Kalimat positif simple present tense

Kalimat Positif Simple Present Tense

Jan 28, 2022 | Bahasa Inggris

Simple present tense tentunya sama dengan tenses lainnya, ada kalimat positif simple present tense, kalimat negative dan interogativenya. Simple present tense sendiri adalah struktur kalimat bahasa Inggris yang menegaskan pada kegiatan atau aktivitas berulang atau secara rutin dilakukan.

Kalimat ini juga biasanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang bersifat fakta. Karena merupakan kegiatan yang berlangsung saat ini, maka keterangan waktu yang digunakan dalam tenses ini adalah sometimes, everyday, usually, never, ever, dan sebagainya.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT PRESENT PERFECT TENSE

Contoh Kalimat Positif

Untuk membentuk kalimat positif simple present tense, kamu perlu mengikuti aturan grammar yang berlaku. Pertama, kalimat yang satu ini dibagi menjadi dua jenis, yakni kalimat verbal atau kalimat yang memiliki kata kerja. Lalu, ada kalimat nominal atau kalimat tanpa kata kerja.

Berikut contoh kalimat positif simple present tense yang perlu kamu tahu:

Rumus kalimat verbal: Subject + Verb 1 + s/es + Object. Contoh kalimat ini adalah I go to school every day, serta She replies to my messages once a day.

Sedangkan, rumus kalimat nominal positif simple present tense adalah Subject + to be (is,am,are)+ Adverb (kata keterangan). Contoh kalimatnya adalah I am happy every day. Kalimat nominal biasanya dilengkapo dengan to be, yakni am, is, are.

Beberapa catatan penting yang perlu kamu ketahui dari tenses yang satu ini adalah

  • Kata kerja orang ketiga tunggal selalu berakhiran -s
  • Bentuk negatif dan pertanyaan menggunakan DOES (= orang ketiga dari ‘DO’) + infinitive dari kata kerja. Contoh Does he want strawberry?
  • Kata kerja yang berakhiran -y : orang ketiga mengubah -y menjadi -ies , contohnya fly –> flies, cry –> cries
  • Tambahkan -es ke kata kerja yang berakhiran:-ss, -x, -sh, -ch. Contohnya, he passes, she catches, he fixes, it pushes.

Penting untuk memahami semua bentuk kalimat agar kamu bisa menerapkannya dalam tulisan maupun lisan. Bentuk kalimat positif, negative dan interogatif tentu memiliki rumus yang berbeda yang harus kamu pahami dengan baik.

Baca Juga: POLA KALIMAT PRESENT CONTINUOUS TENSE

Bagaimana Membentuk Pola Kalimat Present Tense?

Dalam simple present, kebanyakan kata kerja reguler menggunakan bentuk akar, kecuali pada orang ketiga tunggal (yang berakhiran -s). Contoh:

  • First-person singular: I write
  • Second-person singular: You write
  • Third-person singular: He/she/it writes (note the ‑s)
  • First-person plural: We write
  • Second-person plural: You write
  • Third-person plural: They write

Untuk beberapa kata kerja, orang ketiga singular menggunakan akhiran -es. Biasanya, kata kerja ini menggunakan bentuk akar yang berakhiran o, ch, sh, ss, gh, atau z.

  • First-person singular: I go
  • Second-person singular: You go
  • Third-person singular: He/she/it goes (note the ‑es)
  • First-person plural: We go
  • Second-person plural: You go
  • Third-person plural: They go

Untuk sebagian besar kata kerja reguler, kamu menempatkan negasi kata kerja sebelum kata kerja tersebut, mis. “She won’t go” atau “I don’t smell anything.”

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH