Hari Hari dalam Bahasa Inggris: Panduan untuk Pemula

Hari Hari dalam Bahasa Inggris: Panduan untuk Pemula

Apakah kamu ingin mengadakan pertemuan, berbagi rencana dengan teman, mengomunikasikan ide dan proyek masa depan dengan percaya diri, atau mengonfirmasi detail wawancara kerja secara akurat? Kamu perlu mengetahui hari hari dalam bahasa inggris.

Salah satu bagian terpenting untuk membagi waktu adalah hari. Untuk menyebut hari-hari, semua jadi lebih mudah karena ada namanya. Tanpa mengenal nama-nama hari, maka siapapun akan kesulitan menentukan rencana tepat pada waktunya, dan tidak dapat membagi rencana secara efisien kepada orang lain.

Panduan Belajar Hari Hari dalam Bahasa Inggris

Panduan ini akan menunjukkan cara mengeja, mengucapkan, dan menggunakan hari-hari dalam seminggu, cara penggunaannya, dan mengenali frasa umum dalam bahasa Inggris terkait kosakata waktu.

Manfaat Belajar Hari Hari dalam Bahasa Inggris

Semua orang membagi rutinitas setiap minggu menjadi beberapa unit waktu lebih kecil untuk menggunakannya. Setiap hari diisi dengan aktivitas, dan dapat mengkomunikasikan aktivitas tersebut kepada orang lain, seperti contoh berikut:

  • On Friday, I’m going to the market. Do you want to join me?
  • Your appointment is Monday morning at 9 am.
  • Budi is arriving on Tuesday, can you pick him up?

Nama-nama hari membawa informasi yang paling penting. Dengan mempelajari nama nama hari dalam Bahasa Inggris, kamu bisa mengundang, memesan, menjelaskan, membuat rencana, dan banyak lainnya. Kegunaan lainnya adalah, kamu akan lebih mudah mengatur rencana di masa depan, mengingat masa lalu, menjalankan bisnis, bertemu orang-orang, dan memanfaatkan waktu kerja dan waktu luang.

Cara Mengucapkan dan Mengeja Hari Hari dalam Bahasa Inggris

Pengucapan dan ejaan nama hari dalam bahasa Inggris terbilang membingungkan. Hal ini karena kata-kata tersebut berasal dari bahasa lain, dan tidak diucapkan sebagaimana ejaannya.

Nama-nama hari dalam bahasa InggrisPengucapanPengucapan penutur asli bahasa Inggris
Monday/mʌn.deɪ/Mun-day
Tuesday/ˈtjuːzdeɪ/Tuez-day
Wednesday/ˈwenzdeɪ/Wens-day
Thursday/ˈθɜː(r)zdeɪ/Thurz-day
Friday/ˈfraɪdeɪ/Fry-day
Saturday/ˈsætədeɪ/Sah-der-day
Sundayˈsʌn.deɪ/Sun-day

Penutur asli sering mempersingkat dan memperhalus nama-nama hari dalam bahasa Inggris, sehingga membuatnya lebih sulit untuk diidentifikasi, seperti contoh berikut:

  • Tuesday menjadi Tuez
  • Saturday menjadi Sad – ay
  • Sunday menjadi Sun

Berikut adalah singkatan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris yang paling sering digunakan:

  • Monday – Disingkat Mon atau M
  • Tuesday – Disingkat Tues atau Tue
  • Wednesday – Disingkat Wed atau W
  • Thursday – Disingkat Thurs atau TH
  • Friday – Disingkat Fri atau F
  • Saturday – Disingkat Sat atau S
  • Sunday – Disingkat Sun atau S

Cara terbaik untuk mempelajari hari-hari dalam seminggu adalah dengan berlatih menggunakannya dalam situasi kehidupan nyata. Misalnya, kamu dapat menjelaskan kepada anggota keluarga tentang suatu hal di hari tertentu. Atau, kamu dapat mengirimkan pesan ke teman untuk mengundang mereka, di hari tertentu.

Ekspresi, Idiom, dan Bentuk Jamak Hari dalam Bahasa Inggris

Hari-hari dalam seminggu dikelilingi oleh kata, frasa, dan idiom, sebagaimana berikut: Weekend; Weekday; Working week; Next week/ last week; In a week; A day off; A sick day; One day next week; Tomorrow; Weeknight; Weekly; Daily.

Berikut adalah ekspresi yang menggunakan nama hari dalam Bahasa Inggris:

  • These days (Sekarang ini)
  • That will be the day (Itu tidak akan terjadi)
  • I can’t wait till that day (Aku akan menunggu kapan itu terjadi)
  • You’re going to get it one day (Kamu sedang mencari masalah)
  • Thank God it’s Friday (Aku senang, karena mau akhir pekan juga)
  • Monday blues (Capek banget, ini hari Senin)
  • Tomorrow never comes (Apapun yang kamu rencanakan di masa depan, nggak akan pernah terwujud)

Bagaimana bentuk jamak hari dalam seminggu dalam bahasa Inggris? Setiap nama hari dalam bahasa Inggris dibuat jamak dengan menambahkan tanda s di akhir setiap kata, seperti berikut: Mondays, Tuesdays, Wednesdays, Thursdays, Fridays, Saturdays, Sundays.

Kamu tidak akan menyesal mempelajari hari-hari dalam bahasa Inggris. Alasannya adalah karena hari-hari tersebut merupakan kelompok kosa kata penting untuk ekspresi lokasi dalam waktu dan kemampuan diri untuk membuat rencana. Kamu juga dapat mempelajari tujuh hari dalam seminggu melalui lagu, permainan, dan latihan di kehidupan nyata.

Bagian penting lainnya adalah mempelajari ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan waktu akan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris untuk bisnis, budaya, atau sosial. Buat proses belajar Bahasa Inggris kamu jadi lebih mudah dengan gabung di tempat kursus Bahasa Inggris kami, ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web