keterangan waktu future continuous tense

Keterangan Waktu Future Continuous Tense

Keterangan waktu future continuous tense adalah salah satu materi bahasa Inggris yang sering digunakan dalam menjelaskan tindakan di masa mendatang.  Kejadian tersebut bisa berlanjut dalam waktu lama yang diharapkan.

Future continuous juga disebut sebagai Future progressive tense, digunakan dalam action verb. Bentuk kalimat ini wajib kamu pelajari untuk mendukung percakapan maupun menulis kosakata bahasa Inggris secara benar.

Baca Juga:
Perbedaan Future Tense dan Future continuous tense

Keterangan Waktu Dalam Future Continuous Tense

Dalam mempelajari future continuous tense, terdapat kata keterangan waktu atau time signal. Berikut adalah keterangan waktu future continuous tense yang wajib kamu ketahui:

  • Tomorrow – besok
  • While – sementara
  • When – ketika
  • If – kalau
  • At this time tomorrow – pada saat ini besok
  • At the same time next week – pada waktu yang sama minggu depan

Tidak jauh berbeda dengan bentuk continuous lainnya, future continuous tense menyatakan sesuatu yang sedang diproses di waktu mendatang. Supaya lebih paham atau mengerti, berikut adalah contoh kalimatnya.

Now, Joanna is studying English. (Sekarang, Joanna sedang belajar Bahasa Inggris)

apabila ingin mengatakan bahwa Joanna besok sedang belajar bahasa Inggris, maka pola kalimat yang benar adalah berikut:

Joanna will be studying English at the same time tomorrow (Joanna akan belajar Bahasa Inggris pada waktu yang sama besok)

Baca Juga:
Modul Belajar Bahasa Inggris Lanjutan

Fungsi Dan Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Dengan mempelajari future continuous tense ketika belajar bahasa Inggris akan membantu supaya kamu bisa mengerti dengan cepat ketika harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris, menyatakan kejadian yang akan datang baik untuk kalimat positif, negatif,  serta untuk menanyakan sesuatu secara sopan.

Gunakan future continuous tense dalam bentuk kalimat yang menyatakan sebuah kejadian yang akan datang pada jangka waktu panjang atau akan berlanjut. Ada beberapa fungsi dalam menggunakan future continuous tense sebagai percakapan maupun untuk menulis bahasa Inggris sebagaimana berikut:

  • Fungsi dasar future continuous tense untuk menyatakan kejadian maupun aksi pada waktu tertentu dan terjadi di masa depan. Contoh: Joanna and Tom will be teaching, tomorrow morning (Joanna dan Tom akan mengajar, besok pagi)
  • Kalimat future continuous tense untuk menebak atau memprediksi sebuah kejadian yang akan datang dan pasti bisa terjadi. Contoh: Joanna will be coming in a few minutes. She is on the way now. (Joanna akan datang dalam beberapa menit, dia sedang dijalan sekarang)
  • Future continuous tense merupakan kalimat yang bisa digunakan dalam bentuk pertanyaan sopan. Apabila menggunakan future continuous tense dalam bentuk pertanyaan, maka akan memberikan kesan menanyakan pendapat orang lain sesuai apa yang kamu tanyakan. Berbeda apabila kamu menggunakan bentuk simple future yang justru terkesan memaksa. Contoh: Will be you teaching our class tomorrow? (Apakah kamu akan mengajar kelas kita, besok?)

Baca Juga:
Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Future Continuous adalah Kalimat yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan atau sesuatu yang akan terjadi di masa depan sesuai dengan durasi waktu yang diharapkan. Bentuk dasar kalimat tersebut yaitu S+Shall/Will+Be.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web