contoh kalimat modals bahasa inggris

Contoh Kalimat Modals Bahasa Inggris

Contoh kalimat modals dalam bahasa Inggris maksudnya adalah contoh penggunaan kata kerja bantu. Penggunaan modal berfungsi supaya kamu bisa mengungkapkan bagaimana sikap pembicara terhadap sebuah hal yang terjadi.

Jadi, modal tidak lepas dari kebutuhan, saran, izin, atau hal yang mungkin terjadi bagi penutur. Pada umumnya, semua modal pasti disertai kata kerja bentuk pertama atau verb 1. Agar lebih paham tentang modal, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English untuk memahami semua aspek dan materi bahasa Inggris dari awal.

Penjelasan dan Contoh Kalimat Modals

Seperti yang sudah diketahui bahwa, kalimat dalam bahasa Inggris harus mengandung verb dan modal hadir untuk membantu verb dalam sebuah kalimat. Modal sendiri memiliki beberapa jenis seperti; can/could, will/would, shall/should, may/might, dan must/had to.  Untuk mengetahui lebih jauh mengenai modal, kamu bisa melihat penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:
Penggunaan dan Contoh Modal Perfect

Rumus Pembentukan Kalimat Modal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai modal dalam kalimat bahasa inggris. langkah awal yang perlu diketahui yakni,rumus pembentukan kalimatnya. Untuk kalimat positif, rumusnya yaitu; subjek + modal + verb1 + object. Lalu, untuk kalimat negative; subjek + modal + not + verb1 + object. Terakhir, untuk kalimat Tanya; modal + subjek + verb1 + object.

Can/ Could

Jenis modal can (bentuk present) could (bentuk past) memiliki berbagai kegu.naan seperti; menyatakan kemampuan, menyatakan kemungkinan, menyatakan izin, menyatakan permohonan dengan sopan. Agar lebih memahami penggunaan nya kamu bisa melihat contoh berikut. Misalnya, untuk menyatakan kemampuan;  I can sing beautifully (saya dapat menyanyi dengan indah).

Kemudian, untuk contoh kalimat yang menyatakan kemungkinan; I could not heard what you said (aku tidak bisa mendengar yang kamu katakana). Contoh, kalimat menyatakan izin; you can take this cake (kamu bisa membawa kue ini). Contoh kalimat menyatakan permohonan dengan sopan; can I use the chair? (bisakah saya menggunakan kursinya?).

Will/ Would

Untuk kata will (bentuk present) would (bentuk past) terdapat berbagai fungsi diantaranya; untuk menyatakan suatu rencana, untuk menyatakan kemauan, untuk menyatakan perkiraan, dan untuk menyatakan permohonan dengan sopan (untuk would). Adapun, contoh kalimat untuk menyatakan rencana yaitu; I will go to Bandung tomorrow morning (aku akan pergi ke Bandung besok pagi).

Lalu, contoh kalimat untuk menyatakan kemauan; I will invite you to my party (aku akan mengundangmu ke pestaku). Contoh kalimat yang menyatakan perkiraan; if it rains today, I will stay at home (jika hari ini hujan, aku akan berdiam di rumah). Contoh kalimat menyatakan permohonan; would you please tell the truth? (bisakah kamu mengatakan kebenarannya?).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Shall

Kata shall digunakan untuk subjek “I” dan “we”. Bentuk modal ini juga digunakan untuk menyatakan suatu rencana dan memberikan saran dalam kalimat Tanya. Contoh kalimat modal shall untuk menyatakan rencana yaitu; we shall come to her house (kita harus datang ke rumahnya). Lalu, untuk memberikan saran; you shall ask me first (kamu harus bertanya kepadaku lebih dulu).

Should

Modal jenis should digunakan untuk menyatakan suatu saran. Namun, bentuk saran yang dalam makna kata ini tidak begitu mengharuskan seseorang untuk melakukannya. Adapun, contoh kalimatnya yakni; you look so tired after work, you should take a rest (kamu terlihat lelah setelah bekerja, kamu sebaiknya beristirahat).

May/Might

Selanjutnya, jenis modal may (bentuk present) dan might (bentuk past), digunakan untuk menyatakan kemungkinan (tidak yakin 100) atau masih agak ragu dan untuk menyatakan izin. Untuk lebih memahami konsep penggunaanya, kamu bisa lihat di contoh berikut.

Contoh kalimat modal untuk menyatakan kemungkinan yang tidak 100% yakin; John doesnt come to the school today, he may didnt feel good (John tidak datang ke sekolah hari ini, dia mungkin sedang kurang sehat). Lalu, untuk kalimat menyatakan izin; you might meet your parent (kamu boleh menemui orang tuamu).

Must/Had To

Terakhir, must/had to digunakan untuk menyatakan suatu keharusan dan prediksi yang pasti. Contoh kalimat untuk menyatakan keharusan; you must pay the bill (kamu harus membayar tagihannya). Lalu, contoh kalimat untuk menyatakan prediksi; after doing the hard work, I had to take a rest (setelah bekerja keras, aku harus istirahat).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Continuous Tense

Tips Penggunaan Modals Bahasa Inggris Untuk Waktu Lampau Perfect

Contoh kalimat modals untuk kesimpulan lampau menggunakan must have + V3 adalah Anto failed the interview. He must have not studied. Jika ingin mengungkapkan kemungkinan lampau bisa menggunakan Might have + V3 dengan contoh Joanna was not here. She might have been sick.

Modal perfect juga dapat kamu gunakan untuk sebuah keharusan yang tidak dikerjakan saat masa lampau, seperti contoh Joanna didnt pass the exam, she should have studied more. Sehingga, maknanya adalah ia tidak lulus tes karena tidak belajar.

Ada juga modal perfect menggunakan rumus could have + Verb 3, yaitu kemampuan yang tidak dipakai di masa lalu, seperti contoh Joanna could have done the DIY project herself. Maknanya, dia sebenarnya mampu menyelesaikan DIY project-nya sendiri, tetapi dia tidak melakukannya sendiri.

Dari seluruh contoh kalimat modals lengkap dengan penjelasannya, maka kamu jadi lebih tahu bagaimana menggunakan modals untuk berbagai kondisi. Kamu juga bisa belajar mengusai materi modals secara mudah dengan memanfaatkan program kursus bersama tutor berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English dan bisa langsung konsultasi dengan tim kami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi