penggunaan dan contoh modal perfect

Penggunaan dan Contoh Modal Perfect

Saat belajar Bahasa inggris, terdapat banyak macam kalimat sesuai bentuk waktu, atau disebut sebagai tenses. Pengertian tenses yaitu bentuk kata kerja untuk menunjukkan waktu. Nah, modal perfect sendiri adalah salah satu materi yang ada di tenses simple perfect. Secara umum, terdapat lima bentuk tenses atau waktu dalam bahasa Inggris, sebagaimana berikut:

  • Simple present
  • Simple past
  • Simple future
  • Simple present
  • Simple present conditional
  • Simple perfect conditional

Dari semua tenses tersebut, maka dapat berkembang menjadi 16 tenses pada tiap pokok tenses. Pada artikel ini, ICAN English akan menjelaskan tentang pengertian dan juga contoh kalimat modal perfect, sebagai bagian dari bentuk simple perfect.

Apa Itu Perfect Modal

Perfect modal adalah sebuah struktur kalimat berbentuk Modal Verb + Have + Past Participle. Modal verb digunakan untuk menunjukkan macam-macam fungsi atau beberapa diantaranya yang sering dipakai yaitu would, should, might, must, can, dan juga may.

Agar lebih memahami bentuk kalimat perfect modal, kamu bisa menggunakan rumus berikut: Modal verb + have + past participle.

Berikut adalah contoh kalimat perfect modal yang bisa kamu pelajari:

Should Have

Should have digunakan guna membicarakan atau mengatakan hal yang harus terjadi, tetapi ternyata belum terjadi. Contoh, saat ini semestinya kamu harus menerima hadiah dari seorang teman, tapi ternyata belum. Untuk menyatakan hal tersebut, maka berikut adalah contohnya:

a. Joanna should have celebrated her wedding anniversary this month – Joanna seharusnya telah merayakan hari pernikahannya bulan ini.

b. Ben should have sent the letter this month – Ben seharusnya sudah mengirimkan surat bulan ini.

Could Have

Saat ingin membicarakan hal yang dapat dilakukan di masa lalu, tetapi tidak dilakukan atau sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan rumus ini. Contohnya, kamu bisa menjadi siswa terbaik, tapi tidak belajar sehingga tidak dapat memperoleh penghargaan tersebut, dengan contoh kalimatnya berikut:

I could have received the award as the best student, but I didnt study hard for that.

Baca Juga :
Siaran Radio untuk Belajar Bahasa Inggris

Would Have

Gunakan would have sebagai modal perfect untuk menyatakan peristiwa yang terjadi di masa lalu, namun tidak terjadi pada kenyataannya. Contoh kemarin kamu akan nonton sepak bola jika tidak ada tugas di rumah. Untuk mengungkapkan hal tersebut, berikut adalah contoh kalimatnya:

 I would have watched the football match if I didnt have any tasks at home.

Might/May/Could

Gunakan may/could/might untuk membicarakan berbagai kemungkinan di masa lampau. Contoh, bulan lalu kamu melihat seseorang tampak begitu lelah dan kamu beranggapan bahwa mungkin ia bekerja sangat keras, berikut adalah contoh kalimatnya:

He might have worked hard because he was very tired yesterday.

Must Have

Must have digunakan saat kamu merasa yakin jika terdapat suatu hal yang sudah terjadi di masa lalu. Contoh, laptop kamu rusak tiba-tiba, saat kamu sedang pergi keluar rumah. Sementara kamu hanya tinggal bersama adik. Maka kamu beranggapan 100% orang yang merusak laptop tersebut adalah adik, maka kalimat Bahasa inggrisnya adalah berikut:

My brother must have broken my laptop

Baca Juga:
Tips Bahasa Inggris Jadi Lancar

Contoh Modal Perfect Dalam Dialog

Berikut adalah contoh penggunaan modal perfect dalam dialog:

Ben: Hi, Sam. Do you see Joanna today? (Hai, Sam. Apakah kamu melihat Joanna hari ini?)

Sam: No, Why? (Tidak, kenapa?)

Ben: Joanna should have come to our house today. (Joanna seharusnya datang ke rumah kita hari ini.)

Sam: Maybe you need to call her to make sure everything is alright. (Mungkin, kamu harus menghubunginya untuk memastikan semua baik-baik saja).

Mau belajar lebih banyak lagi tentang materi Bahasa inggris? ICAN English menyediakan program kursus Bahasa Inggris dengan metode pembelajaran yang intensif dan menyenangkan. Kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman yang telah melewati rangkaian latihan agar proses belajar kamu bisa lebih maksimal. Semua materi yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi