Contoh soal TOEFL Listening

Contoh Soal dan Pembahasan TOEFL Listening

Jul 19, 2022 | TOEFL

Belajar dari berbagai contoh soal TOEFL listening secara rutin adalah salah satu trik agar kamu dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan, karena bisa terbiasa dengan aksen native speaker. Banyak pelajar beranggapan bahwa soal-soal TOEFL listening tidaklah mudah.

Untuk bisa menyelesaikan soal-soal listening secara lancar, kamu harus berlatih dengan berulang-ulang untuk memperbanyak kosakata dalam Bahasa Inggris. Untuk tahu lebih banyak tentang soal-soal TOEFL dalam sesi listening, ICAN English akan membahasnya dalam artikel ini.

Baca Juga: 3 KUNCI MENGERJAKAN TOEFL, SKOR BISA MAKSIMAL!

Macam-macam Soal TOEFL Listening

Soal-soal listening dibagi dalam tiga bagian, yaitu bagian A, bagian B, dan bagian C. Listening mempunyai 50 pertanyaan yang dapat diselesaikan dalam 40 menit.

Secara matematis, kamu masih mempunyai waktu 48 detik dalam mengerjakan satu soal. Berikut adalah penjelasan semua sesi:

1. Bagian Pertama – Short Conversation

Pada bagian pertama soal listening adalah percakapan singkat. Audio akan memutar tentang percakapan dua orang membahas macam topik  sebagaimana berikut:

  • Meaning atau maksud kata
  • Idiomatic expression, suggestion atau rekomendasi/ saran
  • Asumsi, prediksi, dan implikasi yaitu maksud tersirat
  • Problem atau masalah pembicara
  • Topik atau tema pembicaraan

2. Bagian Kedua – Longer Conversation

Pada bagian kedua yaitu Longer Conversation atau percakapan lebih panjang. Kamu akan mendengar beberapa percakapan lebih panjang dalam dialog dua orang, dialog yang dibahas adalah kehidupan informal dan kehidupan akademis.

3. Bagian Ketiga – Talks and Lectures

Pernahkah kamu mengerjakan contoh soal TOEFL listening yang berisikan tentang percakapan panjang atau akademis. Pada bagian tersebut, kamu akan mendengarkan beberapa penjelasan atau percakapan tentang percakapan panjang atau akademis.

Kamu akan mendengarkan beberapa percakapan maupun penjelasan seseorang tentang berbagai macam topik seperti perkuliahan, tur, diskusi di kelas, dan sebagainya.

Saat percakapan sedang berlangsung, sebaiknya berkonsentrasi penuh pada semua isi percakapan guna memahami seluruh tema percakapan yang nantinya akan memudahkan dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan berhubungan dengan percakapan terkait.

Bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English, kamu bisa belajar trik-trik dalam mengerjakan soal-soal TOEFL. Teknik terbaik dalam menghadapi soal listening adalah sering berlatih menggunakan buku panduan TOEFL yang bisa kamu pinjam dari perpustakaan atau beli langsung di toko buku.

Hal ini memperkaya perbendaharaan kata dan dapat melatih penggunaan media film dengan adanya teks Bahasa inggris, mendengarkan berbagai lagu Bahasa inggris, dan membuka kamus baik kamus online ataupun kamus buku.

Baca Juga: PERLU BIMBINGAN TOEFL ONLINE? SITUS INI BISA DIPILIH

Pembahasan Teknik Mengerjakan Soal TOEFL Listening

Jenis-jenis soal listening TOEFL listening akan mudah dan cepat kamu kerjakan dengan memperhatikan beberapa langkah penting. Saat mengerjakan bagian pertama atau short conversation, maka kamu harus membaca terlebih dahulu berbagai pilihan jawaban sebanyak-banyaknya saat narrator sedang membaca petunjuk.

Kemudian, konsentrasi pada pembicara kedua, karena seringnya pertanyaan menanyakan tentang pembicara kedua. Jika tidak bisa menjawab tebak karena waktu benar-benar terbatas.

Untuk mengerjakan bagian kedua atau longer conversation dalam sesi listening, kamu harus memahami apa saja bagian penting dalam percakapan. Sehingga, akan lebih mudah mengerjakan berbagai soal yang ada.

Pada jenis soal ketiga, atau part C, maka kamu harus paham tentang isi percakapan terkait berbagai subyek dalam dunia akademis. Percakapan tersebut adalah perkuliahan di Universitas. Kamu harus paham apa saja isi maupun bagian-bagian penting percakapan ataupun perkuliahan dengan cara membuat rangkuman berbagai hal yang berhubungan dengan apa, siapa, dimana, kapan, dan mengapa.

Jika terdapat jeda antara satu pertanyaan dengan pertanyaan lain, pergunakan jeda tersebut untuk baca sekilas opsi jawaban sebelum semua soal TOEFL Listening diperdengarkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Benefit dari Simulasi TOEFL Online

Benefit dari Simulasi TOEFL Online

Jika kamu berencana kuliah di luar negeri, kamu mungkin pernah mendengar tentang TOEFL atau tes kemampuan bahasa Inggris. Lebih dari 35 juta orang di dunia telah mengikuti tes ini sejauh ini. Untuk mempersiapkan diri, kamu perlu simulasi TOEFL online agar skor yang...

Tes TOEFL yang Diakui Internasional

Tes TOEFL yang Diakui Internasional

Kamu pasti pernah mendengar dan mengikuti tes TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) entah untuk memehuni salah satu persyaratan pendidikan, beasiswa atau pekerjaan. Tapi perlu kamu ketahui ada 2 tes TOEFL diakui internasional, yang sering...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH