langkah mengikuti tes toefl itp, tambah pengalaman!

Langkah Mengikuti Tes TOEFL ITP, Tambah Pengalaman!

Pengalaman tes TOEFL ITP atau tes TOEFL Institutional Testing Program cukup penting untuk kamu ketahui sebelum mengikuti tesnnya. Dengan mengetahui pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah mengikuti tes ini kamu akan belajar banyak hal mulai dari cara daftar hingga tips dan trik ketika sedang mengerjakan soalnya.

Namun, sebelum membahas lebih jauh pengalaman tersebut ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu mengenai TOEFL ITP ini. seperti yang kamu ketahui TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki beberapa jenis, salah satunya yakni ITP yang pelaksanaan tesnya dilakukan secara offline.

Pengalaman Tes TOEFL ITP Serta Tips Yang Bisa Diikuti

Layaknya tes TOEFL pada umumnya, pada TOEFL ITP juga akan diujikan listening comprehension, structure and written expression, serta reading comprehension. Lantas, bagaimanakah pengalaman tes TOEFL ITP yang telah dialami oleh beberapa orang sebelumnya? berikut merupakan penjelasan untuk kamu ketahui.

Cara Daftar

Langkah pertama dan yang paling utama yakni cara mendaftarnya. Kamu bisa mengunjungi website resmi dari penyedia jasa untuk melakukan pendaftaran. Pastikan untuk memilih website resmi dan terpercaya. Selain itu, mengingat tes ini kuotanya terbatas, maka penting untuk menanyakan kepada customer service terkait hal tersebut.

Biaya Yang Harus Dibayarkan

Selain menanyakan terkait jumlah kuota tes, ketika sedang menelpon customer service sebaiknya kamu juga bisa menanyakan mengenai persyaratan apa saja yang harus dipenuhinya. Jika sudah selesai, kamu bisa lanjut ke tahapan pembayaran. Umumnya besaran biaya yang harus dikeluarkan akan berbeda tiap lembaga penyedianya.

Baca Juga:
Estimasi Biaya Test TOEFL ITP

Persiapan Latihan Sebelum Tes

Setelah urusan terkait pendaftaran sudah selesai dan kamu sudah memiliki jadwal tes, maka selanjutnya kamu perlu berlatih sebelum menghadapi tes agar lebih siap. Adapun, beberapa latihan yang perlu dilakukan yakni, membaca bacaan bahasa inggris, menonton film atau video berbahasa inggris, menghafal kosa kata, serta rutin melakukan latihan soal.

Hari Ujian

Ketika harinya tiba, jangan lupa untuk membawa beberapa benda seperti pensil 2B, pulpen, dan penghapus untuk berjaga-jaga meskipun benda tersebut telah disiapkan pihak penyelenggara. Kemudian, pastikan juga untuk datang ke tempat tes maksimal setengah jam sebelum tes dimulai, dan isi biodata di lembar jawaban dengan teliti juga tepat.

Baca Juga:
Pengalaman Tes TOEFL dari Para Siswa

Tips Mengerjakan Ujian

Tahapan terakhir yakni terkait pengisian soal. Jangan lupa untuk berdoa agar bisa dilancarkan saat tes. Bentuk soal pertama yang akan di tes yakni listening comprehension, pada tahapan ini fokuskan pikiran kamu pada topik yang diangkat dan tidak usah mencari tahu semua kata yang diucapkan karena akan memecah konsentrasi kamu untuk memahami topik nya.

Pada bagian structure and written expression kamu perlu memahami struktur pembentuk kalimat agar menemukan jawaban yang tepat. Dan terakhir untuk bagian reading comprehension kamu tidak usah membaca keseluruhan teks. Pastikan untuk membaca soal terlebih dahulu, kemudian baca teks yang mengandung kata kunci dari soal yang ditanyakannya tersebut.

Karena kamu membutuhkan persiapan tes yang maksimal, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan soal TOEFL.

Baca Juga:
Berapa Skor TOEFL ITP untuk Beasiswa Luar Negeri

Itulah simpulan dari beberapa pengalaman tes TOEFL ITP yang bisa kamu jadikan sebagai gambaran sebelum mengikuti tesnya agar lebih siap. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut kamu jadi tahu mengenai apa saja yang sekiranya penting untuk dipersiapkan agar kelak saat tes kamu tidak lagi merasa bingung dan kaku.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi