memahami compound sentence dan complex sentence, serta perbedaannya

Memahami Compound Sentence dan Complex Sentence, Serta Perbedaannya

Belajar bahasa Inggris, di dalamnya ada beberapa struktur kalimat bahasa Inggris misalnya seperti simple sentence, compound sentence, complex sentence, compound-complex sentence, dan masih banyak lagi lainnya. Sekalipun banyak struktur dalam bahasa Inggris, tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri dan struktur yang berbeda sehingga kamu bisa mempelajarinya.

Terkadang masih banyak pemula yang belajar bahasa Inggris merasa bingung dengan perbedaan compound sentence dan complex sentence, padahal jelas keduanya berbeda.

Memahami Compound Sentence dan Complex Sentence 

Belum memahami dengan baik perbedaan antara compound sentence dan complex sentence, sebaiknya pahami dulu arti keduanya, seperti berikut.

Baca Juga:
Perbedaan Will dan Would

Pengertian Compound Sentence

Compound sentence dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kalimat majemuk. Jadi kalimat ini terdiri dari dua klausa independen. Kalimat ini bisa berdiri sendiri sebab mengandung subjek dan kata kerja kemudian menyatakan suatu pikiran yang lengkap.

Biasanya kalimat-kalimat compound sentence ini memiliki hubungan dengan coordinating conjunction. Jika kamu belajar bahasa Inggris, pasti mulai paham bahwa ada 7 macam coordinating conjunction, seperti for, and, nor, or, yet, so. 

Jika masih belum paham, berikut ini contoh dari compound sentence.

  • She stands out in the crowd, for She is two meters in height. (Dia menonjol di antara banyak orang, karena tingginya 2 meter)
  • Joko accepted this job,  for he needed the money. (Joko menerima pekerjaan ini, karena dia membutuhkan uang)
  • There is no need to rush, for we still have one and a half hours. (Tidak perlu terburu-buru, karena kita masih memiliki waktu satu setengah jam)
  • I like tea, e and my boyfriend likes coffee. (Saya suka teh dan pacarku suka kopi)
  • He is important part of the team and we can’t do anything  without him.( Dia adalah bagian penting dari tim dan kami tidak bisa melakukan apapun tanpa adanya dia)
  • I’m just a friend and she is your everything. (Aku hanyalah seorang teman dan dia adalah segalanya bagimu)
  • He  neither lends nor  borrows the motorcycle. (Dia tidak meminjamkan atau meminjam sepeda motor)
  • She can’t get there at four nor can I. (Dia tidak bisa sampai di sana jam 04.00, begitu juga aku)

Banyak sekali contoh penggunaan coordinating conjunction dalam compound sentence. Sebenarnya kalimat-kalimat di atas sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari, kamu hanya perlu memahami bahwa kalimat tersebut termasuk dalam jenis compound sentence

Baca Juga:
Contoh Kalimat Complex Sentence

Pengertian Complex Sentence

Selanjutnya kamu juga harus memahami tentang complex  sentence yang merupakan kalimat kompleks dengan satu independent clause. Dependent clause merupakan klausa  yang dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat. Dependent clauses biasanya berfungsi sebagai kata sifat, kata benda, maupun kata keterangan.

Jika sebelumnya pada compound  sentence  telah dihubungkan oleh coordinating conjunction,  maka untuk complex sentence  akan dihubungkan oleh subordinating conjunction. 

Kamu harus paham bahwa subordinating conjunction  sangat umum digunakan dalam complex sentence. Biasanya disebut sebagai rumus complex sentence,  misalnya; while, wherever,  whereas,  whenever, when, until,  unless, though,  since,  if,  Even though,  before, because, as, although,  after. 

Ada dua aturan yang harus dipahami jika ingin menggunakan penulisan complex  sentence,   apabila dependent clause  ada sebelum independent clause,  maka harus ditambahkan tanda koma setelah dependent clause. 

Tetapi jika dependent clause  berada setelah independent clause,  maka tidak perlu adanya tambahan. Contohnya seperti berikut;

  • Although I broke my arm, I still cheered  for my team  from the sidelines. (Sekalipun denganku patah, tetapi aku tetap menyemangati timku dari pinggir lapangan)
  • I thought He would change after we got married. (Aku  kira dia akan berubah setelah kami menikah)
  • She  handed me a tissue  just as I sneezed. (Dia memberiku tisu tepat saat aku bersin).
  • He got fired because you was lazy. (Dia  dipecat karena dia malas)
  • She says He prayers before she gets into bed. (Dia berdoa sebelum naik ke tempat tidur)

Jadi beberapa contoh kalimat complex sentence  diatas disesuaikan dengan aturan dalam posisi dependent clause  dan independent clause. 

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

Memahami Perbedaan Compound Sentence dan Complex Sentence

Setelah memahami arti dari compound sentence dan complex  sentence,  mungkin perlahan  kamu sudah memahami perbedaan dari keduanya. Agar lebih jelas lagi, berikut ini perbedaan antara compound sentence dan complex sentence.

Compound Sentence

  • Terdiri dari dua atau lebih independent clause
  • Dapat dihubungkan dengan coordinating conjunction

Complex Sentence

  • Terdiri dari  satu independent clause dan dependent clause. 
  • Dapat dihubungkan dengan subordinating conjunction.

Itulah perbedaan dari compound sentence dan complex sentence dalam struktur kalimat bahasa Inggris. Perbedaan compound sentence dan complex sentence bisa dilihat dari penggunaan jumlah independent clause. Memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris sangat penting hal ini bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam writing. 

Belajar struktur kalimat dengan mudah, kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris yang sudah profesional dengan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti ICAN English. Ada banyak materi yang ditawarkan dan disampaikan melalui berbagai macam metode sehingga siswa tidak akan merasa bosan.  segera bergabung dengan ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web