Ketahui Level dalam Belajar Bahasa Inggris

Ketahui Level dalam Belajar Bahasa Inggris

Level dalam belajar bahasa Inggris ada banyak macamnya. Proses belajar bahasa Inggris memerlukan langkah-langkah bertahap, mulai dari dasar hingga keahlian yang mahir. Salah satu cara untuk mengukur kemampuan tersebut adalah melalui tingkatan level yang umumnya terbagi menjadi basic, intermediate, dan advanced.

Nah, mungkin kamu juga merasa penasaran dimana sebenarnya level kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki sekarang. Jika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, jauh lebih baik jika kamu memahami dulu tingkatan kemampuan yang dimiliki, sehingga belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah.

Level dalam Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa level dalam belajar bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu jika ingin belajar lebih jauh lagi. Nah, berikut ini beberapa  tingkatan  dalam belajar bahasa Inggris.

Level Pemula

Bagi kamu yang sama sekali belum mengenal bahasa Inggris, level starter atau pemula adalah tempat yang tepat untuk memulai. Pada tingkat ini, kamu akan belajar dari dasar, mulai dari 0.

Materi yang diajarkan pada level ini berfokus pada kosakata dasar, jenis kata (part of speech), dan percakapan sederhana. Ini termasuk hal-hal seperti memperkenalkan diri, bertanya tentang kabar, menjelaskan kegiatan sehari-hari, serta menjawab pertanyaan sederhana. Jadi, jika kamu masih belum tahu apa-apa soal bahasa Inggris, maka kamu berada di level pemula ya.

Baca juga:
Ketahui Tingkatan Kemampuan Bahasa Inggris

Level Dasar

Pada tingkat selanjutnya, yaitu level basic, kamu sudah bisa memasuki wilayah yang sedikit lebih kompleks dalam bahasa Inggris. Meskipun masih di tingkat dasar, tapi kamu sudah memiliki pemahaman dasar tentang bahasa Inggris. Kamu mungkin sudah bisa memahami teks-teks sederhana dan berkomunikasi dalam percakapan umum.

Pada level ini, kamu akan mulai berlatih mendengarkan dan meniru percakapan sederhana. Kamu juga akan terus memperkaya kosa kata dan melatih pengucapan. Selain itu, akan belajar mengenai tenses, frasa, dan cara merespons pertanyaan.

Dalam berbicara bahasa Inggris, kamu mulai mampu memberikan tanggapan dan membuat kalimat dengan menggunakan keterangan tempat dan waktu yang tepat. Meskipun masih dalam kondisi tertentu, jadi sudah mulai dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Tentu saja, kamu akan semakin menguasai tata bahasa yang lebih kompleks dibandingkan dengan level sebelumnya.

Level Kemampuan Menengah

Selanjutnya ada level kemampuan menengah atau sering disebut sebagai intermediate. Di level ini, kamu sudah mulai bisa berkomunikasi dalam berbagai situasi yang lebih luas, seperti berbicara tentang pengalaman pribadi, pendapat, dan perasaan. Selain itu, kamu juga akan memperdalam pemahaman tentang tata bahasa yang lebih kompleks.

Dengan belajar pada level ini, kamu akan diberdayakan untuk lebih percaya diri dalam berbicara dalam berbagai situasi. Kamu juga akan mengasah kemampuan untuk memahami teks-teks bahasa Inggris yang lebih rumit dan kompleks.

Selain itu, di level ini, kamu akan mempelajari berbagai dialog, cara menjawab pertanyaan, dan keterampilan penerjemahan. Tidak hanya itu, kamu akan belajar untuk mendeskripsikan objek dengan baik, menjelaskan proses, dan mampu menyusun kalimat persuasif. Dengan demikian, di level intermediate semakin mendekati tingkat kefasihan dalam bahasa Inggris.

Level Teratas

Tingkat teratas dalam mempelajari bahasa Inggris adalah level advanced. Pada tingkat ini, kamu dianggap sudah mahir dalam berbahasa Inggris. Kamu memiliki kemampuan berbicara dengan lancar dalam berbagai situasi dengan pengucapan yang tepat. Selain itu, kamu juga sudah mampu memahami teks-teks yang kompleks.

Meskipun mungkin masih ada kesalahan-kesalahan terkait dengan situasi dan kosa kata yang benar-benar baru, namun kamu telah mencapai kemahiran yang tinggi. Di level ini, kamu juga sudah mampu untuk menulis teks-teks yang kompleks, seperti esai, baik yang bersifat formal maupun informal. Dengan demikian, pada tingkat advanced, kamu telah mencapai tingkat kefasihan yang tinggi dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan

Tips Meningkatkan Level Bahasa Inggris

Kelilingi diri dengan materi bahasa Inggris asli yang berbicara dalam bahasa penutur asli. Baik itu menonton acara TV favorit secara berlebihan, mendengarkan podcast, atau membaca buku, membenamkan diri dalam konten asli akan memaparkan pada nuansa halus pengucapan, ekspresi idiomatik, dan referensi budaya yang membuat kamu terdengar seperti orang lokal sejati.

Perhatikan baik-baik cara penutur asli mengucapkan kata, intonasinya, dan ritme bicaranya. Ambil langkah lebih jauh dan rekam diri saat berbicara untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Berlatihlah meniru penutur asli untuk menyempurnakan aksen dan penyampaian. Ini mungkin terasa agak aneh pada awalnya, tapi percayalah ini adalah cara yang efektif.

Idiom, kata kerja phrasal, dan ungkapan sehari-hari adalah bumbu rahasia agar terdengar seperti bahasa asli. Jadi, bersiaplah dan pelajari frasa unik yang menambah cita rasa bahasa. Jangan hanya menghafalkannya, gunakanlah dalam percakapan sehari-hari dan komunikasi tertulis untuk mengesankan orang lain dengan kemampuan bahasa yang sebenarnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.