Contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris

Contoh Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris atau disebut dengan imperative sentences merupakan salah satu cara praktis di mana kamu bisa memahami kalimat secara langsung dengan melihat contoh. Biasanya contoh kalimat tersebut sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kamu bisa cepat hafal dan tahu bagaimana cara menggunakan kalimat perintah.

Kalimat perintah baik dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia tidak jauh berbeda. Semua materi terkait kalimat imperatif dapat kamu pelajari secara mendalam bersama ICAN English melalui pembahasan ini.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT POSSIBILITY BAHASA INGGRIS

Penggunaan Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Kalimat perintah dalam bahasa Inggris merupakan jenis kalimat yang digunakan supaya kamu bisa mengungkapkan instruksi, nasihat, perintah, permintaan, ataupun saran dan arahan. Imperative sentences juga disebut sebagai kalimat directive karena dapat mengandung arahan bagi seseorang.

Penggunaan kalimat imperative dapat disertai dengan tanda seru (!) ataupun tanda titik (.), sehingga kamu bisa memilih salah satu, bergantung pada penekanan maupun konteks kalimat. Kalimat yang mempunyai tanda seru pasti sifatnya lebih tegas. Imperative Sentences bisa berupa kalimat pendek, kalimat simple, ataupun kalimat panjang dan kompleks.

Banyak orang merasa terkecoh membedakan antara kalimat berita atau deklaratif dengan kalimat perintah. Perhatikan contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris berikut agar kamu bisa memahaminya secara mudah:

1. Close the Door!

2. Please, don’t be noisy.

3. Get out of my way!

4. Please, let me alone.

Kalimat perintah bahasa Inggris mempunyai fungsi yang sangat penting terutama untuk berbicara atau menulis. Dalam menulis, imperative sentences sering digunakan untuk menulis buku petunjuk, periklanan, instruksi, ataupun tanda jalan. Sedangkan kalimat perintah untuk percakapan sehari-hari cukup mudah dipraktekkan dan sangat berguna apabila kamu ingin memberikan perintah, instruksi, arahan, nasehat, saran, ataupun permintaan.

Selain itu, kamu juga wajib mengetahui bahwa setiap kalimat pasti mempunyai subjek tetapi hampir semua contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris tidak selalu punya subjek. Biasanya, imperative sentences cenderung didahului kata kerja supaya menandakan perintah pada seseorang yang sedang diajak berbicara secara langsung tanpa harus memanggil namanya sebagaimana contoh berikut:

John, turn off the lamp! – John, matikan lampunya!

Turn off the lamp! – Matikan lampunya

Amanda, eat your dinner please. – Amanda makanlah makan malammu.

Eat your dinner please – Makanlah makan malammu.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT ASKING ATTENTION

Perbedaan Antara Kalimat Perintah Dan Kalimat Deklaratif

Sekarang kamu sudah memahami seperti apa contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris. Walaupun begitu, terkadang masih bingung dalam membedakan antara mana yang merupakan kalimat perintah dan mana yang kalimat berita atau declarative sentences. Apalagi kedua jenis kalimat tersebut selalu mempunyai tanda titik pada akhir kalimat. Ketika belajar bahasa Inggris, kedua kalimat ini memang terkesan sama.

Letak perbedaan antara kalimat perintah dan kalimat berita yaitu kegunaan masing-masing. Imperative sentences atau kalimat perintah ditujukan untuk menyampaikan permintaan atau perintah. Sedangkan declarative sentences bertujuan untuk mengungkapkan sebuah pernyataan sebagaimana contoh berikut:

  • Drink your milk – Minum susumu – Imperative sentences
  • John drinks a glass of milk – John meminum segelas susu – Declarative sentences.
  • Open the door. – Buka Pintunya – Imperative sentences
  • Joanna opens the door – Joanna membuka pintu – Declarative sentences.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana contoh kalimat perintah dalam bahasa Inggris. Sekarang kamu bisa mencoba untuk membuat imperative sentences sendiri di rumah. Pastikan untuk tidak menambahkan subjek pada kalimat perintah bahasa Inggris karena kamu menyampaikan perintah tersebut secara langsung kepada orang yang dimaksud tanpa harus memanggil namanya.

Kemudian gunakan kata kerja pada bagian awal kalimat dengan kata kerja bentuk verb 1. Apabila ingin membuat kalimat berbentuk larangan, maka gunakan tambahan Don’t sebelum kata kerja pertama. Sedangkan untuk kalimat perintah yang sopan dan halus bisa menambahkan kata please.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH