Jenis TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Jenis TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Mengetahui jenis TOEFL untuk beasiswa luar negeri adalah hal penting agar kamu bisa menikmati studi di universitas impian. Kesempatan belajar di lingkungan internasional dan mendapatkan pengalaman budaya baru adalah pengalaman tak ternilai.

Namun, untuk bisa kuliah ke luar negeri, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal, salah satunya adalah hasil TOEFL. Tes kemahiran bahasa Inggris yang satu ini akan membuka pintu ke universitas tujuan kamu asal skor yang kamu dapatkan sesuai dengan syarat universitas.

Apa Saja Jenis TOEFL untuk Kuliah

Terdapat dua jenis TOEFL yang digunakan untuk beasiswa ke luar negeri, yaitu TOEFL ITP dan IBT. Penting memahami perbedaan antara TOEFL® iBT resmi, yang digunakan oleh lembaga untuk keputusan penerimaan mahasiswa, dan tes TOEFL® ITP, yang terdiri dari tes TOEFL® berbasis kertas dan sudah diujicobakan sebelumnya.

TOEFL ITP

TOEFL ITP adalah versi tes yang diselenggarakan di lokasi tertentu. Ujian ini menggunakan kertas sebagai media. Tes tersebut biasanya digunakan untuk keperluan institusi internal, seperti penilaian kemampuan bahasa Inggris mahasiswa di universitas.

Biasanya, tes TOEFL® ITP digunakan untuk penyaringan awal pelamar atau dengan mahasiswa yang sudah diterima. Tes TOEFL® ITP umumnya tidak dapat menggantikan tes TOEFL® iBT saat mendaftar ke universitas di negara-negara berbahasa Inggris.

TOEFL ITP memberikan gambaran umum tentang kemampuan bahasa Inggris individu. Banyak universitas di luar negeri lebih memilih sertifikat yang memiliki fokus kemampuan berkomunikasi lebih luas.

Tes TOEFL ITP paper-based diadakan secara offline di masing-masing lembaga terdaftar di IIEF. Untuk tes TOEFL online, kamu dapat mengaksesnya di mana pun, asalkan berada di ruangan kondusif dengan koneksi internet memadai dan stabil. Kamu akan mendapat pendampingan dari pengawas lembaga tes secara online.

Persiapan untuk Paper Based Test atau tes offline cukup sederhana dibandingkan dengan tes online. Untuk mengikuti paper-based test, kamu hanya perlu mempersiapkan diri, membawa alat tulis, dan datang ke lokasi tes. Sedangkan untuk tes online, kamu harus menyiapkan laptop, headset atau earphone, memastikan ruangan tes kondusif, dan koneksi internet yang stabil.

TOEFL IBT

TOEFL IBT adalah versi tes TOEFL diambil secara online. Tes ini terdiri dari empat bagian, yaitu reading (membaca), listening (mendengarkan), speaking (berbicara), dan writing (menulis). TOEFL IBT menekankan kemampuan berkomunikasi dalam situasi akademik.

Jenis TOEFL untuk beasiswa luar negeri ini juga mencakup interaksi dengan komputer, seperti merekam respons lisan dan menulis esai melalui keyboard. TOEFL IBT diakui oleh banyak universitas di luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Jadi, jika suatu lembaga meminta skor “TOEFL” untuk keperluan penerimaan mahasiswa, lembaga tersebut kemungkinan meminta skor TOEFL iBT. Sebaiknya jangan mengirimkan skor TOEFL ITP kecuali telah memastikan diterimanya skor tersebut oleh lembaga terkait.

Baca Juga:
Langkah Mengikuti Tes TOEFL ITP, Tambah Pengalaman!

Tips Persiapan TOEFL untuk Beasiswa Luar Negeri

Untuk meningkatkan kemampuan TOEFL, lakukan latihan soal secara teratur. Manfaatkan berbagai buku dan sumber online yang dapat membantu melakukan latihan tersebut.

Lakukan tes secara bertahap dan upayakan meningkatkan nilai secara perlahan. Saat berlatih soal, jangan hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga perhatikan setiap kesalahan. Lakukan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan secara keseluruhan.

Mencari partner belajar juga merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan TOEFL. Diskusikan materi dengan teman belajar yang juga sedang mempersiapkan ujian TOEFL, khususnya bagian speaking dan listening. Dengan berdiskusi, kamu dapat mengasah keterampilan berbicara dan mendengarkan secara langsung.

Jenis TOEFL untuk beasiswa luar negeri akan lebih efektif untuk kamu pelajari bersama mentor berpengalaman. Buat pengalaman ikut tes TOEFL jadi lebih mudah dengan bergabung di kelas TOEFL Preparation ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.