ielts reading practice online - bagaimana cara meningkatkan skor

IELTS Reading Practice Online – Bagaimana Cara Meningkatkan Skor

Apakah kamu berencana mengikuti ujian IELTS? Jika kamu sudah memiliki tanggal yang ditentukan, melakukan persiapan sekarang secara signifikan meningkatkan kemungkinan kamu untuk tampil dengan baik saat ujian nanti.

Ketika mengikuti tes IELTS, kamu harus membaca cepat dan efisien, serta mengatur waktu yang diberikan. Terdapat tiga bacaan berbeda, masing-masing bagian dilengkapi pertanyaan. Konten bacaan dalam tes Reading IELTS Academic berbeda dengan IELTS General Training test.

Tujuan IELTS Reading adalah untuk mengukur kemampuan membaca yang bervariasi. Misalnya, pemahaman umum saat membaca, membaca ide-ide utama, membaca detail informasi, memahami kesimpulan atau makna tersirat, serta mengidentifikasi pendapat maupun sikap dan tujuan penulis.

Sesi reading dalam tes IELTS terkadang cukup mengintimidasi. Hal ini karena panjangnya bacaan. Untuk itu, kamu wajib tahu strategi apa yang harus kamu gunakan untuk mendapatkan skor lebih tinggi.

3 Cara Meningkatkan Skor Reading Test IELTS

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan Reading IELTS agar skor meningkat:

1. Pelajari Format Tes

Sama seperti sistem pengujian bahasa level internasional lainnya, IELTS mempunyai format yang unik. Jadi, sebelum kamu siap mengikuti IELTS reading practice online, kamu harus mengenal terlebih dahulu detail dari tes tersebut.

Misalnya, kamu harus tahu durasi tes, skill apa saja yang akan diuji, berapa teks yang akan kamu hadapi, dan jenis teks yang ada pada tes. Selain itu, kamu juga harus tahu skill apa yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan, tipe pertanyaan yang sering ditanyakan, dan sebagainya.

Baca Juga:
IELTS Preparation Online Course – Tips Mempersiapkan Ujian

2. Banyak Baca

Luangkan waktu secara khusus untuk membaca buku apapun di rumah. Mulai dari novel, blog, koran, hingga jurnal akademik layak untuk kamu baca. Semakin banyak jenis bacaan, semakin baik tingkat pemahaman membaca yang akan kamu kuasai nantinya. Membaca secara ekstensif akan membantu agar kamu belajar vocabulary baru dan meningkatkan kecepatan dalam membaca.

3. Manajemen Waktu

Kamu hanya punya waktu satu jam untuk menjawab 40 pertanyaan, yang artinya kamu wajib menggunakan waktu 1,5 menit saja per soal. Tinggalkan soal-soal yang sulit sampai akhir, karena kamu bisa mengerjakannya nanti. Tulis jawaban langsung di lembar jawaban, karena tidak ada tambahan waktu khusus untuk menyalin jawaban seperti listening section.

Lihat tipe pertanyaan sebelum menentukan strategi apa yang akan kamu gunakan untuk menjawab soal. Apakah jenis soal adalah pilihan ganda atau melengkapi kalimat? Walaupun membaca soal terlebih dahulu akan membantu menghemat banyak waktu, namun cara tersebut bukanlah strategi yang tepat jika kamu mendapatkan soal sejenis “match headings”.

Baca Juga:
Manfaat Ikut Kursus Persiapan IELTS untuk Pemula

Keuntungan Belajar IELTS Reading Online

Ketika kamu memutuskan mengambil kursus IELTS reading practice online, ada banyak keuntungan yang akan kamu peroleh. Kursus persiapan IELTS akan membantu kamu mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai. Selama mengikuti kelas, kamu juga akan didampingi tutor yang akan menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal tersebut, dan dapat kamu akses secara online, kapan saja.

Tutor juga akan terus meninjau progres atau kemajuan yang kamu lakukan selama mengambil kursus tersebut. Sehingga, dapat memberikan saran dan memberikan latihan lebih intensif untuk soal-soal yang masih sulit kamu pecahkan agar kemampuan dapat meningkat.

Keuntungan lainnya dari kursus IELTS online adalah kamu akan mendapatkan trik dan tips saat mengerjakan semua section, termasuk reading. Apalagi dibimbing oleh tutor berpengalaman yang sudah lulus dalam tes tersebut. Ketika kamu berhasil menghadapi soal-soal IELTS, kamu punya pengetahuan lebih baik dalam keterampilan berbahasa inggris, meningkatkan vocabulary, dan meningkatkan skor.

Belajar IELTS Preparation di kelas online ICAN English adalah salah satu pilihan tepat jika kamu ingin belajar di tempat yang nyaman, tanpa harus keluar rumah. Terdapat pula Mock Test yang sangat penting agar kamu dapat mengevaluasi kemampuan sebelum benar-benar menghadapi tes IELTS resmi. Tes simulasi IELTS ini membantu agar kamu mempunyai gambaran tentang tes IELTS resmi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web