cara dapatkan skor 7 di ielts listening practice test

Cara Dapatkan Skor 7 di IELTS Listening Practice Test

Dengan IELTS listening practice test akan membantu kamu lebih mudah menyelesaikan ujian tersebut. Tes ini akan menguji seberapa besar kemampuan kamu dalam mendengarkan bahasa Inggris melalui native speaker dengan berbagai macam aksen. Bagi beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris tentu listening bukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Namun berbeda bagi beberapa orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Persiapan yang tepat menjadi salah satu hal yang penting Sebab semua kesulitan bisa diatasi termasuk untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada tes IELTS. 

Cara Dapatkan Band 7+ di Test Listening IELTS

Ketika mengikuti tes IELTS  tentu kamu memiliki perkiraan skor yang harus didapatkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk keperluan kuliah di luar negeri, paling tidak tahu membutuhkan nilai band 7+. Agar bisa mendapatkan nilai tersebut dalam  listening section IELTS, maka butuh persiapan yang matang.

Listening section  akan dilakukan dalam waktu 40 menit, 30 menit untuk menjawab semua pertanyaan  melalui rekaman yang akan diputar. Kemudian 10 menit terakhir akan digunakan untuk menulis jawaban kamu pada lembar jawaban. Kamu harus tahu bahwa pertanyaan-pertanyaan akan semakin sulit Seiring dengan berjalannya tes.

Pengaturan waktu adalah kunci paling penting untuk mendapatkan  hasil maksimal. Jadi setiap bagian kamu akan memiliki waktu untuk melihat pertanyaan sebelum rekaman  mulai diputar.

Baca Juga:
Pilihan Kursus Online untuk IELTS Listening Practice

Untuk IELTS academic ataupun IELTS general training  menggunakan  listening section  yang sama. Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan skor 7+ dalam listening section.

  • Cara pertama adalah sering-sering melakukan persiapan melalui latihan tes. Cobalah untuk membuat latihan tersebut terasa seperti ujian sebenarnya. Hal ini akan membantu kamu merasakan atmosfer tas yang sesungguhnya. Misalnya untuk latihan listening, kamu tidak boleh mengulang rekaman Apabila ada hal yang terlewat. 
  • Selanjutnya mulai biasakan menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, selain itu kamu juga harus lebih banyak mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Ada banyak sekali video yang kamu gunakan, misalnya podcast bahasa Inggris, film bahasa Inggris, menonton berita bahasa Inggris, dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa untuk selalu menggaris bawahi instruksi yang didengarkan. Sebelum audio dimulai, berikan waktu 1 menit untuk melihat tugas terlebih dahulu. Gunakan waktu tersebut untuk membaca dan mengganggaris bawahi setiap instruksi tentang apa yang perlu dilakukan.

Dengan beberapa tips tersebut bisa membantu kamu mendapatkan skor band 7+,  tetapi pastikan kemampuan bahasa Inggris kamu juga bagus sehingga bisa  memahami berbagai macam pembicaraan atau percakapan dalam rekaman listening  yang diputar.

Saran Ketika Mengerjakan Listening Section IELTS

Ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi IELTS  agar lebih mudah mengerjakannya dan mendapatkan skor maksimal, seperti berikut:

  • Persiapkan diri lebih awal sebelum tes dimulai.
  • Cobalah bersikap tenang, teratur, dan siap menghadapi apa yang akan datang.
  • Baca dan dengarkan instruksi dengan sangat hati-hati. Banyak pelajar yang kehilangan nilai karena salah membaca atau tidak mengikuti instruksi sederhana.
  • Tulis jawaban kamu di kertas ujian. Jangan ragu untuk menulis di atasnya.
  • Pindahkan jawaban kamu dengan hati-hati ke lembar jawaban di bagian akhir.
  • Kamu dapat menulis dengan huruf kapital semua sesuai keinginan
  • Jika kesulitan mendengar rekamannya, komplain lah di akhir. Sebab sudah membayar, paling tidak layanan yang diberikan harus bagus.

Baca Juga:
Pelajari Materi Ini Untuk IELTS Exam Practice

Beberapa tips tersebut bisa membantu kamu menyelesaikan ujian tes IELTS dengan baik. Lebih baik lagi jika kamu sudah bergabung dengan lembaga kursus persiapan IELTS profesional. Lembaga Kursus tersebut akan membantu kamu sering-sering latihan soal  listening section. Pilih lembaga profesional yang sudah berkualitas untuk membuat kamu lebih memahami dan menyelesaikan semua soal-soal IELTS, seperti ICAN English.

Untuk mendapatkan IELTS listening practice test  skor band 7+  tentu membutuhkan persiapan yang matang. Pelajari Bagaimana tips menarik yang bisa digunakan untuk meningkatkan skor IELTS dan  tidak mengalami hambatan ketika mengerjakan semua soal-soal IELTS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web