Contoh kalimat simple past continuous tense

Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

Apr 22, 2022 | Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris untuk kepentingan akademik, kamu pasti akan belajar mengenai grammar. Salah satu jenis grammar yang akan dipelajari yakni past continuous tense. Bentuk grammar tersebut digunakan untuk menyatakan hal-hal tertentu. Sehingga, penting untuk mengetahui penjelasan dan contoh kalimat simple past continuous tense.

Grammar biasanya digunakan untuk menulis sesuatu yang berbau akademik. Untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah tentu saja penting untuk mengetahui ilmu grammar dalam bahasa inggris. di bawah ini informasi tentang past continuous tense yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: KETERANGAN WAKTU FUTURE CONTINUOUS TENSE

Penjelasan Serta Contoh Simple Past Continuous Tense

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan simple past tense yang digunakan untuk menyatakan kejadian di waktu lampau. Past continuous tense merupakan bentuk lain dari past tense. Berikut merupakan penjelasan serta contoh kalimat simple past continuous tense yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan tentang grammar dalam bahasa inggris.

1. Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tenses merupakan bentuk tenses yang menjelaskan mengenai kejadian yang sedang terjadi di masa lalu. Selain itu, tenses ini juga menjelaskan mengenai kejadian yang terjadi di masa lampau dan masih berlangsung hingga kejadian berikutnya terjadi. Aksi yang disebutkan dalam tenses tersebut telah dimulai,tetapi belum selesai pada saat itu.

2. Rumus Untuk Past Continuous Tense

Berikutnya, setelah mengetahui pengertiannya kamu juga peru tahu mengenai rumusnya. Untuk kalimat bentuk positif rumus yang digunakannya yaitu: subjek + be (was/were) + present participle (verb-ing).

Selanjutnya, untuk bentuk kalimat negative, rumus yang digunakan yaitu: subjek + be (was/were) + not + present participle (verb-ing). Terakhir, untuk kalimat bentuk interogatif rumus yang digunakan yaitu: be (was/were) + subjek + present participle (verb-ing).

3. Keterangan Waktu Yang Digunakan

Selanjutnya, jika kamu ingin menyebutkan dua kejadian dalam satu waktu menggunakan past continuous tense, maka perlu ditambahkan keterangan waktu. Pertama, untuk menunjukan dua kegiatan dalam satu waktu, kamu bisa menambahkan kata “while”. Contoh: I was eating while my brother sleeping (aku sedang makan, selagi saudaraku tertidur)

Selanjutnya, untuk menunjukan kegiatan dengan waktu yang spesifik kamu bisa menggunakan kata “when”. Contohnya: they were studying, when I came (mereka sedang belajar ketika saya datang).

Baca Juga: CONTOH KALIMAT CONTINUOUS TENSE

Contoh Penggunaan Past Continuous Tense

Setelah mengetahui terkait penjeasan serta contoh kalimat simple past continuous tense berdasarkan keterangan waktunya. Kamu juga perlu tahu terkait contoh penggunaan past continuous tense berdasarkan kegiatan yang dilakukannya. Berikut, merupakan penjelasan past continuous tense berdasarkan kegiatannya.

1. Untuk Menunjukan Kejadian Yang Dimulai, Sedang Berlangsung, Serta Selesai Di Masa Lampau

Pertama, past continuous tense bisa digunakan untuk menunjukan kejadian yang tengah dimulai, sedang berlangsung, juga telah selesai di masa lampau. Adapun, untuk contoh kalimatnya yakni she was listening to music at 2.30 PM (dia mendengarkan musik pada jam 2.30 di siang hari).

Selanjutnya, untuk contoh kalimat lain dari past continuous dengan kegunaan ini yaitu: they were playing football together at the field after school (mereka sedang bermain bola bersama di lapanagan sepulang sekolah).

2. Untuk Menunjukan Sesuatu Yang Sedang Berlangsung Di Masa Lampau, Dan Masih Terjadi

Selanjutnya, past continuous tense juga digunakan untuk menunjukan kejadian yang sedang berlangsung dan kejadian tersebut masih terjadi hingga kejadian berikutnya terjadi. Adapun untuk contoh pertamanya yakni: I was sleeping when she arriving (aku sedang tertidur, ketika dia datang.

Adapun, untuk contoh lain yang menunjukan past continuous terkait hal ini yaitu: my sisters were making some cookies when I come home (saudara-saudara perempuan saya sedang membuat biscuit ketika saya pulang)

Penjelasan serta contoh kalimat simple past continuous tense berikut bisa kamu jadikan gambaran untuk memunculkan pemahaman. Secara sederhana, past continuous tense digunakan untuk membicarakan tentang sesuatu yang sedang terjadi atau berlangsung di masa lampau. Selain itu, past continuous tense juga sering digunakan bersama past tense dalam satu kalimat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH