoh berikut:

EffectCause
Joanna wore her winter pantsthough the weather is hot
Joanna rode her bike to schoolEven though the snow was slippery
Joanna makes a snowmanAlthough her nose gets cold
She put on her jacketRegardless the fact she did not feel cold. b

Ada beberapa kata hubung untuk menyatakan alasan bertentangan sebagaimana berikut: though, even though, although, regardless of the fact, in spite of the fact, despite the fact, untuk menghubungkan informasi tambahan tetapi tidak merubah makna pada klausa utama.

Baca Juga:
Mengenal Sebab Akibat dalam Bahasa Inggris

Supaya lebih paham tentang apa perbedaan contoh kalimat connector antara alasan dan alasan bertentangan, berikut adalah tabel penjelasannya:

Tipe AlasanContohPenjelasan
Reason Effect Cause (Sebab-Akibat)Tom is a good teacher because he has studied education at University of Oxford.
(Tom adalah seorang guru yang bagus karena dia lulusan pendidikan di Universitas Oxford.)
Pendapat atau kejadian pada salah satu klausa disertai respon logis situasi pada klausa lainnya.
Concessive Reason Effect Exception (Akibat-Pengecualian)Tom is a good teacher though he has never took an education major before.  
(Tom adalah seorang guru walaupun dia tidak pernah mengambil jurusan pendidikan sebelumnya.)
Pendapat atau kejadian bukan sebuah hal logis pada situasi di klausa lainnya.

Itulah contoh lengkap kalimat connector pada hubungan cause-effect bahasa Inggris. Dengan adanya penjelasan dan contoh ini, semoga kamu jadi lebih paham dengan mencoba membuat kalimat connector sendiri di rumah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web