Jenis Jenis TOEFL dan Kegunaannya

Jenis Jenis TOEFL dan Kegunaannya

Mei 18, 2022 | TOEFL

Jenis jenis TOEFL dan kegunaannya sangat penting kamu ketahui karena masing-masing jenis TOEFL digunakan untuk kebutuhan berbeda. Test of English as Foreight Language adalah bagian layanan Educational Testing Service, disingkat ETS, beroperasi sejak tahun 1947 dan berbasis di New Jersey, Amerika.

Kamu perlu mengikuti TOEFL jika ingin membuktikan kemampuan Bahasa Inggris melalui tes resmi yang sertifikatnya sangat berguna untuk mengurus urusan akademik dan pekerjaan ataupun hal umum lainnya. Contohnya ketika ingin melamar pekerjaan atau kuliah di dalam dan di luar negeri.

Baca Juga: JENIS JENIS TOEFL DAN PERBEDAANNYA

Jenis TOEFL dan Kegunaannya

Berikut adalah penjelasan tentang apa saja jenis jenis TOEFL dan kegunaannya di Indonesia:

1. TOEFL ITP

Singkatan Institutional Testing Program, salah satu jenis TOEFL menggunakan media cetak yaitu kertas untuk soal dan jawaban, dikenal juga sebagai paper based test atau PBT. Tes ini menguji kemampuan listening, structure dan reading skill dengan semua soal dalam bentuk pilihan ganda.

TOEFL ITP umumnya merupakan syarat mengurus beasiswa dalam negeri, melamar kerja di lembaga pemerintahan seperti BUMN, dan untuk syarat ikut tes CPNS. Karena kegunaannya yang penting, banyak orang memilih bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar bisa mempersiapkan diri secara maksimal.

2. TOEFL IBT

Selanjutnya, berhubungan dengan jenis jenis TOEFL dan kegunaannya yaitu TOEFL IBT. Singkatan dari Internet Base Test, jenis TOEFL memakai komputer dan koneksi internet untuk tempat soal dan jawaban.

Tes ini berjalan dengan menggunakan komputer tanpa kertas, sehingga semua tes langsung terhubung ke website ETS di Amerika. Kamu bisa mengikuti TOEFL IBT di berbagai kota besar di Indonesia. Saat mengikuti tes, maka kamu berada di bawah pengawasan pengawas lokal dan mengerjakannya di depan komputer.

Jenis TOEFL IBT menguji materi listening, reading, writing, dan speaking skill, sehingga membuatnya berbeda dengan format TOEFL ITP. Kegunaan tes TOEFL ini yaitu menjadi syarat beasiswa serta melanjutkan studi ke Amerika. Untuk di Indonesia, TOEFL IBT sering jadi syarat beasiswa dari pemerintah Indonesia agar kamu bisa kuliah ke luar negeri, terutama ke Amerika.

3. TOEFL Versi Lokal

Ada beberapa contoh jenis TOEFL versi lokal seperti PTSOL, ELPT, dan EPT. Jenis TOEFL tersebut diselenggarakan oleh balai Bahasa pada perguruan tinggi atau lembaga kursus umum untuk menguji kemampuan listening, reading, dan structure.

Karena dibuat oleh lembaga lokal, maka sertifikatnya tidak bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan di luar universitas atau lembaga tersebut. Jadi, bukan pilihan tepat mengikuti PTSOL, ELPT, dan EPT dengan harapan supaya bisa memenuhi syarat daftar kuliah atau kerja ke luar negeri.

Baca Juga: WEBSITE BELAJAR TOEFL, GRATIS!

Kegunaan Ikut Tes TOEFL

Karena tes TOEFL merupakan tolak ukur kemampuan Bahasa Inggris yang telah diakui, maka kamu wajib tahu apa saja kegunaan ikut tes TOEFL. Tidak hanya membantu mengejar impian kuliah di universitas impian yang ada di luar negeri, tapi TOEFL juga menjadi tempat mendapatkan pengalaman bekerja atau studi di negara yang berbeda jauh dengan di Indonesia.

Dari pengalaman tinggal beberapa tahun di luar negeri, kamu akan punya pengalaman mengesankan seumur hidup. Sistem pembelajaran dan cara berkomunikasi membantu melatih diri supaya dapat beradaptasi lebih mudah.

Karena berada di luar negeri selama beberapa tahun, maka akan membentuk pola pikir atau perspektif. Cara pandang pada kehidupan jauh lebih berbeda setelah menemukan banyak hal baru. Interaksi sosial membuat perspektif global meningkat, dengan menghargai banyaknya tradisi, budaya, dan aspek sosial. Semua hal tersebut bisa kamu capai kalau mampu mendapatkan skor TOEFL sesuai syarat perkuliahan atau karir di luar negeri.

Dalam urusan karir, dari skor TOEFL yang memenuhi syarat kerja di perusahaan internasional, maka kamu dapat memanfaatkan jaringan luas. Kemampuan berbahasa Inggris membuat kamu semakin unggul, semakin terbuka pintu peluang karir. Bahasa inggris digunakan pada berbagai jenis pekerjaan, bidang apapun, termasuk bisnis multinasional. Bagi pemilik perusahaan, karyawan dengan kemampuan berbahasa Inggris adalah asset yang harus dipertahankan!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH