tips belajar pengucapan bahasa inggris

Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris

Globalisasi menjadi alasan mendasar mengapa saat ini kamu harus belajar pengucapan Bahasa Inggris. Walaupun terlahir sebagai orang Indonesia, sehari-hari sangat penting berlatih bahasa inggris baik kamu adalah seorang pelajar atau pekerja.

Dalam belajar bahasa Inggris, salah satu tantangan yang harus kamu hadapi adalah belajar pengucapan. Bahasa Inggris mempunyai cara pengucapan yang berbeda jauh dengan pengucapan Bahasa Indonesia.

5 Tips Meningkatkan Pengucapan

Untuk membantu proses belajar agar kemampuan pengucapan meningkat, ICAN English akan membagikan beberapa tips berikut:

1. Ikuti Ucapan Native Speaker

Ketika masih bayi, kamu pasti belajar Bahasa Indonesia dengan meniru orang tua yang terus mengulang kata-kata. Dengan cara inilah, maka bayi akhirnya mengenal bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat kamu terapkan ketika sedang belajar bahasa inggris, yaitu meniru penutur asli atau native speaker.

Cara termudahnya dengan menonton berbagai film Bahasa Inggris. Tirukan pengucapan mereka secara tepat ketika berbicara. Ulang-ulang adegan dimana kamu ingin menguasai ucapan dan kosakata dalam dialog mereka.

2. Pelajari Phonetic Symbols

Kamu juga bisa menemukan cara terbaik dalam Bahasa Inggris dengan mempelajari kamus. Cobalah membuka kamus dan lihat kata dalam kurung dengan bentuk huruf aneh yang merupakan phonetic symbols.

Ini adalah simbol fonetik, petunjuk membaca setiap kata dalam Bahasa Inggris dengan tepat. Pelajari dahulu phonetic symbols sehingga kamu bisa mengucapkan bahasa inggris dengan tepat.

Baca Juga:
Percakapan Ringan Bahasa Inggris

3. Manfaatkan Gadget

Teknologi membantu proses belajar lebih mudah dalam Bahasa Inggris. Contoh, kamu bisa menggunakan gawai untuk menonton berbagai video YouTube, aplikasi kamus Google Translate, baca artikel bahasa inggris, dan lainnya.

Pengucapan bahasa inggris bisa menggunakan situs Cambridge dictionary atau Google Translate. Sedangkan jika ingin melatih kemampuan berbicara, gunakan berbagai aplikasi daring dari smartphone kamu.

4. Tounge Twister

Terbiasa berbahasa Indonesia terkadang membuat kamu kesulitan ketika beradaptasi dan mengucapkan bahasa inggris. Apalagi bahasa inggris mempunyai pengucapan kata berbeda, dan bahkan ada kata yang sambung menyambung dengan kata lainnya seperti berikut:

She sees the sea.

Gunakan kalimat-kalimat yang terdengar mirip pengucapannya atau kalimat tounge twister saat belajar. Tujuannya adalah membuat lidah mudah mengucapkan, melatih lidah agar lebih lentur ketika harus berbicara bahasa inggris.

5. Latihan Bicara Tiap Hari

Bahasa merupakan budaya dan kebiasaan. Apabila kamu ingin menguasai bahasa inggris, maka harus kamu kuasai dengan cara autopilot. Contoh, ketika kamu berjalan, kamu melakukannya begitu saja tanpa harus berpikir.

Hal ini sama seperti belajar berbicara bahasa inggris. Apabila kamu menggunakannya setiap hari, maka bisa menjadi hal biasa sama seperti ketika kamu menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca Juga:
Channel Youtube Belajar Bahasa Inggris

Langkah Mudah Lancar Bicara Bahasa Inggris Bagi Pemula

Para pemula yang sedang belajar pengucapan bahasa inggris harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, yaitu intonation atau intonasi.

Ketika membaca dan berbicara bahasa inggris, maka harus melihat intonasi tepat. Intonasi tersebut dapat kamu gunakan pada beberapa kata dalam sebuah kalimat. Tujuannya supaya kata-kata yang diucapkan bisa dimegerti orang lain.

Pada sebuah kalimat seperti I believe I saw her with my own eyes, maka terdapat penekanan seperti pada kata believe dan eyes agar lebih meyakinkan.

Dalam pengucapan bahasa inggris juga harus menguasai linking sounds. Beberapa frasa punya keterkaitan dalam pengucapan. Sehingga, terkadang untuk mengucapkan kata tertentu sampai membentuk frasa tidak lagi harus ada jarak.

Contoh, ketika berbicara Good evening, pengucapan yang tepat adalah dengan menggabungkan sound /d/ dan sound /i/. sehingga, terdengar seperti satu kata, dibaca /d/.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi