kalimat aktif dan pasif simple present tense

Kalimat Aktif dan Pasif Simple Present Tense

Dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, kamu tentu sering mendengar seputar kalimat aktif atau kalimat pasif. Dua kalimat ini tentu perlu kamu pelajari. Karena tenses yang paling sering digunakan adalah present tense, maka kamu perlu mempelajari kalimat aktif dan pasif simple present tense.

Kalimat aktif sendiri adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan suatu tindakan. Sedangkan, kalimat pasif subjeknya adalah subjek pasif karena merupakan subjek yang dikenai sebuah tindakan.

Apa Itu Simple Present Tense?

Simple present adalah bentuk kata kerja dengan dua kegunaan utama. Simple present tense biasanya digunakan ketika suatu tindakan sedang terjadi saat ini, atau ketika tindakan tersebut terjadi secara teratur atau terus menerus. Tergantung pada orangnya, simple present tense dibentuk dengan menggunakan bentuk dasar atau dengan menambahkan s atau es di akhir.

Contohnya:

  • feel great!
  • Pauline loves pie.
  • I’m sorry to hear that you’re sick.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Aktif Dan Pasif Simple Future Tense

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif untuk Present Tense

Kalimat aktif bisa diubah ke dalam kalimat pasif. Begitu juga sebaliknya. Namun, tidak semuanya kalimat aktif bisa berubah ke kalimat pasif. Kalimat aktif yang bisa diubah ke kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sebuah tindakan terhadap suatu objek.

Objek inilah yang akan menjadi subjek pasif di dalam sebuah kalimat pasif. Berikut beberapa contoh untuk kalimat aktif dan pasif simple present tense:

  • Rony is scared of spiders (pasif)
  • Spiders scare Rony (aktif)
  • The cake is decorated by the chef (pasif)
  • The chef decorates the cake (aktif)

Pada kalimat pasif, yang paling ditekankan adalah pekerjaan atau perbuatannya. Tidak terlalu penting siapa yang melakukan pekerjaan tersebut. Kamu juga tidak harus selalu memakai kata by atau oleh dalam kalimat pasif.

Baca Juga:
Pola Kalimat Simple Future Tense

Jika kamu ingin membuat kalimat pasif dalam presen tense, kamu membutuhkan kata is, am, are. Ciri-ciri kalimat pasif untuk simple present tense adalah:

  • Subjek sebagai penderita
  • Arti dari kata kerja berawalan di, ter, atau ter-kan
  • Kalimat pasif selalu menggunakan kata kerja bentuk ke-3 atau biasa disebut sebagai past participle

Sedangkan, pada kalimat aktif, subjek pada kalimat melakukan pekerjaan atau perbuatan tertentu. Sedangkan, pada kalimat pasif, subjek yang dikenai pekerjaan atau perbuatan tertentu.

Rumus Kalimat Aktif dan Pasif

Untuk kalimat aktif dan pasif simple present tense memiliki pola rumus yang berbeda. Untuk kalimat aktif, kamu membutuhkan rumus SUBJECT +VERB I + OBJECT. Sedangkan, untuk kalimat pasif present tense, berikut rumus yang perlu kamu gunakan SUBJECT + TO BE (AM, I, ARE) + VERB III + BY + OBJECT.

Menggunakan kalimat aktif menyampaikan nada yang kuat dan jelas. Sedangkan, untuk kalimat pasif harus lebih halus dan lebih lemah.

Baca Juga:
Contoh Percakapan Simple Present Tense

Ada kalanya kalimat pasif sangat dibutuhkan. Kamu bisa mengambil contoh The squirrel was chased by the dog. Konstrukso kalimat ini akan sangat membantu jika kamu ingin memberikan fokus ke kata squirrel dan bukan dog.

Mengetahui perbedaan antara kalimat aktif dan pasif simple present tense akan membantu kamu membentuk pola kalimat bahasa Inggris yang tepat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi