apa saja jenis sertifikat toefl

Apa Saja Jenis Sertifikat TOEFL?

Jenis sertifikat TOEFL memiliki beragam macam yang berbeda-beda. Jenis-jenis tersebut berbeda sesuai dengan jenis TOEFL apa yang dipilih. Tidak semua jenis sertifikat dapat digunakan, karena hanya sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga resmi sajalah yang dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tes TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) sendiri merupakan salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Tes ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, tetapi paling umum digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Beberapa Jenis Sertifikat TOEFL Yang Diakui Oleh Dikti

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sertifikat TOEFL tidak bisa dikeluarkan oleh sembarangan. Sertifikat TOEFL yang diakui oleh lembaga Dikti hanya dari jenis tertentu saja. Berikut merupakan beberapa jenis sertifikat TOEFL yang telah diakui oleh Dikti.

Sertifikat TOEFL PBT

Jenis sertifikat tes TOEFL pertama yang diakui oleh dikti yakni, jenis TOEFL PBT atau Paper Based Test. TOEFL jenis ini merupakan TOEFL yang paling klasik karena menggunakan kertas sebagai media tes, baik untuk soal maupun untuk lembar jawaban. Bentuk soal yang dikeluarkan oleh TOEFL jenis ini yakni layaknya ujian pada umumnya.

Meskipun dalam format tes masih mengusung format yang klasik, namun sertifikat yang dikeluarkan oleh TOEFL jenis ini telah diakui oleh Dikti. Sehingga, untuk kamu yang hendak mendaftar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan bisa memilih jenis tes ini untuk memenuhi salah satu persyaratannya.

Sertifikat TOEFL IBT

Jenis sertifikat TOEFL berikutnya yang juga telah diakui oleh Dikti, yaitu TOEFL IBT atau Internet Based Test. Jenis TOEFL ini cenderung lebih modern jika dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya. Tes ini menggunakan bantuan komputer dan jaringan internet sebagai medianya. Biaya untuk melakukan tes jenis ini cenderung lebih mahal.

Sertifikat TOEFL ITP

Terakhir, jenis sertifikat tes TOEFL yang telah diakui oleh Dikti yakni, sertifikat TOEFL ITP atau Institutional Testing Program. Namun, sertifikat yang dikeluarkan oleh TOEFL jenis ini hanya berlaku untuk digunakan di dalam negeri saja. Adapun, untuk lembaga penyelenggaranya yakni lembaga terpercaya atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga resmi.

Baca Juga:
Mengenal Sertifikat TOEFL dan Kegunaannya

3 Cara Latihan Untuk TOEFL

Setelah mengetahui berbagai jenis sertifikat tes TOEFL yang telah diakui oleh lembaga Dikti, selanjutnya kamu juga perlu tahu cara latihan untuk TOEFL. Hal tersebut penting untuk diketahui, karena soal dalam tes TOEFL memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Berikut merupakan beberapa cara untuk latihan TOEFL yang bisa kamu ikuti.

1. Latihan Mandiri Minimal 2 Jam Setiap Hari

Cara pertama dan yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan mandiri yakni dengan meluangkan waktu setidaknya selama 2 jam setiap hari. Untuk menguasai berbagai materi dalam TOEFL diperlukan latihan secara rutin dan bertahap. Sehingga, melakukan latihan selama minimal 2 jam setiap hari dapat cukup meningkatkan kemampuan kamu dalam mengerti bahasa inggris.

2. Latihan Soal Secara Bertahap

Selanjutnya, selain melakukan rutin setiap hari kamu juga perlu rutin melakukan latihan soal. Berbagai macam soal TOEFL dapat kamu temukan di internet. Sehingga, lewat soal-soal tersebut kamu dapat mengukur sejauh mana hasil dari latihan yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, dengan mengisi soal kamu juga akan lebih terbiasa ketika kelak melakukan tes TOEFL.

3. Mengikuti Kursus Pelatihan TOEFL

Terakhir, sebelum melakukan tes TOEFL sebaiknya kamu mengikuti kursus pelatihan khusus TOEFL terlebih dahulu. Melalui kursus ini kamu akan lebih dibimbing oleh tenaga ahli untuk mempersiapkan tes TOEFL. Selain itu, dengan mengikuti kursus proses pembelajaran kamu tentu saja akan lebih terarah dan dapat lebih mudah dipahami.

Ada 3 jenis sertifikat yang diakui oleh Dikti. Untuk kamu yang hendak melakukan tes TOEFL, pastikan untuk memilih lembaga yang telah resmi agar sertifikat tersebut dapat digunakan seperti seharusnya. Selain itu, jangan lupa untuk latihan secara rutin sebelum melakukan tes agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web