dasar speaking bahasa inggris

Dasar Speaking Bahasa Inggris

Dasar speaking bahasa Inggris adalah materi yang harus kamu pelajari terlebih dahulu apabila ingin menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk lisan secara baik. Ketika seseorang mempunyai teknik berbicara cukup bagus, artinya ia mempunyai kemampuan bahasa Inggris sangat baik.

Berbicara atau speaking merupakan pertukaran pengetahuan maupun informasi bisa berupa ide ataupun pendapat dan perasaan antara satu orang dengan orang lainnya. Tindakan komunikasi tersebut berhubungan dengan bicara atau interaksi yang merupakan bagian dialog atau pertukaran verbal.

5 Penggunaan Speaking Dasar Untuk Pemula

Apabila saat ini kamu merasa bingung darimana harus memulai belajar Bahasa Inggris terutama speaking, kali ini ICAN English akan menjelaskan materi dasar speaking bahasa Inggris yang harus kamu pelajari:

1. Penggunaan I am

Sebagai pemula, kamu bisa memulai pembicaraan dalam bahasa Inggris menggunakan kata I am atau I’m. Sehingga kamu bisa memberitahu seseorang tentang diri sendiri atau menggambarkan apapun yang kamu lakukan.

Ketika sedang berbicara, Kamu tidak perlu mengucapkan I am, tapi hanya cukup menggunakan I’m. Seperti contoh penggunaan kata berikut:

  • I’m tired – Saya capek.
  • I’m bad – Saya buruk.
  • I’m alone – Saya sendiri.

Atau kamu juga bisa menggunakan beberapa kata deskriptif untuk melengkapi kalimat sederhana, sebagaimana contoh berikut:

  • I’m very tired – Saya benar-benar capek.
  • I’m extremely happy – Saya benar-benar senang.

Baca Juga:
Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

2. Penggunaan In/At/On

Gunakan In jika kamu berada pada sebuah ruang, bangunan, atau lainnya. Beberapa contoh kalimatnya yaitu:

  • I’m in a bus – Saya didalam bis
  • I’m in front of your house – Saya didepan rumah kamu

Gunakan at jika ingin memberi tahu lokasi fisik, sifatnya lebih umum, seperti contoh berikut;

  • I’m at the post office – Saya di kantor pos
  • I’m at the market – Saya di pasar.

Penggunaan on adalah untuk lokasi non fisik, dimana kamu sedang memanfaatkannya, sebagaimana contoh berikut:

  • I’m on the road – Saya sedang dalam perjalanan
  • I’m on the phone – Aku sedang menelepon

3. Good At

Gunakan good at apabila kamu ingin memberitahu seseorang bahwa kamu unggul pada sesuatu dan nyaman saat melakukannya. Berikut adalah contoh penggunaan good at:

  • I’m good at painting – Saya pandai melukis
  • I’m good at basketball – Saya pandai bermain basket

4. I’m + Kata Kerja

Gunakan I’m dan kata kerja untuk mengungkapkan tindakan yang kamu lakukan saat ini juga, sebagaimana contoh berikut:

  • I’m drinking too much – Saya minum terlalu banyak
  • I’m drawing – saya sedang menggambar

5. I’m Getting

Ketika kamu menggunakan kata I’m getting artinya kamu memperoleh sesuatu saat ini. Bisa jadi itu adalah pengakuan, atau hal penting lainnya sebagaimana contoh berikut:

  • I’m getting a new house – Aku akan mendapatkan rumah baru
  • I’m getting older – Saya semakin tua
  • I’m getting sick – Saya sakit

Baca Juga:
Tips Cepat Berbahasa Inggris, Pemula Wajib Tahu!

Cara Meningkatkan Kemampuan Speaking

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja dasar speaking Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih percaya diri dalam meningkatkan kemampuan speaking.

Sering mendengarkan bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan speaking kamu. Rajin mendengarkan lagu, podcast, film, ataupun seri TV dan klip video akan membantu kamu merasa lebih percaya diri dalam berbicara.

Berikutnya, berbicara Bahasa Inggris sesering mungkin dalam kelas adalah hal penting. Semakin sering kamu menggunakan bahasa Inggris, maka semakin mudah berbicara ketika harus berkomunikasi.

Belajar bahasa Inggris speaking juga tidak boleh terburu-buru. Sebelum berbicara, maka kamu harus berpikir hati-hati apa yang ingin kamu ucapkan dan ungkapkan secara perlahan. Gunakan bahasa yang benar dan pakai kalimat atau ekspresi yang telah kamu gunakan sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web