independent clause definisi, contoh dan penggunaan

Independent Clause: Definisi, Contoh dan Penggunaan

Kalimat dan klausa dalam bahasa Inggris memang bervariasi. Apabila dipelajari lebih mendalam, maka akan menemukan bahwa kalimat dan klausa bahasa Inggris memang cukup kompleks. Salah satu jenis klausa dalam bahasa Inggris adalah independent clause. Klausa ini biasanya banyak ditemukan di berbagai kalimat berbahasa Inggris.

Dalam belajar bahasa Inggris, sebaiknya memahami pula jenis-jenis kalimat dan klausa di dalamnya. Karena dengan memahami hal tersebut, maka akan lebih pula dalam menguasai bahasa Inggris. Pada dasarnya, bahasa Inggris memang memiliki struktur kalimat yang cukup kompleks.

Definisi Independent Clause

Sebelum mempelajari klausa ini, sebaiknya mengetahui pengertian atau definisinya terlebih dahulu. Karena selain klausa ini, terdapat pula klausa yang dinamakan dengan dependent clause. Apabila tidak mengetahui definisinya, maka dikhawatirkan tertukar dengan dependent clause. Oleh sebab itu, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian Klausa (Clause)

Sebelum mengetahui pengertian klausa independent, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dari klausa itu sendiri. Perlu diketahui bahwa kata, klausa, frasa, kalimat, dan paragraf merupakan hal yang berbeda. Klausa sendiri merupakan gabungan dari kata yang memiliki subjek serta predikat. Klausa dapat hadir tanpa objek atau keterangan.

Klausa wajib memiliki subjek dan predikat, apabila tidak memiliki salah satunya maka dinamakan frasa. Apabila memiliki objek, keterangan, dan ditambah dengan tanda baca, maka dinamakan kalimat. Contoh dari klausa adalah ibu pergi. Dalam kalimat tersebut subjeknya adalah ibu, sedangkan predikatnya adalah pergi.

Baca Juga:
Direct Indirect Speech: Pengertian, Jenis dan Contoh

Pengertian Klausa Independent

Secara umum, klausa independent merupakan gabungan kata yang mengandung subject dan verb (predikat). Gagasan atau makna yang terkandung dalam klausa independent biasanya berupa gagasan utuh. Sehingga, apabila membaca klausa independent. Maka, dapat mengetahui arti atau maknanya secara langsung tanpa harus adanya interpretasi lain.

Dalam klausa independent biasanya terdapat beberapa komponen-komponen lainnya. Komponen yang dimaksud diantaranya adalah modifier, complement, dan subject complement. Klausa independent pun menjadi klausa yang dapat berdiri sendiri secara utuh. Berbeda dengan klausa dependent yang tidak dapat berdiri sendiri dan sulit dipahami maknanya.

2 Contoh Kalimat Klausa Independent

Untuk mengetahui dan memahami klausa independent lebih jelas, maka perlu mengetahui contoh kalimatnya. Dengan mengetahui contoh kalimat, maka akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara penerapan klausa independent ini. Oleh sebab itu, simak beberapa contohnya di bawah ini!

1. Contoh Menggunakan Transitive Verb

Contoh kalimat yang pertama adalah dengan menggunakan transitive verb. Contohnya adalah I was my shoes every week (saya mencuci sepatu saya setiap minggu). Dalam contoh tersebut, kalimat dapat dipahami lebih mudah karena merupakan klausa independent.

2. Contoh Menggunakan Intransitive Verb

Contoh berikutnya adalah dengan menggunakan intransitive verb. Contohnya adalah, she never plays basketball (dia tidak pernah memainkan bola basket). Dalam kalimat tersebut, makna yang dimaksudkan akan tersampaikan dengan jelas karena merupakan klausa independent.

Baca Juga:
Mengenal Dependent Clause Dalam Bahasa Inggris

Macam-Macam Penggunaan Independent Clause

Klausa independent ternyata memiliki berbagai macam penggunaan. Tentunya, penggunaan ini berdampak pula pada pola dari klausa independent itu sendiri. Oleh sebab itu, perlu diketahui beberapa jenis dari penggunaan klausa independent. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Coordinate Conjunction

Penggunaan pertama adalah coordinate conjunction. Secara umum, coordinate conjunction merupakan jenis konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan klausa, frasa, atau kata. Baik bermakna negatif, positif, atau interrogative. Cara mengidentifikasinya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan kata yet, so, for, but, nor, dan and.

Contoh klausa independent yang menggunakan coordinate conjunction adalah, my father buys a car for holiday (ayahku membeli sebuah mobil untuk liburan). Contoh lainnya adalah I finish my homework yet (aku belum menyelesaikan tugas rumahku). Dalam dua kalimat tersebut, terlihat adalah coordinate conjunction yang digunakan yaitu for dan yet.

Semicolon atau tanda titik koma (;)

Penggunaan klausa independent berikutnya adalah dengan menggunakan semicolon atau tanda titik koma. Kalimat dengan menggunakan tanda titik koma memang jarang dijumpai. Namun, tetap perlu diketahui dan dipahami.

Contoh kalimatnya adalah Nidia is late to the course; she drives a motorcycle quickly (Nidia telat untuk datang ke tempat les; dia mengendarai motor dengan cepat). Contoh lainnya adalah my mom is sick; I feel sad because of that (ibuku sedang sakit; aku merasa sedih karena itu).

Conjunctive Adverb

Penggunaan terakhir adalah conjunctive adverb. Conjunctive adverb biasanya akan menggunakan kata however, furthermore, also, that is, then, therefore, dan finally. Contoh kalimatnya adalah Nidia is a clever student, also she has a lot of skill (Nidia adalah murid yang rajin, dia juga memiliki keahlian yang banyak).

Independent Clause menjadi salah satu jenis klausa bahasa Inggris yang banyak muncul di sebuah kalimat. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui dan pahami bagaimana penerapan dan penggunaan klausa ini. Agar lebih mampu menguasai bahasa Inggris. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi