Kalimat aktif dan pasif simple present tense

Kalimat Aktif dan Pasif Simple Present Tense

Jan 27, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, kamu tentu sering mendengar seputar kalimat aktif atau kalimat pasif. Dua kalimat ini tentu perlu kamu pelajari. Karena tenses yang paling sering digunakan adalah present tense, maka kamu perlu mempelajari kalimat aktif dan pasif simple present tense.

Kalimat aktif sendiri adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan suatu tindakan. Sedangkan, kalimat pasif subjeknya adalah subjek pasif karena merupakan subjek yang dikenai sebuah tindakan.

Baca Juga: POLA KALIMAT SIMPLE FUTURE TENSE

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif untuk Present Tense

Kalimat aktif bisa diubah ke dalam kalimat pasif. Begitu juga sebaliknya. Namun, tidak semuanya kalimat aktif bisa berubah ke kalimat pasif. Kalimat aktif yang bisa diubah ke kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sebuah tindakan terhadap suatu objek.

Objek inilah yang akan menjadi subjek pasif di dalam sebuah kalimat pasif. Berikut beberapa contoh untuk kalimat aktif dan pasif simple present tense:

  • Rony is scared of spiders (pasif)
  • Spiders scare Rony (aktif)
  • The cake is decorated by the chef (pasif)
  • The chef decorates the cake (aktif)

Pada kalimat pasif, yang paling ditekankan adalah pekerjaan atau perbuatannya. Tidak terlalu penting siapa yang melakukan pekerjaan tersebut. Kamu juga tidak harus selalu memakai kata “by” atau “oleh” dalam kalimat pasif.

Jika kamu ingin membuat kalimat pasif dalam presen tense, kamu membutuhkan kata is, am, are. Ciri-ciri kalimat pasif untuk simple present tense adalah:

  • Subjek sebagai penderita
  • Arti dari kata kerja berawalan di, ter, atau ter-kan
  • Kalimat pasif selalu menggunakan kata kerja bentuk ke-3 atau biasa disebut sebagai past participle

Sedangkan, pada kalimat aktif, subjek pada kalimat melakukan pekerjaan atau perbuatan tertentu. Sedangkan, pada kalimat pasif, subjek yang dikenai pekerjaan atau perbuatan tertentu.

Baca Juga: CONTOH PERCAKAPAN SIMPLE PRESENT TENSE

Rumus Kalimat Aktif dan Pasif

Untuk kalimat aktif dan pasif simple present tense memiliki pola rumus yang berbeda. Untuk kalimat aktif, kamu membutuhkan rumus SUBJECT +VERB I + OBJECT. Sedangkan, untuk kalimat pasif present tense, berikut rumus yang perlu kamu gunakan SUBJECT + TO BE (AM, I, ARE) + VERB III + BY + OBJECT.

Menggunakan kalimat aktif menyampaikan nada yang kuat dan jelas. Sedangkan, untuk kalimat pasif harus lebih halus dan lebih lemah.

Ada kalanya kalimat pasif sangat dibutuhkan. Kamu bisa mengambil contoh “The squirrel was chased by the dog.” Konstrukso kalimat ini akan sangat membantu jika kamu ingin memberikan fokus ke kata squirrel dan bukan dog.

Mengetahui perbedaan antara kalimat aktif dan pasif simple present tense akan membantu kamu membentuk pola kalimat bahasa Inggris yang tepat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH