Jurusan Kuliah Bahasa Inggris, Belajar Apa?

Jurusan Kuliah Bahasa Inggris, Belajar Apa?

Memutuskan untuk memilih jurusan kuliah bahasa Inggris bisa membantu menentukan masa depan kamu untuk  memiliki peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan. Kuliah jurusan bahasa Inggris adalah salah satu program studi yang menarik dan menawarkan peluang luas bagi para siswa untuk memperdalam muaman mereka tentang bahasa Inggris, sastra, budaya dan linguistik.

Dalam program studi yang satu ini kamu akan terlibat dalam pembelajaran yang mendalam terkait sejarah bahasa Inggris,analisis sastra, serta berbagai aspek linguistik yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.

Tidak hanya itu tetapi kamu juga harus tahu bahwa di dalam jurusan bahasa Inggris ada dua pilihan, yaitu pendidikan bahasa Inggris dan sastra bahasa Inggris yang cukup populer di Indonesia. Keduanya tentu berbeda dan kamu bisa memilih sesuai dengan minat terhadap peluang kerja di masa depan.

Tentang Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk belajar bahasa Inggris, maka harus tahu bahwa perbedaan jurusan sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris sangat besar. Pemahaman yang tepat diharapkan membuat kamu tidak keliru atau menyesal dalam memilih jurusan. Keduanya memang mempelajari bahasa Inggris, tetapi dalam hal yang berbeda.

Berikut ini penjelasan tentang jurusan sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris  agar kamu lebih paham:

Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Yang pertama yaitu ada jurusan sastra Inggris, di mana telah menjadi program studi untuk mempelajari ilmu murni bahasa Inggris dari segi linguistik dan sastra. Sekalipun belajar bahasa Inggris bagi beberapa orang terlihat sederhana, tetapi di dalam sastra Inggris kamu tidak hanya belajar tentang bahasa Inggris saja tetapi juga mempelajari percakapan sehari-hari atau tenses simple present dan berbagai macam jenis tenses lainnya.

Kuliah sastra Inggris tentu membutuhkan berbagai macam kemampuan, misalnya seperti kemampuan berlogika, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menulis, kemampuan analisis, dan lain sebagainya. Semua kemampuan tersebut sangat dibutuhkan untuk bisa mengkaji ilmu sastra dan  budaya berbagai macam gejala sosial maupun budaya yang ada di dalam karya sastra bahasa Inggris.

Ada berbagai macam karya sastra Inggris yang akan dikaji, seperti novel, puisi, film, drama, dan lain sebagainya.

Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Selanjutnya ada jurusan pendidikan bahasa Inggris yang merupakan program studi untuk mempelajari kajian bahasa Inggris, misalnya 4 aspek penting yaitu  reading, listening, writing, dan speaking. Dalam jurusan yang satu ini kamu juga akan memperoleh ilmu keguruan serta kependidikan. Lulus dari jurusan pendidikan bahasa Inggris kamu bisa menjadi seorang pengajar atau guru  les bahasa Inggris.

Jadi lulusan pendidikan bahasa Inggris banyak dibutuhkan oleh instansi negeri maupun swasta, baik di dalam maupun luar negeri. Ada banyak yang akan kamu pelajari dalam jurusan pendidikan bahasa Inggris. 

Baca Juga: Ketahui Level dalam Belajar Bahasa Inggris

Jurusan Kuliah Bahasa Inggris Belajar Apa?

Bagi kamu yang merasa penasaran, jurusan kuliah bahasa Inggris akan mempelajari apa saja maka bisa disesuaikan dengan jurusan yang diambil. Sudah dijelaskan bahwa pembahasan mata  perkuliahan antara jurusan sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris jauh berbeda. Sekalipun masih satu rumpun, tentu saja ada beberapa mata perkuliahan yang sama dari kedua jurusan  tersebut.

Untuk jurusan sastra Inggris ada berbagai macam mata perkuliahan pokok, misalnya seperti Pragmatik, puisi, functional grammar, drama, semantik, dan lain sebagainya. Sedangkan Jurusan pendidikan bahasa Inggris akan mempelajari kurikulum pembelajaran, perencanaan pembelajaran, manajemen dan pengelolaan pendidikan, media pembelajaran, dan lainnya lebih mengarah pada keguruan. 

Sekalipun begitu keduanya juga akan mempelajari tentang grammar, vocab, speaking, reading, listening, writing, dan lainnya.

Gelar pendidikan yang didapatkan juga berbeda, lulusan jurusan sastra bahasa Inggris akan mendapatkan gelar Sarjana Sastra (S.S), Sedangkan untuk lulusan pendidikan bahasa Inggris akan mendapatkan gelar S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

Penutup

Kuliah jurusan bahasa Inggris kamu bisa memilih sesuai dengan bidang peminatan karir di masa depan, jika ingin menjadi seorang sastrawan masa  kamu bisa memilih jurusan sastra bahasa Inggris. Tetapi jika ingin menjadi seorang guru, maka bisa mengarah pada jurusan pendidikan bahasa Inggris.

Tidak perlu merasa khawatir karena sekalipun kamu tidak memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan bahasa Inggris, tetapi jika masuk perusahaan tersebut kamu akan belajar perlahan tentang bahasa Inggris mulai dari dasar hingga nanti tahap penyimpanan sulit. Sesuaikan jurusan dengan peluang karir yang kamu inginkan di masa depan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi