Cara Mengatur Jadwal Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatur Jadwal Belajar Bahasa Inggris

Mampu memiliki keahlian berbahasa Inggris yang baik tentu saja tidak mudah. Kamu harus belajar kosakata dan tata bahasa yang benar. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur jadwal belajar Bahasa Inggris yang efektif sebagai kunci mencapai kesuksesan.

Terkait waktu yang dibutuhkan dalam menyusun jadwal belajar tersebut dapat bervariasi. Semua tergantung pada tingkat kesulitan dan kebutuhan belajar. Pada umumnya, proses mengatur jadwal dapat membutuhkan waktu dalam beberapa minggu.

Bagaimana Cara Mengatur Jadwal Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Kamu dapat memaksimalkan waktu belajar bahasa Inggris dengan membaca penjelasan di bawah berikut:

Tentukan tujuan dan prioritas

Sebelum kamu belajar, tentukan tujuan secara jelas. Kamu akan memperbanyak kosakata, lancar berbicara, ataupun memahami tenses harus konsisten. Prioritaskan hal-hal yang akan kamu pelajari lebih dulu agar sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini lebih membantu kamu untuk memiliki jadwal yang terorganisir secara baik. Sehingga, kamu bisa fokus pada tujuan pembelajaran.

Memilih metode belajar yang menyenangkan

Usahakan metode belajar bahasa Inggris yang kamu pilih tidak membuat kamu merasa bosan. Pahami gaya bahasa sesuai dengan keinginan kamu, agar dapat memilih metode belajar yang menyenangkan. 

Misalnya, kamu dapat memilih metode menonton film atau serial TV dengan bahasa Inggris. Alternatif lainnya adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris, atau berdiskusi bersama teman menggunakan bahasa Inggris. Penggunaan metode yang sesuai membuat belajar bahasa Inggris terasa menyenangkan dan kamu menjadi termotivasi. 

Membuat jadwal yang rutin

Konsistensi merupakan jalan menuju keberhasilan ketika belajar bahasa Inggris. Membuat jadwal rutin yang bisa kamu gunakan untuk setiap hari adalah keharusan, mulai dari 30 sampai 60 menit.

Jadikan waktu belajar bahasa Inggris sebagai kegiatan rutin  yang tidak bisa kamu lewatkan. Dengan jadwal belajar yang sudah tertata, kamu akan terbiasa dan teratur belajar bahasa Inggris.

Membagi waktu untuk setiap aspek

Empat aspek utama yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris adalah mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Bagi waktu untuk setiap aspek supaya kamu lebih berkembang di semua aspek.

Kamu juga dapat memakai waktu 20 menit untuk mendengarkan podcast maupun menonton video dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, gunakan 30 menit untuk belajar berbicara bahasa Inggris bersama temanmu. 20 menit berikutnya untuk membaca artikel atau buku bahasa Inggris. Terakhir, 20 menit untuk menulis kosakata bahasa Inggris. 

Gunakan teknologi

Di zaman sekarang ini, semuanya sudah serba digital. Teknologi bisa kamu manfaatkan sebagai teman baik ketika belajar bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris bisa kamu kembangkan menggunakan aplikasi mobile atau situs web.

Banyak aplikasi yang mudah diakses untuk menawarkan berbagai macam latihan. Contohnya, aplikasi berbentuk game maupun kuis yang interaktif. Kamu bisa belajar dengan sangat menyenangkan.

Ikuti kelas virtual

Ikuti kelas virtual untuk memperluas pengalaman belajar. Jadwal belajar bahasa Inggris bisa kamu atur sendiri, menggunakan platform online untuk mengikuti kelas bahasa Inggris.

Pengajar profesional dan berpengalaman serta teman dari seluruh dunia bisa kamu jumpai dengan mengikuti kelas online. Manfaat belajar bahasa secara online sangat besar, karena akan memperlancar keahlian berbicara dan mendengarkan. Bahkan, kamu juga dapat memperluas jaringan sosial.

Rencanakan evaluasi progres

Kamu perlu melakukan pemantauan terhadap kemajuan belajar bahasa Inggris yang sedang berlangsung. Dalam waktu satu minggu sekali, sebaiknya rutin melakukan evaluasi sejauh mana peningkatan yang sudah kamu lakukan. Caranya adalah dengan melakukan tes atau menyelesaikan kembali latihan yang sudah pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Manfaat memantau kemajuan belajar adalah agar bisa mengetahui apakah metode belajar yang kamu pilih sudah efektif atau belum.  Dengan demikian, kamu dapat mencapai target yang sudah ditentukan.

Atur waktu santai

Walaupun kamu harus menjaga konsistensi jadwal belajar bahasa Inggris, namun jangan sampai kamu tidak mempunyai waktu untuk bersantai. Supaya kamu tidak merasa terbebani, sebaiknya kamu harus menentukan waktu beristirahat.

Kamu bisa memilih bersantai dengan menonton acara favorit kamu. Setelah itu, kamu dapat kembali melakukan rutinitas belajar bahasa Inggris.

Jangan takut dalam berbicara

Rasa takut dan malu yang kamu biarkan ada di dalam diri akan membuat kamu tidak percaya diri. Kemampuan dalam belajar bahasa Inggris akan terhambat. Berbicara dalam bahasa Inggris dengan sering justru membuat kamu menjadi semakin lancar conversation. Kesalahan adalah bagian penting yang akan kamu hadapi. Bahkan, dari kesalahan tersebut membuat kamu bisa mengetahui yang benar. 

Bersenang-senanglah!

Nikmati proses dan bersenang-senanglah ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris. Kamu tidak akan merasa jenuh pada saat belajar. Sehingga, kamu bisa menyerap materi dengan mudah. Jadwal belajar yang sudah kamu buat dengan rapi akan membawa kamu menuju kesuksesan apabila dilakukan dengan konsisten.

Baca Juga: Cara Sederhana Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Cara Buat Jadwal Belajar Bahasa Inggris Rutin

Sudah mencoba membuat jadwal belajar bahasa inggris yang rutin, tapi masih sering tidak konsisten? Mungkin kamu sedang mempunyai banyak kesibukan yang membuat kamu akhirnya tidak mempersiapkan materi belajar dengan baik.

Jangan khawatir! Sekarang, kamu bisa belajar dengan lebih mudah di ICAN English! Tempat kursus Bahasa Inggris ini akan membantu agar kamu tidak perlu pusing lagi untuk mempersiapkan apa saja materi yang harus kamu pelajari sesuai target belajar yang ingin kamu capai. Apalagi, materi yang disiapkan benar-benar dirancang oleh para ahli dengan metode pembelajaran yang interaktif dan didukung tutor profesional!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web