Contoh kalimat prohibition

Contoh Kalimat Prohibition Bahasa Inggris

Feb 21, 2022 | Bahasa Inggris

Contoh kalimat prohibition atau kalimat larangan dalam bahasa inggris dapat kamu gunakan ketika ingin memberikan nasehat atau ingin mencegah seseorang dari perbuatan tidak terpuji. Ketika menjalani kehidupan, terkadang kamu menjadi saksi perbuatan tercela yang dilakukan orang lain. Contoh ketika kamu melihat orang membuang sampah sembarangan, maka kamu harus menegur seseorang tersebut.

Walaupun ingin menegur atau memberikan nasehat, maka kamu harus menggunakan berbagai kalimat yang sopan dan tepat. Jangan sampai niat menegur atau memberikan nasehat malah membuat pelaku tersinggung, sehingga malah tidak sadar atau tidak jera. Dalam bahasa inggris, contoh kalimat prohobition menggunakan kata “don’t”.

Baca juga: CONTOH KALIMAT CONGRATULATION BAHASA INGGRIS

Jenis-Jenis Prohibition Sentence

Prohibition sentence merupakan kalimat larangan. Jenis kalimat tersebut terdiri dari dua jenis. Pertama adalah larangan verbal atau verbal prohibition dan yang kedua adalah nominal verbal, tidak ada kata kerja didalamnya.

Prohibition juga mempunyai satu pola, yaitu don’t be + infinitive, atau don’t be. Supaya lebih paham tentang materi prohibition, kamu bisa mempelajarinya dalam pembahasan artikel ini bersama ICAN English.

1. Verbal Prohibiton

Larangan verbal ini mempunyai struktur don’t atau don’t sebelum bare infinitive. Bare infinitive adalah kata kerja atau verb yang bisa kamu gunakan tanpa harus menambahkan “to” pada kalimat bersangkutan. Bare infinitive juga disebut short infinitive, base form, juga zero infinitive.

Contoh kalimat verbal prohibition adalah berikut:

  • Don’t scream = jangan berteriak!
  • Don’t move = jangan bergerak!
  • Don’t hurt me! = jangan sakiti aku!
  • Don’t leave me alone! = jangan tinggalin aku sendirian!

Selain menggunakan contoh kalimat di atas, kamu juga bisa menggunakan kalimat larangan yang lebih sopan, disebut polite prohibition. Kalimat ini disertai kata “please” supaya lebih halus. Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • Please don’t cry! – Tolong jangan menangis!
  • Please don’t move – Tolong jangan bergerak!
  • Please don’t go anywhere! – Tolong jangan pergi kemanapun!
  • Don’t hurt me, please! – Tolong jangan sakiti saya!

2. Nominal Prohibition

Nominal adalah jenis kalimat yang berisikan kata kerja atau verb. Kamu bisa menggunakan kata keterangan atau adverb, kata benda atau noun, dan kata sifat atau adjective. Ciri khas penggunaan nominal prohibition adalah pemakaian be. Berikut adalah contoh kalimat nominal prohibition:

  • Don’t be silly!/ Don’t be crazy! – Jangan konyol deh!
  • Don’t be so rude! – Jangan bersikap kasar!
  • Don’t be late! – Jangan terlambat
  • Don’t be confused – Jangan bingung!

Kalau penggunaan be ditambah dengan kata benda atau nama orang, maka maknanya adalah “jadilah”, sebagaimana contoh berikut:

  • Be a doctor! – Jadilah seorang doktor!
  • Don’t be a stupid person! – Jangan jadi orang bodoh!
  • Don’t be a liar! – Jangan jadi seorang pembohong
  • Be a gentlement! – Jadilah orang yang gagah!

Baca Juga: CONTOH KALIMAT INSTRUCTION BAHASA INGGRIS

Contoh Dialog Kalimat Larangan

Contoh dialog kalimat biasanya ada di materi awal dalam kursus bahasa Inggris. Tutor biasanya akan mengajarkan materi yang satu ini agar kamu bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris.

Joanna: I am so sorry for coming late.

Anna: Why do you come late? I have been waiting.

Joanna: I need to go back to home because I forgot to bring the documents.

Joanna: Okay, don’t come late next time, please.

Anna: Thank you

Contoh dialog kalimat larangan di atas menceritakan Joanna dan Anna yang punya janji, tetapi Joanna datang terlambat. Ketika meminta maaf dan Anna tanya alasannya, Joanna menjawab bahwa dia harus kembali pulang ke rumah karena lupa membawa semua dokumen penting. Joanna meminta supaya hari berikutnya jangan sampai terlambat lagi.

Sekarang, kamu sudah belajar lengkap tentang contoh kalimat prohibition. Dengan ilmu yang kamu pelajari ini, akan lebih mudah kalau dipraktekkan baik dalam bentuk ucapan atau tulisan di rumah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH