Contoh kalimat modals

Contoh Kalimat Modals Bahasa Inggris

Jan 17, 2022 | Bahasa Inggris

Contoh kalimat modals dalam bahasa Inggris maksudnya adalah contoh penggunaan kata kerja bantu. Penggunaan modal berfungsi supaya kamu bisa mengungkapkan bagaimana sikap pembicara terhadap sebuah hal yang terjadi.

Jadi, modal tidak lepas dari kebutuhan, saran, izin, atau hal yang mungkin terjadi bagi penutur. Pada umumnya, semua modal pasti disertai kata kerja bentuk pertama atau verb 1. Agar lebih paham tentang modal, kamu bisa belajar tenses Bahasa Inggris bersama ICAN English.

Baca Juga:

CONTOH KALIMAT PRESENT PERFECT TENSE

Apa Saja Macam-Macam Modals

Ada beberapa macam penggunaan modals yang perlu kamu tahu dalam belajar bahasa Inggris. Semua akan dibahas secara lengkap beserta contohnya sebagaimana berikut:

1. Modal Present

Dalam modal present, kamu bisa belajar tentang will, shall, must, may, should/ought to, dan can. Berikut adalah masing-masing penjelasan dan contohnya:

Will – Artinya “akan”, menyebutkan peristiwa future simple tense, sama halnya dengan “be going to”. Contoh, I will go to Kendal tomorrow morning (Saya akan pergi ke Kendal besok pagi). Kamu juga bisa menggunakan will untuk meminta secara sopan atau menawarkan sesuatu, seperti contoh berikut: Will you take care of the dog for a minute?

Shall – Artinya “akan” pada bentuk future tense, seperti contoh I shall go to Semarang tomorrow morning, atau untuk menawarkan bantuan seperti contoh Shall I open the door?, atau untuk menyatakan janji dengan contoh “I shall call Sam tomorrow.”

Must – Artinya “harus”, untuk menyatakan keharusan “You must leave Joanna alone”, Must not bermakna larangan seperti contoh “You must not drink too much.”

May – Artinya “mungkin, boleh”. Kata kerja bantu ini berfungsi untuk permohonan izin “May I borrow your sandal?”, atau untuk permohonan dan harapan “May Allah protect you.”

Should/ought to – Artinya “seharusnya”. Gunakan kata kerja bantu tersebut menyatakan “seharusnya” seperti contoh She ought to be at the airport right now. Atau gunakan untuk menyatakan pekerjaan yang terabaikan seperti Sam ought to finish the project last week, but he couldn’t achieve.

Can – Artinya “dapat”. Can bisa berfungsi untuk menyatakan kesanggupan atau keahlian, seperti contoh “I can swim”, atau untuk meminta izin “Can I borrow your sandal?”, juga untuk menyatakan sebuah kemungkinan seperti “Smith can be sick.”

2. Modal Past

Selain modal present, kamu juga harus tahu tentang modal past. Modal past membahas tentang would, should, must/had to, might, could, berikut penjelasannya.

Would – Bentuk lampau will, maknanya “Akan”, seperti “He would be injured before he stopped.” Atau berfungsi suatu permohonan maupun permintaan sopan, seperti contoh “Would you please help Sam to call his mother?”. Apabila kamu menggabungnya dengan kata “like”, berfungsi menunjukkan keinginan, seperti contoh “I would like to go out alone.” Menggabungnya dengan “rather” bermakna lebih suka, contohnya “I would rather be with her than alone.”

Should – Gunakan untuk menyatakan bentuk lampau shall seperti “When he visited my house, I should greet him.” Atau berfungsi sebagai anjuran “The rain is so heavy, you should not go outside.” Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk keharusan seperti “Jim should work harder”.

Kamu juga bsa menggunakan should pada bentuk lampau jika ingin membicarakan kegiatan yang seharusnya kamu lakukan tapi tidak kamu kerjakan, sehingga merasa menyesal, seperti contoh: “Sam should study hard before taken a test.” Makna sebenarnya, Sam tidak belajar dengan tekun walaupun tetap mengikuti tes.

Must/Had to – Bentuk past dari kata Must, sehingga merupakan keharusan yang tidak boleh kamu kerjakan, seperti contoh “You must not fail in the exam yeseterday”.

Might – Kalimat berita dalam bentuk past tense, dengan contoh “The article said, it might storm tomorrow.” Atau untuk mengungkapkan hal lebih sopan “Joni might do the interview well”, dan menyatakan sebuah kemungkinan besar “Amanda did not attend the meeting today. She might be sick.”

Could – Bentuk past tense “can”, untuk semua jenis subjek. Penggunaan tidak selalu past tense, tapi bisa digunakan untuk past seperti “Mary could play guitar when she was at senior high school”. Atau meminta sesuatu secara sopan seperti “Could you help Sam now?” dan juga berbicara kemungkinan seperti contoh “She could be at her office now.”

Baca Juga:

CONTOH KALIMAT CONTINUOUS TENSE

Tips Penggunaan Modals Bahasa Inggris Untuk Waktu Lampau Perfect

Contoh kalimat modals untuk kesimpulan lampau menggunakan must have + V3 adalah “Anto failed the interview. He must have not studied. Jika ingin mengungkapkan kemungkinan lampau bisa menggunakan Might have + V3 dengan contoh “Joanna was not here. She might have been sick.”

Modal perfect juga dapat kamu gunakan untuk sebuah keharusan yang tidak dikerjakan saat masa lampau, seperti contoh “Joanna didn’t pass the exam, she should have studied more.” Sehingga, maknanya adalah ia tidak lulus tes karena tidak belajar.

Ada juga modal perfect menggunakan rumus could have + Verb 3, yaitu kemampuan yang tidak dipakai di masa lalu, seperti contoh “Joanna could have done the DIY project herself.” Maknanya, dia sebenarnya mampu menyelesaikan DIY projectnya sendiri, tetapi dia tidak melakukannya sendiri.

Dari seluruh contoh kalimat modals lengkap dengan penjelasannya, maka kamu jadi lebih tahu bagaimana menggunakan modals untuk berbagai kondisi. Kamu juga bisa belajar mengusai materi modals secara mudah dengan memanfaatkan program kursus bersama tutor berpengalaman.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH