Informasi Lengkap tentang Tes IELTS

Informasi Lengkap tentang Tes IELTS

Sebelum mendaftar tes IELTS, sangat penting untuk mengetahui semua hal tentang tes tersebut. Sama seperti ketika kamu hendak berperang, maka kamu harus tahu sedalam-dalamnya tentang lawan yang akan kamu hadapi, kondisi medan pertempuran, hingga memikirkan strategi yang tepat untuk memenangkannya.

Sekilas tentang Tes IELTS

International English Language Testing System akan lebih mudah disebut dengan disingkat menjadi IELTS. Sistem ujian tentang penguasaan Bahasa Inggris tersebut telah mendapatkan pengakuan secara internasional.

Baca Juga:
Buku Panduan IELTS yang Bagus

Selama mengikuti tes tersebut, kamu akan mendapati beberapa soal yang menguji sejauh mana tingkat kemahiran Bahasa Inggris yang kamu miliki. Tes tersebut juga setara dengan TOEFL. Tes ini berjalan selama 2 jam 45 menit, dengan beberapa sesi.

Listening section, berdurasi selama 30 menit dengan jumlah 40 pertanyaan yang harus kamu selesaikan. Untuk tes IELTS menggunakan kertas (paper-based IELTS, diberikan waktu 10 menit ekstra untuk mentransfer jawaban ke lembar yang disediakan). Untuk tes IELTS-based computer hanya diberikan waktu tambahan dua menit saja.

Reading section, yaitu tes untuk menguji kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris. Durasi yang diberikan adalah 60 menit dengan jumlah 40 pertanyaan.

Writing section, tes berdurasi 60 menit untuk menguji kemampuan menulis Bahasa Inggris. Dalam sesi tersebut, kamu harus menyelesaikan dua pertanyaan.

Terakhir, yaitu Speaking section dimana kamu akan menghadapi tes selama 11-14 menit. Untuk pertanyaannya bervariasi, karena kamu akan langsung berbicara dengan penguji.

Alasan Lebih Memilih Tes IELTS

Sama seperti tes lainnya, kamu juga harus membayar biaya tes IELTS sebelum hari H. Tetapi, salah satu alasan mengapa tes IELTS merupakan ujian yang lebih adil adalah karena terdapat ruang khusus yang tenang untuk peserta ujian Speaking. Fasilitas ini membuat tes IELTS berbeda dibandingkan jenis tes lainnya.

IELTS juga sepakat bahwa tiap orang terkadang mempunyai cara berbeda ketika menjawab pertanyaan. Contohnya, ketika menghadapi tes Reading atau Writing, terdapat urutan fleksibel mengikuti kenyamanan peserta. Kamu bahkan dapat mengubah jawaban Reading selama ujian tersebut berlangsung. Kamu bahkan lebih mudah menyesuaikan tulisan esai selama ujian menulis.

Baca Juga:
Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Kapan Harus Mengambil Tes IELTS?

Terdapat beberapa waktu yang tepat ketika kamu ingin mengambil tes IELTS. Pertama, ketika kamu ingin mengurus rencana studi ke luar negeri atau dalam negeri. Sudah ada ribuan instansi pendidikan dan universitas terkemuka di dunia yang memberikan syarat tes IELTS untuk bukti kemahiran berbahasa Inggris calon mahasiswanya.

Badan registrasi profesi pada berbagai bidang juga membutuhkan hasil tes IELTS untuk calon profesional. Badan profesi teknik, akuntansi, farmasi, kedokteran, hukum, keperawatan, hingga pendidikan membutuhkannya sebagai kualifikasi calon profesional yang akan direkrut di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi penting.

Skor IELTS juga dibutuhkan ketika harus memenuhi pengajuan Permanent Recidency, atau kebutuhan imigrasi. Regulasi ini ditetapkan oleh pemerintah di banyak negara, seperti Inggris, Selandia Baru, Kanada, dan Australia.

Berapa Kisaran Biaya Kursus Persiapan Tes IELTS?

Secara umum, harga tes IELTS bervariasi. Kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis tes yang ingin kamu ambil. Pertimbangkan juga jadwal tes karena jumlah kursinya terbatas untuk tiap tes.

Ikut kursus persiapan tes IELTS di ICAN English agar kamu lebih siap menghadapi tes resminya. Sudah banyak pelajar yang berhasil mendapatkan skor IELTS lebih tinggi, dan sekarang giliran kamu!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web