contoh kalimat aktif dan pasif simple future tense

Contoh Kalimat Aktif Dan Pasif Simple Future Tense

Bagi sebagian orang yang belajar bahasa Inggris, mungkin kalimat aktif dan pasif sudah tidak asing lagi. Ternyata, kalimat aktif dan pasif pun diterapkan di tenses bahasa Inggris seperti simple future tense. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui contoh kalimat aktif dan pasif simple future tense.

Dalam bahasa Inggris, kalimat aktif dan pasif sering disebut sebagai active voice dan passive voice. Mengetahui kalimat aktif dan pasif pun penting dalam penulisan, baik penulisan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Mengenal Rumus Simple Future Tense

Sebelum mengetahui contoh kalimatnya, perlu diketahui terlebih dahulu definisi atau pengertian dari simple future tense. Karena setiap tenses dalam bahasa Inggris rumusnya masing-masing, begitupun simple future tense. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga:
Pengertian Auxiliary Verb dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Rumus Simple Future Tense

Simple future tense merupakan bentuk kalimat yang mengungkapkan peristiwa di masa mendatang. Sehingga, dapat dikatakan simple future tense mengungkapkan suatu prediksi, harapan, atau bahkan keinginan. Selain itu, tenses ini berguna untuk mengungkapkan tindakan yang akan dilakukan setelah masa ini.

Ciri khas dari simple future tense adalah penggunaan will atau shall (akan). Adapun rumus dari simple future tense adalah subject + Will atau Shall + Verb 1 + Object. Atau dapat juga menjadi subject + to be + Verb 1 + Object. Apabila kalimatnya negatif, maka ditambahkan not setelah will, shall, atau to be.

Pengertian dan Rumus Kalimat Aktif (Active Voice)

Kalimat aktif merupakan pola kalimat yang seringkali dijumpai. Kalimat aktif atau active voice dalam bahasa Inggris biasanya akan menggunakan kata will yang merupakan auxiliary verb. Kemudian diikuti oleh kata kerja atau verb 1. Dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan atau perbuatan secara aktif. Atau biasanya subjek disimpan di awal kalimat.

Kalimat aktif menjadi jenis kalimat yang banyak digunakan dan diterapkan dalam tulisan. Baik tulisan berbahasa Indonesia maupun tulisan bahasa Inggris. Rumus dari kalimat aktif adalah subject + verb atau kata kerja + object.

Pengertian dan Rumus Kalimat Pasif (Passive Voice)

Berikutnya adalah kalimat pasif. Kalimat ini sebenarnya banyak ditemukan pula di tulisan-tulisan fiksi dan non-fiksi. Namun, penggunaannya memang tidak sesering kalimat aktif. Kalimat pasif merupakan jenis kalimat yang subjeknya tidak aktif atau pasif dalam bertindak atau melakukan perbuatan.

Sama halnya seperti kalimat aktif, passive voice pun menggunakan will atau auxiliary verb. Hanya saja, di kalimat pasif ini verb yang digunakan adalah verb 3. Untuk rumusnya sendiri tidak jauh berbeda dengan kalimat aktif yaitu subject + verb (kata kerja) + object. Namun, akan berbeda ketika diterapkan pada tenses tertentu.

Baca Juga:
Contoh Dialog Future Tense

Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Simple Future Tense beserta Rumusnya

Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing bentuk kalimat, maka berikutnya adalah mengetahui serta memahami contoh kalimatnya. Karena terkadang memahami rumusnya saja tidak cukup apabila tidak dengan contoh penerapannya. Oleh karena itu, inilah beberapa contoh kalimat aktif dan pasif simple future tense yang perlu diketahui!

Kalimat Aktif (Active Voice) Simple Future Tense

Rumus dari kalimat aktif di simple future tense adalah subject + will + verb 1 + object. Misalnya adalah, she will be there 2 days later (dia akan berada di sana dua hari lagi). Sedangkan kalimat negatifnya adalah cukup menambahkan not setelah will. Misalnya, Adam will not show his secret (Adam tidak akan menunjukkan rahasianya).

Kalimat Pasif (Passive Voice) Simple Future Tense

Rumus dari kalimat pasif adalah subject + will + verb 3 + by. Misalnya adalah, the book will be brought by Risa (buku itu akan dibawa oleh Risa). Sedangkan kalimat negatifnya adalah cukup menambahkan not setelah will. Misalnya, the book will not be brought by Risa (buku itu tidak akan dibawa oleh Risa).

Selain memahami pengertian dan rumus simple future tense, perlu pula memahami contoh kalimat aktif dan pasif simple future tense. Agar lebih memahami cara penerapan simple future tense dalam sebuah kalimat, baik yang sederhana maupun kompleks.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi