Jenis soal TOEFL

Mengenal Berbagai Jenis Soal TOEFL dan Sertifikasinya

Sep 7, 2022 | TOEFL

Penting mengetahui berbagai jenis Soal TOEFL sebelum melakukan test TOEFL. Jika kamu mengikuti kursus materinya sudah dikenalkan sejak awal. Apa saja kategori soal akan diberikan pelatihannya jadi tidak perlu repot lagi. Dalam setiap paket kursus TOEFL biasanya dibagi dalam beberapa bahasan mengingat kategorinya tidak hanya satu macam saja. Setiap jenis atau kategori membutuhkan kompetensi berbeda.

TOEFL adalah tes yang menjadi parameter kecakapan kamu dalam berbahasa Inggris. Meliputi kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan pemahaman terhadap struktur kalimat. Jika lolos dalam test dan mendapat score sesuai standar, menandakan kamu berkompeten. Dengan hasil test tersebut bisa digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri, melamar pekerjaan dan sebagainya.

Baca Juga: KETAHUI BERAPA LAMA MASA BERLAKU SERTIFIKAT TOEFL

Berbagai Jenis Soal TOEFL

Ada 4 kategori atau jenis yang nantinya kamu pelajari kemudian mengerjakan tes untuk sertifikasinya. Keempatnya mewakili semua kemampuan dalam berbahasa baik mendengar, menulis maupun belajar mengucapkannya. Berikut penjelasannya.

1. Listening Comprehension

Jenis soal TOEFL yang pertama adalah listening. Bagi kebanyakan orang ini kategori paling sulit sebab diharuskan mendengar percakapan pendek kemudian mengerjakan soal sebanyak 50 buah. Dalam durasi 40 menit test indera pendengaran harus tajam dan terbiasa mendengarkan pengucapan berbagai kata supaya tidak salah. Dalam tes jenis ini kualitas suara dari soal juga turut berpengaruh terhadap hasil tesnya.

2. Structure & Written Expression

Materinya berisi struktur kalimat, tata bahasa, idiom yang fungsinya untuk mempertajam kemampuan menulis Bahasa Inggris. Sebab aturan tata bahasanya berbeda dengan Bahasa Indonesia. Dalam waktu 25 menit kamu harus mampu menyelesaikan sebanyak 40 soal. Namun ini jadi lebih mudah dengan banyak berlatih sebelumnya.

3. Reading Comprehension

Kecepatan membaca dan pemahaman terhadap bacaan diuji melalui kategori satu ini. Dalam soal bahasa Indonesia sudah sering, kamu cukup beradaptasi saja dengan kata dan istilah bahasa Inggris. Soalnya sebanyak 50 dengan waktu 55 menit, berisi topik bacaan, arti kata, ide utama dan sejenisnya yang tetap mengacu pada teks bacaan.

4. Test of Written English

Kategori selanjutnya adalah esai Bahasa Inggris. Hanya ada 1 soal untuk menguji kemampuan kamu menulis, waktu yang disediakan selama 30 menit. Bisa dibilang kategori ini cukup rumit, selain perlu ide runut  kamu akan diuji mengenai cara penulisan yang baik dan benar.

Baca Juga: CARA BELAJAR TOEFL BAGI PEMULA

Macam-Macam Sertifikasi TOEFL

Ada beberapa jenis soal TOEFL yang biasa diujikan dengan passing grade berbeda. Bila kamu sedang mencari tempat kursus persiapan TOEFL terbaik yang sesuai kebutuhan, saatnya mendaftar di ICAN English. Sehingga kamu bisa mempersiapkan tes ini lebih mudah sebelum mendaftar kuliah di luar negeri.

Karena tidak dapat dipungkiri bila jenis soalnya itu berbeda-beda, begitu juga dengan jenis sertifikasinya. Jenis sertifikasi TOEFL yang pertama adalah TOEFL Paper Based Test, menguji kategori kemampuan mendengarkan, membaca dan struktur penulisan, skor maksimalnya 677.

Kedua TOEFL Computer Based Test. Jenis sertifikasi ini menguji kemampuan listening, reading, writing, dan structure seseorang. Jumlah skor maksimal tes ini adalah 300. Ketiga adalah TOEFL Internet Based Test (IBT). Jenis ujian ini dilakukan untuk menguji kemampuan listening, writing, reading, dan speaking seseorang. Jumlah skor maksimalnya adalah 120.

Demi kelancaran pendidikanmu, semua tes tersebut perlu diikuti. Sehingga bisa mempertajam kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan bisa juga untuk membiasakan diri dengan berbagai jenis soal TOEFL sebelum mendaftar di universitas luar negeri.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH