pelajari materi ini untuk ielts exam practice

Pelajari Materi Ini Untuk IELTS Exam Practice

IELTS exam practice merupakan latihan yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian bahasa Inggris. Apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan maupun kerja di luar negeri, salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi adalah tes bahasa Inggris untuk menunjukkan kemampuan kamu.

Tes bahasa Inggris ini adalah salah satu syarat utama jika kamu ingin melanjutkan pendidikan maupun bekerja di luar negeri. Salah satu tes yang banyak diterima oleh negara-negara luar, adalah IELTS.

IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes bahasa Inggris yang wajib dilakukan jika ingin berangkat studi ke Australia, New Zealand, Inggris, dan Amerika.

4 Materi yang Harus Dikuasai untuk Tes IELTS

IELTS merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang menggunakan British English dengan beberapa perbedaan antara American dan English sesuai dengan penulisan aksen. Ujian yang dikenal cukup sulit untuk dilengkapi, apalagi jika sebelumnya tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Tes IELTS  memiliki beberapa sesi, mulai dari  reading,  writing,  listening, dan speaking. Masing-masing bagian memiliki nilai masing-masing, sehingga perlu dipelajari dengan serius. Berikut ini materi yang harus dikuasai dalam tes IELTS.

1. Materi Listening

Untuk materi listening sudah terdiri dari 40 soal dan dibagi menjadi 4 bagian. Durasi pengerjaan tes adalah 30 menit untuk bagian menjawab pertanyaan secara keseluruhan. Kemudian ditambah waktu 10 menit untuk memindah jawaban kamu pada lembar jawaban. 

Untuk materi soal, bagian  listening ini dibagi menjadi 4 bagian,  bagian yang pertama dan kedua merupakan situasi percakapan sehari-hari, kemudian bagian ketiga dan keempat adalah situasi akademis.

2. Materi Writing

Selanjutnya ada materi writing yang terjadi pada dua bagian, yaitu task 1 dan task 2. Masing-masing memiliki waktu pengerjaan selama 60 menit. Untuk task 1 akan membahas perbandingan data yang telah disediakan, entah dalam bentuk diagram, tabel, ataupun lainnya.

Sedangkan untuk task 2 materi hanya meminta kamu menulis essay sebuah argumen untuk mengetahui sudut pandang kamu.

Baca Juga:
Ini Bahan Materi Untuk IELTS Reading Practice

3. Materi Speaking

 Selanjutnya  ada materi speaking  yang mencakup perkenalan, presentasi pada topik tertentu,  dan diskusi. Kamu akan berhadapan dengan penguji dan semua jawaban kamu akan direkam. 

Dalam waktu 15 menit ada sekitar 3 pertanyaan yang akan diberikan. Berapa pertanyaan adalah tentang diri kamu sendiri, kemudian topik pembicaraan yang lebih spesifik, dan mulai berdiskusi terkait topik tersebut. Pelafalan menjadi bagian paling penting dalam speaking, termasuk menggunakan tata bahasa yang benar.

4. Materi Reading

Kemudian ada tes reading  adalah membaca dari berbagai macam jenis bacaan, mulai dari koran, buku, jurnal, dan lain sebagianya dengan panjang kata sekitar 2000 kata. Ada sekitar 40 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit.

Tipe soal yang ditemui pada  reading section  yaitu pertanyaan benar atau salah, mencocokkan,  melengkapi kalimat, menjawab pertanyaan singkat, dan lain sebagainya. 

Semua materi tes IELTS memang sulit untuk dilakukan, tetapi semuanya bisa dilewati apabila kamu belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti bahasa Inggris untuk persiapan IELTS. Melalui kursus bahasa Inggris terbaik, kamu akan mulai terbiasa untuk melakukan latihan IELTS seperti ujian sesungguhnya.

Baca Juga:
Strategi Efektif Belajar English Conversation Practice Exercises

Rekomendasi Kursus untuk IELTS Exam Practice

Saat ini memang banyak kursus bahasa Inggris yang menawarkan program persiapan IELTS. Pastikan kamu memilih kursus bahasa Inggris profesional yang menyediakan berbagai macam fasilitas terbaik, misalnya sepertI  tutor yang ahli dalam bidangnya, menyediakan native speaker, sering latihan soal IELTS, membantu meningkatkan bahasa Inggris, dan lain sebagianya.

Melalui lembaga kursus bahasa Inggris yang baik tentu jauh lebih mudah bagi kamu untuk menghadapi ujian IELTS nantinya. Salah satu  lembaga kursus persiapan IELTS adalah ICAN English,  yang sudah berhasil membuat banyak pelajar mendapatkan hasil skor IELTS sesuai kebutuhan, sehingga bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Mengikuti IELTS Exam Practice di kursus bahasa Inggris terbaik bisa menjadi pilihan tepat untuk menguasai berbagai macam materi yang muncul ketika ujian IELTS. Ada 4 materi yang harus dikuasai,  mulai dari  speaking, listening, reading, dan writing. 

Masing-masing materi memiliki tingkat kesulitannya sendiri, sehingga kamu harus mempersiapkan diri dengan baik agar mendapatkan skor maksimal dalam IELTS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web