mengenal dependent clause dalam bahasa inggris

Mengenal Dependent Clause dalam Bahasa Inggris

Sebelum membahas mengenai dependent clause, pertama kamu harus mengenali terlebih dahulu mengenai clause. Clause dalam bahasa inggris merupakan suatu kelomok kata yang memiliki subjek dan predikat. Subjek merupakan tentang apa atau siapa yang dibicarakan dalan sebuah kalimat. Sedangkan, predikat merupakan yang menerangkan sesuatu tentang subjek.

Subjek dapat berupa orang, hewan, benda, atau konsep yang abstrak. Sedangkan, predikat merupakan verb atau kata kerja untuk melangkapi makna kalimat. Terdapat dua jenis clause yakni independent dan dependent. Klausa independent merupakan kalimat yang dapat berdiri sendiri, sedangkan klausa dependent merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri.

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Dependent Clause

Clause atau klausa dalam bahasa inggris memiliki berbagai bentuk yang berbeda-beda. Bentuk kalimat tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai kalimat dependent atau dependent clause. Di bawah ini merupakan perngertian, jenis-jenis, serta contoh dari klausa dependent yang perlu kamu kamu ketahui.

Pengertian

Kata dependent bisa diartikan sebagai sesuatu yang bergantung atau menggantungkan dirinya kepada sesuatu (dalam konteks ini bergantung pada kalimat lain). kemudian, kata clause memiliki arti sebagai klausa. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa dependent clause merupakan klausa yang bergantung pada kalimat lain untuk menghasilkan arti yang sepadan.

Adapun, fungsi dasarnya yakni sebagai pelengkap suatu kalimat agar memiliki arti atau makna yang lebih jelas. Atau bisa juga sebagai kalimat yang memberikan detail yang lebih jauh dalam suatu kalimat. Untuk posisinya sendiri biasanya terdapat di bagian belakang atau setelah konjungsi dan kata penanda atau subordinator dalam suatu kalimat.

Adverbial Clause

Setelah mengetahui mengenai pengertian dari dependent clause, selanjutnya terdapat pula jenis-jenis dari kalusa ini. jenis-jenis klausa dependent dibagi berdasarkan perannya dalam complex sentence.

Adapun, jenis pertama dari klausa dependent ini yakni, adverbial clause. Pada jenis ini biasanya akan menjelaskan mengenai informasi tentang verb, adjective, atau adverb lainnya. rumus dari jenis kalimat ini yaitu subordinate conjunction (after, because, sine, even, although) + subject + verb + keterangan.

Untuk dapat memahaminya lebih jelas, sebaiknya kamu melihat contoh kalimat berikut ini. Misalnya, because I wnt to her house late, she was looking for me (karena saya datang terlambat kerumahnya, dia mencari saya). Kalimat yang diberi tanda garis bawah merupakan kalimat hasil atau akibat dari aktivitas verb looking yang berarti mencari.

Jika kamu masih belum paham setelah melihat contoh sebelumnya, berikut merupakan contoh kalimat lainnya. even though it is hurt, every women will do anything for their beauty (meskipun terasa menyakitkan, setiap wanita akan melakukan apapun untuk kecantikannya. Kalimat yang diberi tanda garis bawah adalah hasil dari verb (kata kerja) dari kata do (melakukan).

Baca Juga:
Independent Clause: Definisi, Contoh dan Penggunaan

Adjective Clause

Jenis klausa dependent selanjutnya yakni adjective clause. Jenis klausa ini biasanya kan menjelaskan mengenai informasi tentang noun atau pronoun dalam complex sentence yang memiliki fungsi sebagai adjective. Adapun, untuk rumus pembentuknya yakni relative pronoun (who, which, whom, whose, that-ever) + subject + verb + keterangan.

Untuk dapat memahami konsep kalimat ini, kamu bisa melihat contoh kalimatnya secara langsung agar bisa lebih paham tentang strukturnya. My mom was taking my brother to the hospital, but my brother wan to stay at home (ibuku membawa saudaraku ke rumah sakit, tapi saudaraku ingin diam di rumah). Kalimat yang digarisbawahi adalah penjelasan dari noun hospital (rumah sakit).

Kemudian, jika kamu masih belum paham menganai contoh kalimat tersebut, berikut merupakan contoh lainnya. I wash my shirt in the washing machine, yet it still dirty I have to wash with my own hand (aku mencuci kemeja menggunakan mesin cuci, tetapi masih tetap kotor sehingga aku mencucinya dengan tangan), kalimat bergaris bawah adalah penjelas dari noun washing (mencuci).

Baca Juga:
Direct Indirect Speech: Pengertian, Jenis dan Contoh

Noun Clause

Jenis terakhir yakni, Noun clause. Jenis ini biasanya memiliki fungsi sebagai noun dan bisa berfungi juga sebagai subjek ataupun objek. Adapun, untuk rumus pembentukan kalimatnya yakni question word (what, when, who, whose, whom, which, where, how,-ever) if/ weather / that + subject + verb + keterangan.

Untuk lebih jelas berikut contohnya. I listended carefully to what he was said (aku mendengarkan dengan seksama apa yang dia katakana. Noun clause berperan sebagai noun pada (object of preposition) kata.

Kesimpulan

Materi-materi dalam bahasa Inggris cukup banyak dan perlu kamu pahami dengan baik. Untuk dapat memahami berbagai materi, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English, sehingga kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan profesional agar dapat mengerti materi dalam bahasa Inggris.

Salah satu materi dalam kursus bahasa inggris yang perlu kamu ketahui yakni mengenai dependent clause. Bentuk kalimat tersebut memiliki jenis yang berbeda-beda dan berbeda. Penjelasan diatas bisa dijadikan gambaran ketika sedang mempelajari materi mengenai klausa dependent.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web