Jenis Jenis TOEFL dan Perbedaannya

Jenis Jenis TOEFL dan Perbedaannya

Mei 11, 2022 | TOEFL

TOEFL adalah tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Lebih dari 7,000 perguruan tinggi dan universitas di 130 negara, termasuk universitas di AS, Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru, menerima hasil ujian ini. Kamu perlu tahu jenis jenis TOEFL dan perbedaannya agar dapat memilih tes yang tepat.

Tes TOEFL memungkinkan siswa untuk membuktikan bahwa mereka dapat dengan mudah berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam studi dan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam ujian adalah bahasa Inggris modern, bahasa yang digunakan dalam perkuliahan dan seminar.

Baca Juga: JENIS JENIS TOEFL DAN PERBEDAANNYA

Apa Saja Jenis TOEFL dan Perbedaannya?

TOEFL dikembangkan oleh ETS, layanan pengujian Amerika di Universitas Princeton. Tes TOEFL diperkenalkan pada tahun 1964 dan sejak itu telah diambil oleh lebih dari 20 juta orang.

Berikut beberapa jenis TOEFL dan perbedaannya yang perlu kamu pahami.

1. TOEFL PBT: Paper-Based Test

Sebagai salah satu jenis ujian TOEFL yang umum, tes berbasis kertas ini dilakukan dalam mode offline. Memiliki total durasi 2 jam 25 menit, terdiri dari tiga bagian dan hanya ditawarkan untuk lokasi di mana internet tidak tersedia.

2. TOEFL iBT: Internet-Based Test

TOEFL berbasis Internet terdiri dari empat bagian, yaitu meliputi membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis dan mencakup total durasi empat jam. Ini adalah salah satu jenis ujian TOEFL yang disukai dan menggantikan ujian berbasis komputer yang sudah tidak ada lagi sejak tahun 2006.

3. TOEFL CBT: Computer based Test

Tes TOEFL berbasis komputer diperkenalkan pada tahun 1998. Poin maksimum yang dapat kamu peroleh dalam TOEFL CBT adalah 300. TOEFL CBT memiliki empat bagian – mendengarkan, tata bahasa, membaca dan menulis.

Tes pemahaman mendengarkan dan tata bahasa bersifat adaptif. Itu berarti jenis pertanyaan yang kamu dapatkan tergantung pada tingkat bahasa Inggris yang kamu miliki. Ingatlah bahwa pertanyaan yang mudah dijawab memiliki lebih sedikit poin.

Karena tes ini adalah salah satu tes yang cukup rumit, maka banyak orang memutuskan untuk mengikuti kelas persiapan TOEFL. ICAN English, menjadi salah satu lembaga kursus yang memiliki kelas belajar ini. Kamu akan belajar dari tutor berpengalaman dalam metode offline maupun online.

Baca Juga: PEMBAHASAN LENGKAP SEPUTAR TOEFL

Format Tes TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

TOEFL berlangsung selama 3,5 jam dan mencakup empat bagian. Ada jeda selama 10 menit antara bagian Mendengarkan dan Berbicara. Untuk setiap bagian, kamu akan menerima skor 0-30. Skor ini kemudian dijumlahkan, yang berarti total skor kamu adalah dari 0-120.

Sebagaimana dinyatakan di atas, TOEFL berisi empat bagian yang masing-masing menguji area yang berbeda dari kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu akan diuji dalam kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca.

Namun, ada perbedaan mendasar antara kedua jenis TOEFL, yakni iBT dan PBT. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa yang pertama dilakukan secara online sedangkan yang kedua adalah tes berbasis kertas.

Selanjutnya, TOEFL PBT hanya terdiri dari tiga bagian, yaitu Membaca, Mendengarkan dan Menulis yang mirip dengan TOEFL iBT tetapi juga memiliki bagian Berbicara sebagai sesi tambahan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH