pembahasan lengkap seputar toefl

Pembahasan Lengkap Seputar TOEFL

Pembahasan TOEFL membantu agar kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang tes kemampuan Bahasa Inggris tersebut. Dengan pengetahuan tersebut, kamu bisa mempersiapkan tes TOEFL lebih matang untuk memperoleh nilai tinggi.

TOEFLmerupakan tes terstandarisasi, berguna jika ingin mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris kamu yang tidak menggunakannya sebagai Bahasa ibu. Tes ini penting jika kamu ingin bekerja atau kuliah ke luar negeri menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa sehari-hari.

Semua Fakta tentang TOEFL

Tes TOEFL sangat berguna bagi berbagai institusi dari Amerika Serikat atau Kanada. Bahasa yang ada dalam tes tersebut merupakan Bahasa Inggris Amerika atau dikenal American English.

Terdapat dua jenis tes TOEFL yaitu PBT atau paper-based test dan iBT atau internet-based test. Rentang skor PBT yaitu 310-677 dan skor iBT yaitu 0-120. Agar lebih mudah memahami tes tersebut, berikut adalah pembahasan lengkap TOEFL yang wajib kamu tahu.

Baca Juga:
Kursus Persiapan TOEFL di Jakarta Utara

Format Tes

Format tes TOEFL berbeda, sesuai jenisnya. Pada iBT, berikut adalah format waktunya:

Reading section60-80 menit dengan 36-56 pertanyaan
Listening section60-90 menit dengan 34-51 pertanyaan
Short break10 menit
Speaking section20 menit, total 6 tugas
Writing section50 menit, total 2 esai

Sedangkan untuk TOEFL PBT, berikut adalah formatnya:

Listening section30-40 menit, dengan 50 pertanyaan
Writing section25 menit, dengan 40 pertanyaan
Reading section55 menit, dengan 50 pertanyaan
TWE testMenulis 1 esai

Mengetahui format tes TOEFL sesuai jenisnya sangat penting supaya kamu dapat mempersiapkan tes dengan matang. Tidak hanya latihan soal saja, tapi juga melakukan simulasi tes terlebih dahulu. Agar kamu bisa melakukan latihan secara rutin dan ikut simulasi tes, ICAN English membuka kelas TOEFL Preparation yang bisa kamu ikuti kapan saja.

Alasan Ikut TOEFL

Tes TOEFL diikuti oleh banyak kalangan dengan alasan bervariasi. Beberapa ingin menggunakan skor TOEFL untuk melamar pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi via telepon dalam Bahasa Inggris, pekerjaan yang berhubungan dengan presentasi, dan pitching.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan latihan listening dan speaking skill lebih intensif supaya bisa memperoleh nilai ideal. Atau, kalau dalam beberapa bulan ke depan ingin mendaftar kuliah ke luar negeri, maka kamu harus punya sertifikat TOEFL untuk persyaratan pendaftaran kuliah.

Persiapan Ikut TOEFL

Pembahasan TOEFL berikutnya adalah bagaimana melakukan persiapan tes tersebut dengan matang. Buatlah target nilai yang ingin kamu capai dan lakukan tes simulasi online yang mempunyai elemen penilaian. Lakukan beberapa kali latihan supaya tahu sejauh mana kemampuan yang kamu miliki untuk mencapai target nilai.

Rutinitas belajar secara ideal sangat penting dengan membuat sistem belajar yang cocok untuk diri sendiri. Latihan dan belajar tidak cukup 1-2 hari sebelum tes. Perlu waktu 3-6 bulan dalam mempersiapkan diri.

Baca Juga:
Website Belajar TOEFL, Gratis!

Pentingnya Ikut Simulasi TOEFL

Ada banyak latihan soal pembahasan TOEFL yang bisa kamu cari secara gratis di internet, akan tetapi semua itu tidak cukup. Kamu perlu mengikuti simulasi TOEFL lebih dari sekedar merasakan suasana tes resmi seperti apa.

Dari simulasi TOEFL, walaupun tidak memberikan akurasi yang setara seperti tes resmi, tetapi dari tes simulasi tersebut dapat kamu jadikan patokan. Kamu bisa mengetahui bagian mana yang perlu dievaluasi. Sehingga, kamu dapat menemukan strategi lebih tepat untuk mencapai skor.

Tes simulasi TOEFL adalah sarana untuk mencapai gambaran tes. Format tes tersedia ketika simulasi tidak jauh berbeda dengan adanya tes TOEFL resmi. Kamu harus menyelesaikan soal batas waktu yang ditentukan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi