Cara belajar TOEFL bagi pemula

Cara Belajar TOEFL Bagi Pemula

Sep 3, 2022 | TOEFL

Mempersiapkan diri untuk TOEFL memang sedikit sulit. Kamu perlu tahu cara belajar TOEFL bagi pemula agar bisa mendapatkan skor yang maksimal. Sebelum mulai belajar, tanyakan pada diri sendiri jenis persiapan TOEFL apa yang kamu butuhkan. Beberapa peserta tes ingin meninjau bahasa Inggris sebelum mengikuti tes, sedangkan yang lain hanya ingin mengetahui format TOEFL.

Ada banyak sumber belajar yang bagus tersedia untuk membantu mempersiapkan diri menghadapi ujian, mulai dari buku hingga panduan online. Cara apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu mengikuti tes latihan rutin untuk mempersiapkan ujian, karena ini akan meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga: MATERI DASAR BELAJAR TOEFL UNTUK PEMULA

Tips Belajar TOEFL untuk Pemula

Seperti kebanyakan tes kemampuan, TOEFL terdiri dari empat bagian, yakni membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Masing-masing bagian ini perlu dipersiapkan secara matang untuk mendapatkan skor TOEFL keseluruhan yang baik.

Nah, berikut beberapa cara belajar TOEFL bagi pemula yang perlu kamu tahu.

1. Baca dan Dengarkan Berita Bahasa Inggris

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris adalah dengan memperhatikan berita. Berita memungkinkan kamu untuk meningkatkan kosa kata, mempelajari tata bahasa Inggris tingkat lanjut, dan mendengarkan bahasa Inggris lisan dengan kecepatan percakapan yang alami.

Untuk permulaan, mulailah membaca berita di CBS dan The New York Times. Sumber lain yang bagus adalah BBC Learning English. Situs web ini memiliki serial animasi bermanfaat yang disebut “English at University” untuk mengajarkan kata dan frasa umum yang harus diketahui siswa saat belajar di negara berbahasa Inggris.

2. Berkomunikasi dengan Penutur Asli Bahasa Inggris

Karena ada sesi berbicara di dalam tes TOEFL, kamu harus memastikan kemampuan berbicara kamu cukup baik. Cara terbaik untuk berlatih adalah berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris.

Jika kamu kesulitan dalam mencari penutur asli bahasa Inggris, cobalah dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris yang memiliki penutur asli sebagai pengajar. Ini bisa menjadi cara terbaik agar kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, terutama dalam berbicara.

3. Tingkatkan Kosakata

Untuk dapat unggul dalam bahasa Inggris dan TOEFL, kamu harus menguasai banyak kosakat ayang sulit. Sebagian besar TOEFL adalah mengetahui banyak kata bahasa Inggris, terutama kosakata akademis, jadi penting untuk mengetahui kata-kata mana yang perlu kamu pelajari untuk TOEFL.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kosakata adalah dengan menggunakan kartu flash. Kamu dapat memulai dengan membuat kartu flash sendiri menggunakan kata-kata pada daftar kosakata TOEFL. Kemudian, saat belajar, tambahkan kata-kata lain ke kartu flash, seperti yang ditemui online, di koran, atau di buku.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TOEFL DALAM WAKTU SINGKAT

Persiapan Satu Minggu Sebelum Tes TOEFL

Banyak siswa memilih untuk bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar bisa mempersiapkan diri secara maksimal. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, terutama dalam mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL.

Ketika hari ujian sudah semakin dekat, kamu bisa menerapkan beberapa tips ini.

  • Fokus pada penguatan area yang lebih lemah
  • Ikuti tes latihan. Cobalah untuk meniru pengalaman belajar yang sebenarnya untuk setiap bagian dengan mengambil beberapa tes tiruan.
  • Mintalah seorang guru untuk mengevaluasi kinerja kamu
  • Kumpulkan dokumen dan siapkan sebelumnya
  • Rencanakan perjalanan ke pusat ujian terlebih dahulu. Tentukan cara terbaik untuk sampai ke pusat. Periksa akun milikmu secara online pada hari itu untuk memeriksa apakah ada perubahan informasi, seperti ruang ujian atau waktu mulainya tes

TOEFL sendiri tidak menetapkan apakah seseorang lulus atau gagal. Jadi, beberapa skor TOEFL yang baik tergantung pada universitas dan program yang kamu lamar.

Beberapa perguruan tinggi menerima skor mendekati 100, dan kamu harus mendapatkan setidaknya 80 poin untuk diterima di sekolah pascasarjana. Skor dalam kisaran 24-30 baik untuk bagian menulis. Skor dalam rentang 22-30 dan 26-30 dianggap cukup adil untuk masing-masing bagian membaca atau mendengarkan dan bagian berbicara.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH