Contoh kalimat simple past tense menggunakan kata kerja

Contoh Kalimat Simple Past Tense Menggunakan Kata Kerja

Apr 22, 2022 | Bahasa Inggris

Grammar bahasa Inggris terbilang cukup kompleks. Karena terdapat beberapa pola atau struktur yang berbeda. Pola tersebut mengikuti konteks waktu dalam kalimat yang ditulis. Salah satunya adalah simple past tense, masih banyak orang yang belum mengetahui contoh kalimat simple past tense menggunakan kata kerja.

Baca Juga: PELAJARAN BAHASA INGGRIS SIMPLE PRESENT TENSE

Ketika belajar bahasa Inggris, penting untuk memahaminya secara lengkap. Pemahaman tenses dalam bahasa Inggris memang kurang lengkap apabila tidak disertai contoh kalimatnya. Karena terkadang terdapat beberapa orang yang kurang mampu menerapkan suatu fungsi tenses apabila melihat rumusnya saja.

Contoh Kalimat Simple Past Tense Menggunakan Kata Kerja: Pengertian Simple past tense

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait contoh-contoh kalimat simple past tense, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu simple past tense. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Apa itu Simple Past Tense?

Simple past tense merupakan pola kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan atau menjelaskan kejadian di masa lampau. Yaitu kejadian yang memang telah selesai atau berakhir di masa lalu. Sehingga, dapat dikatakan bahwa past tense digunakan untuk menceritakan aktivitas yang terjadi di masa lalu.

Seperti yang diketahui bahwa dalam bahasa Inggris pola kalimat memang akan cenderung berubah sesuai konteks waktunya. Apabila menjumpai kalimat yang menceritakan masa lalu, maka sudah dipastikan polanya adalah past tense.

2. Rumus Simple Past Tense

Rumus simple past tense terbagi menjadi dua sesuai dengan bentuk kalimatnya. Yaitu kalimat nominal dan kalimat verbal. Kalimat nominal yaitu yang memerlukan to be sebagai predikatnya.

Kalimat verbal tidak memerlukan to be sebagai predikat, dapat langsung menggunakan verb. Rumus dari kalimat nominal adalah subject (I,you, they, we/ he, she, it) + to be (was, were) + complement (pelengkap).  Rumus dari kalimat verbal adalah subject + verb 2 + complement (pelengkap). Apabila kalimatnya negatif, maka dapat menambahkan did not sesudah subject.

3. Simple Past Tense pada Regular Verb

Regular verb merupakan bentuk dari vocabulary atau kata kerja yang terikat pada aturan. Dalam regular verb, kata kerja di simple past tense harus selalu berakhiran -d, -ied, dan -ed yang diletakkan setelah kata kerja utama.

Apabila kata kerjanya berakhiran dengan huruf -e, maka tambahkan -d. Misalnya kata kerja move menjadi moved. Apabila berakhir dengan konsonan (bukan vokal), tambahkan -ed. Misalnya seperti kata kerja dump, menjadi dumped. Lalu, terakhir kata kerja yang berakhir -y dapat diubah hurufnya -y menjadi -i dan ditambahkan -ed. Misalnya, cry menjadi cried.

4. Simple Past Tense pada Irregular Verb

Irregular verb merupakan kata kerja yang tidak beraturan. Misalnya kata kerja do, verb 2nya adalah did, dan verb 3nya done. Dalam past tense, kata kerja irregular verb ini rumusnya adalah mengganti verb menjadi verb 2. Kecuali apabila kalimatnya negatif atau interogatif, verb tetap menggunakan verb 1.

Baca Juga: PAST PERFECT TENSE: PENGERTIAN, RUMUS, DAN CONTOH

Contoh Kalimat Simple Past Tense Menggunakan Kata Kerja

Setelah mengetahui pengertian dari simple past tense beserta rumus sesuai dengan jenisnya, berikutnya adalah kamu perlu mengetahui contoh kalimat simple past tense menggunakan kata kerja. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contohnya di bawah ini!

1. Regular Verb

Kata kerja atau verb pertama adalah regular verb. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa peraturan dalam menggunakan regular verb di simple past tense. Yaitu menambahkan akhiran -ed, -d, atau, -ied.

Contohnya adalah she jumped into river (dia lompat ke sungai). Untuk kalimat negatif, contohnya adalah she did not move to another school (dia tidak pindah sekolah). Terakhir adalah kalimat interogatif, misalnya adalah did she cry last night (apakah dia menangis semalam?).

2. Irregular Verb

Untuk kalimat positif misalnya, she fell of the motorcycle last night (dia jatuh dari motor semalam). Untuk kalimat negatif, he did not hurt the animal yesterday (dia tidak menyakiti binatang itu kemarin). Untuk kalimat interogatif, did she keep the secret yesterday (apakah dia menyimpan rahasia itu kemarin?).

Dalam memahami simple past tense, perlu mengetahui pula contoh kalimat simple past tense menggunakan kata kerja. Karena kalimat simple past tense yang menggunakan kata kerja rumusnya akan berbeda dengan simple past tense umumnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck...

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari

Belajar bahasa Inggris setiap hari adalah salah satu langkah untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa asing tersebut. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dan membantu kamu lebih unggul dalam...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH