mengenal sebab akibat dalam bahasa inggris

Mengenal Sebab Akibat dalam Bahasa Inggris

Pernahkah kamu mendengar tentang kalimat sebab dan akibat atau cause and effect? Dalam bahasa Inggris, sebab merupakan hal yang dapat menimbulkan terjadinya sesuatu, sementara akbat merupakan hasil adanya penyebab. Materi sebab akibat dalam bahasa Inggris akan kami jelaskan dengan pembahasan lengkap.

Sebelum mempelajari contoh cause and effect bahasa Inggris, ada baiknya memahami apa maksud kalimat cause and effect. Kata cause dalam bahasa Inggris termasuk noun ataupun verb. Noun artinya seseorang atau sesuatu yang menyebabkan sesuatu terjadi. Sementara verb artinya tindakan yang membuat suatu hal terjadi.

Sedangkan effect juga termasuk kata bahasa Inggris yang ada dalam kategori noun atau verb. Noun merupakan perubahan akibat tindakan ataupun sebab. Pada verb, effect ditulis affect, artinya menyebabkan efek.

Semua Hal Penting Dalam Cause and Effect Text

Berikut adalah semua hal penting yang harus kamu pelajari ketika ingin meningkatkan pemahaman terkait sebab akibat dalam bahasa Inggris:

Baca Juga:
Mengenal Istilah Generic Structure dalam Bahasa Inggris

Istilah Penting

Dalam mempelajari cause and effect text, maka kamu harus mengetahui sejumlah istilah yang berhubungan dengan teks tersebut. Cause adalah sesuatu yang menyebabkan adanya perubahan, menunjukkan mengapa sesuatu terjadi. Effect adalah akibat yang muncul dari konsekuensi sebuah aksi. Sedangkan response merupakan reaksi yang ditampakkah pihak yang terdampak dari akibat.

Struktur Umum

Sama seperti jenis teks lainnya, terdapat struktur umum atau generic structure pada teks sebab akibat. Jenis teks tersebut mempunyai tiga bagian umum. Pertama adalah topic sentence, kalimat yang berisikan gagasan utama. Kedua, supporting details, penjabaran secara mendetail terkait penyebab suatu hal terjadi. Ketiga, conclusion, yaitu kesimpulan yang merupakan akibat, seringnya diikuti berbagai saran dari penulisnya.

Gaya Bahasa

Setiap penulis mempunyai gaya bahasa unik. Terdapat bebeapa struktur tata bahasa yang jelas dari jenis teks tersebut, yaitu:

1. Tenses, bergantung pada konteks waktu kalimat, yaitu present, past, dan future tense.

2. Ditulis sesuai sudut pandang orang ketiga.

3. Kaya kata kerja dalam kalimat pasif dan kalimat aktif.

4. Memakai konjungsi dengan menunjukkan sebab-akibat.

Penggunaan Konjungsi

Berikut adalah sejumlah contoh penggunaan konjungsi yang sering dipakai untuk menunjukkan kalimat cause and effect:

As a result of, because, because of, consequently, due to, due to the fact, on account of, thus, resulting in, seeing that, since, thanks to, so, the reason, therefore, whereas.

Baca Juga:
Kata Ganti Kepunyaan Dalam Bahasa Inggris

Tujuan Belajar Cause and Effect Text

Dengan mempelajari sebab akibat dalam bahasa inggris, maka diharapkan kamu akan memperoleh tujuan belajar berikut:

  • Paham sebab topik yang diucapkan
  • Memahami topik yang dibicarakan, mempengaruhi segi kehidupan dan bagaimana orang-orang dapat memberikan respon.
  • Mempunyai keahlian belajar dengan independen serta mengelola diri sendiri.

Dengan tujuan belajar tersebut, maka kamu diharapkan akan mempunyai beberapa kemampuan, seperti mampu mengidentifikasi sebab-sebab topik yang sedang dibicarakan, menjelaskan akibat-akibat topik yang sedang dibicarakan dan menjelaskan akibat-akibat topik yang sedang dibicarakan.

Untuk mempelajari materi lainnya selain sebab akibat dalam Bahasa Inggris, kamu bisa langsung bergabung dalam kursus bahasa Inggris bersama ICAN English.

Kami menawarkan program kursus Bahasa Inggris dengan berbagai materi, disediakan juga tutor profesional untuk mendampingi belajar secara intensif dan menyenangkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web