Contoh kalimat future continuous tense

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Apr 22, 2022 | Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa inggris tidak akan terasa lengkap tanpa mempelajari grammar atau struktur kalimatnya. Hal tersebut cukup penting diketahui untuk kepentingan akademik. Salah satu bentuk grammar yang perlu kamu ketahui yakni, future continuous tense. Di bawah ini merupakan penjelasan serta contoh kalimat future continuous tense.

Baca Juga: KETERANGAN WAKTU FUTURE CONTINUOUS TENSE

Penjelasan Serta Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Untuk mempelajari grammar lebih jauh tentu saja kamu perlu tahu terkait pengertian, rumus serta contoh penggunannya agar lebih paham. Berikut merupakan penjelasan serta contoh kalimat future continuous tense yang perlu diketahui, terutama jika kamu sedang belajar bahasa Inggris.

1. Pengertian Kalimat Future Continuous Tense

Future continuous tense merupakan salah satu cabang dari bentuk continuous tense. Future continuous tense merupakan bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung di waktu yang akan datang dengan keterangan waktu yang spesifik. Dengan kata lain grammar ini memiliki durasi waktu.

2. Rumus Kalimat Future Continuous Tense

Selanjutnya, untuk rumus yang digunakan tidak jauh berbeda dengan simple future tense, tetapi dengan tambahan. Untuk pola kalimat positif rumusnya adalah Subjek+will/shall+be+verb-ing+complement. Lalu rumus untuk pola negative adalah subject+will/shall+not+be+verb-ing+complement. terakhir untuk pola introgatif will/shall+subjek+be+verb-ing+complement.

3. Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Selanjutnya contoh kalimat future continuous tense dengan pola positif: Suci will be joining math competition this Saturday (Suci akan mengikuti kompetisi matematika sabtu ini). kemudian untuk pola kalimat negative: She won’t be running at this time tomorrow (dia tidak akan berlari jam segini besok).

Terakhir, contoh kalimat future continuous tense untuk pola kalimat introgatif atau bentuk kalimat Tanya: will you be coming to her house tomorrow night? (apakah kamu akan datang kerumahnya besok malam?

Baca Juga: PERBEDAAN FUTURE TENSE DAN FUTURE CONTINUOUS TENSE

Fungsi Kalimat Future Continuous Tense

Berikutnya, setelah kamu tahu penjelasan serta contoh kalimat future continuous tense kamu juga perlu tahu fungsi atau kegunaannya. Berikut merupakan beberapa fungsi dari future continuous tense.

1. Menanyakan Kegiatan Yang Sedang Atau Akan Terjadi Di Waktu Tertentu

Fungsi pertama dari future continuous tense yakni sebagai ungkapan suatu aktivitas yang akan dilakukan atau sedang dilakukan di waktu tertentu pada masa depan. Untuk meunjukan waktu yang spesifik, kamu perlu menambahkan keterangan waktu sebagai complement.

2. Menunjukan Kejadian Apa Yang Tengah Berlangsung Di Saat Kejadian Lain Terjadi Di Masa Depan

Fungsi berikutnya dari future continuous tense juga bisa digunakan untuk menyatakan terdapat suatu tindakan dengan durasi yang panjang di masa depan yang akan diintervensikan oleh tindakan yang lebih pendek pada masa depan. Contoh: I will reading book, when my mom comes home (saya akan membaca buku ketika ibu pulang)

3. Menanyakan Sebuah Rencana Dengan Sopan

Selanjutnya future continuous tense juga berfungsi untuk mengajukan pertanyaan tentang rencana yang akan dilakukan seseorang secara sopan atau formal. Biasanya pertanyaan ini diajukan tanpa niatan akan mempengaruhi rencana dari seseorang tersebut. Contoh: will she coming home? (apakah dia akan pulang?)

4. Menunjukan Pengaturan Suatu Jadwal

Kamu bisa menggunakan future continuous tense untuk membicarakan terkait arrangement atau pengaturan jadwal. Dalam hal ini digunakan untuk menunjukan pengaturan jadwal dengan waktu yang telah ditentukan di masa mendatang.

5. Menunjukan Harapan Tentang Sesuatu yang Akan Terjadi di Masa Depan

Berikutnya, future continuous tense juga digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang tengah terjadi. Namun, kamu berharap sesuatu tersebut akan terjadi di masa mendatang. Secara sederhana tenses ini digunakan untuk menyatakan harapan.

6. Memprediksi Kejadian Di Masa Depan

Fungsi berikutnya dari future continuous tense yakni dilakukan untuk memprediksi atau menduga terkait sesuatu yang akan datang di masa depan. Contohnya: don’t go out today, it will be raining outside (jangan bepergian hari ini, akan terjadi huja diluar)

Penjelasan serta contoh kalimat di atas bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk lebih memahami grammar jenis ini. selain mengetahui penjelasan serta contohmya, kamu juga perlu tahu mengenai fungsi atau kegunaan dari grammar tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH