ini ielts listening score yang harus diketahui

Ini IELTS Listening Score yang Harus Diketahui

International English language testing system atau yang lebih sering disebut dengan IELTS merupakan tes bahasa Inggris populer dan sudah digunakan oleh banyak negara. Atas kemampuan bahasa Inggris yang satu ini dibutuhkan bila kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Australia, New Zealand, Amerika, dan Inggris.

Di dalam IELTS akan ada materi writing, speaking, reading dan listening. Salah satu materi yang cukup sulit untuk diselesaikan adalah listening, karena sebagian besar pelajar Indonesia belum terbiasa mendengar percakapan bahasa Inggris.

Baca Juga:
Cara Dapatkan Skor 7 di IELTS Listening Practice Test

Berapa Skor dalam Listening IELTS

Dalam sesi listening akan ada 40 soal yang dibagi menjadi empat bagian. Durasi untuk pengerjaan tes listening ini sekitar 30 menit. Nantinya di bagian pertama dan kedua  adalah situasi percakapan sehari-hari, kemudian bagian ketiga dan keempat adalah situasi akademis. 

Mungkin beberapa pelajar masih bingung bagaimana cara menghitung skor band  yang ada dalam IELTS. Kamu bisa menghitung nilai band dengan membandingkan skor berikut ini;

  • 18-22- Band 5.5
  • 23-25- Band 6.0
  • 26-29- Band 6.5
  • 30-31- Band 7.0
  • 32-34- Band 7.5
  • 35-36- Band 8.0
  • 37-38- Band 8.5
  • 39-40- Band 9.0

Semakin tinggi nilai kamu, maka skor yang didapatkan juga semakin banyak. Untuk mendapatkan skor yang sesuai, kamu harus tahu sertifikat kemampuan bahasa Inggris IELTS  akan digunakan untuk apa. Jika digunakan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, biasanya setiap perguruan tinggi memiliki target  yang berbeda-beda untuk skor IELTS. 

Baca Juga:
Benefit Mengikuti IELTS English Test Practice

Meningkatkan Keterampilan Listening IELTS

Untuk meningkatkan kemampuan  listening section kamu bisa bergabung dalam kelas persiapan IELTS di ICAN English. Lembaga Kursus profesional ini menyediakan latihan soal dalam semua materi untuk membantu kamu memahami materi yang mungkin keluar dalam IELTS. 

Untuk bisa mendapatkan skor yang maksimal, disarankan agar kamu terus meningkatkan kemampuan  listening  sebelum akhirnya memulai tes IELTS. Banyak pelajar yang merasa khawatir mendapatkan skor  buruk dalam tes IELTS,  sehingga mereka tidak bisa memenuhi salah satu persyaratan untuk daftar di kampus luar negeri.

Setidaknya pelajar perlu mendapatkan nilai band 8 dalam salah satu materinya. Hal ini dapat digunakan untuk keperluan aplikasi visa maupun beasiswa. Sebenarnya cara untuk meningkatkan kemampuan  listening dalam bahasa Inggris sangat sederhana, asalkan dilakukan secara rutin, seperti berikut;

  • Sering mendengarkan podcast bahasa Inggris. Pilihlah podcast yang menawarkan wawasan dalam berbagai macam bidang. Ada banyak sekali podcast bahasa Inggris yang bisa dipilih sesuai dengan minat kamu.
  • Tidak ada cara lain, Salah satu langkah yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris kamu tentu dengan cara  lebih banyak mendengarkan menggunakan bahasa Inggris. misalnya, mendengarkan film bahasa Inggris, mendengarkan lagu bahasa Inggris, mendengarkan berita bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Banyak cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dalam listening. Jauh lebih baik jika bergabung dengan tempat kursus berkualitas agar mendapatkan kesempatan untuk berlatih listening setiap kali pertemuan.

IELTS listening score sangat bervariasi, mulai dari band 5.5 hingga band 9. Untuk mendapatkan skor yang sempurna tentu butuh persiapan matang. Kamu harus mulai terbiasa mendengarkan berbagai macam hal dalam bahasa Inggris sebagai bentuk latihan. Jika sudah terbiasa mendengarkan percakapan bahasa Inggris menggunakan berbagai macam aksen, akan mudah bagi kamu menyelesaikan listening pada IELTS.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi