Panduan Belajar Rumus Past dan Present Tense

Panduan Belajar Rumus Past dan Present Tense

Dalam Bahasa Inggris, rumus past present tense adalah dua tenses yang berbeda, yaitu past tense dan present tense. Mempelajari kedua jenis tenses secara garis besar sangat membantu untuk membedakan kapan kamu harus menggunakan keduanya dalam Bahasa Inggris.

Banyak pelajar merasa bingung ketika sudah masuk materi past tense dan simple tense. Untuk itu, gunakan panduan berikut supaya kamu lebih mudah memahami garis besar aturan penggunaan kedua tenses ini.

Belajar Rumus Simple Past dan Present Tense

Pemahaman yang matang tentang simple past present tense sebagai dua jenis tenses yang berbeda nantinya akan memudahkan cara kamu berkomunikasi. Mampu membedakan kedua tenses tersebut juga berguna untuk memahami suatu kejadian sesuai konteks.

Definisi

Bentuk kata kerja ‘past tense’, seperti namanya, dapat digunakan untuk berbicara tentang atau mewakili suatu peristiwa atau tindakan yang telah terjadi di masa lalu. Sejumlah kata kerja, ketika digunakan dalam bentuk lampau, tidak selalu mengikuti aturan umum menambahkan ‘ed’ di akhir kata kerja untuk membentuk bentuk lampau.

Present tense mengacu pada tindakan atau peristiwa yang terjadi atau sedang berlangsung di masa sekarang. Gunakan present tense untuk mewakili aktivitas saat ini atau keadaan subjek saat ini dalam konteks tertentu.

Baca juga : Rumus Simple Continuous Tense

Jenis

Bentuk past tense memiliki empat jenis berbeda untuk menunjukkan beragam sifat tindakan yang terjadi di masa lalu, yaitu:

  • Simple Past Tense: digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau peristiwa yang terjadi di masa lalu.
  • Past Continuous Tense: digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa yang sedang berlangsung di masa lalu.
  • Past Perfect Tense: digunakan untuk mewakili suatu peristiwa atau tindakan yang terjadi di masa lalu sebelum peristiwa atau tindakan lain yang terjadi di masa lalu.
  • Past Perfect Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan atau peristiwa yang sedang terjadi di masa lalu hingga tindakan atau peristiwa lain terjadi di masa lalu.

Sedangkan Present tense dapat digunakan dalam empat bentuk yang berbeda, yaitu,

  • Simple Present Tense: digunakan untuk menunjukkan tindakan saat ini atau tindakan yang terjadi secara teratur.
  • Present Continuous Tense: digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang sedang berlangsung pada saat ini.
  • Present Perfect Tense: digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang tidak terbatas dan masih mempunyai pengaruh terhadap subjek atau objek dalam kalimat.
  • Present Perfect Continuous Tense: digunakan untuk mewakili suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut.

Baca juga : Panduan Belajar Apa Itu Tenses Dalam Bahasa Inggris

Struktur Past dan Present Tense

Berikut adalah struktur atau rumus past tense:

Past Tense
Simple Past Tense      Past Continuous Tense     Past Perfect Tense    Past Perfect Continuous Tense
Subjek + Verb + ed / verb in the past tense + kalimat lanjutan       
Contoh:I studied English yesterday
Subjek + Helping Verb(was/were) + Main verb+ing + kalimat lanjutan  
Contoh:I was studying English…
Subjek + Helping Verb (had) + Past participle of the main verb + kalimat lanjutan disertai waktu. Contoh:I had studied English when you entered our college.Subjek + Had + Been + Verb+ing + kalimat lanjutan
Contoh:I had been studying English all day.

Berikut adalah struktur atau rumus present tense:

Present Tense
Simple Present Tense       Present Continuous Tense  Present Perfect Tense     Present Perfect Continuous Tense
Subjek + Verb 1/third person plural form + kalimat lanjutan    

Contoh:We go to school everyday.Joko plays cricket.   
Subjek + Helping Verb(am/is/are) + Main verb+ing + kalimat lanjutan 
Contoh:Fuji is watching a movie.We are planning a BBQ party.
Subjek + Helping Verb (have/has) + Past participle main verb + kalimat lanjutan disertai keterangan waktu. Contoh:Joko has left the class.We have arrived at school. Subjek + Have/Has + Been + Verb+ing + kalimat lanjutan

Contoh:Joko and Fuji have been waiting for you for three hours.Susan has been checking her email every now and then.

Baca Juga : Cara Mudah Belajar Simple Past Tense

Penggunaan Rumus Past dan Present Tense dalam Kalimat

Sekarang, kamu juga harus mempelajari bagaimana menggunakan rumus past present tense dalam bentuk kalimat positif, negatif, interogatif, dan negatif interogatif. Gunakan rumus berikut untuk mempermudah pembelajaran dan perhatikan contohnya:

Past Tense
Positive             Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + Past tense form of the verb  Contoh:Donna sang a song.             Subjek + Did not / Didn’t + Base form of the verbContoh:Donna did not sing a song.Did + Subjek + Base form of the verb      Contoh:Did Donna sing a song?Didn’t + Subjek + Base form of the verbContoh:Didn’t she sing a song?

Untuk membuat kalimat positif, negatif, interrogatif, dan negatif interogatif present tense, gunakan rumus berikut:

Present Tense
Positive             Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + Verb     
Contoh:Joko likes pizzas.      
Subjek + Do not/Does not (Don’t/Doesn’t) + Verb     Contoh:Joko does not like pizzas.    Do/Does + Subjek + Verb      Contoh:Does Joko like pizzas?  Don’t/Doesn’t + Subjek + Verb Contoh:Doesn’t Joko like pizzas?

Dengan mengetahui setiap rumus pada past dan present tense, sekarang kamu seharusnya sudah bisa membuat kalimat sendiri. Terus latihan agar kamu dapat meningkatkan keterampilan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, terutama sesuai konteks informasi waktu di masa lalu dan masa sekarang.

Baca juga : Apa Itu Present Tense Dan Cara Menggunakannya

Agar kamu bisa meningkatkan keterampilan lebih banyak lagi, gunakan tawaran kursus Bahasa Inggris di ICAN English sekarang juga! Tutor yang suportif dan metode pembelajaran terstruktur di kelas interaktif kami sangatlah berpengaruh untuk membantu kamu belajar lebih cepat dari sebelumnya!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi